Klasifikasi Echinodermata beserta Contohnya Lengkap

Diposting pada
Klasifikasi Echinodermata beserta Contohnya Lengkap
Rate this post

Echinodermata berasal dari kata Yunani echinos yang artinya duri dan derma yang artinya kulit. Jadi, echinodermata berarti hewan yang kulitnya berduri. Dalam klasifikasi berdasarkan kekerabatan nya, Echinodermata terletak pada urutan terakhir dalam kelompok hewan Invertebrata. Hal ini disebabkan Echinodermata tidak menampakkan ciri  – ciri yang mirip dengan Invertebrata. Menurut para ahli taksonomi, Echinodermata lebih dekat dengan vertebrata.

Berdasarkan bentuk tubuhnya, Echinodermata terbagi menjadi lima kelas yaitu Asteroidea (bintang laut), Ophiuroidea (bintang ular), Echinoidea (landak laut), Holothuroidea (timun laut/teripang), Crinoidea (lili laut).  Dalam artikel ini akan membahas lebih rinci tentang kelima klasifikasi Echinodermata tersebut.

  1. Asteroidea (Bintang Laut)

Anatomi Bintang Laut
Anatomi Bintang Laut

Disebut Asteroidea karena bentuk tubuhnya menyerupai bintang. Habitat yang di huni bintang laut adalah daerah pantai atau dasar laut yang tidak terlalu dalam. Dipermukaan kulit tubuh bintang laut terdapat duri-duri dengan berbagai ukuran. Organ-organ tubuhnya bercabang ke seluruh lengan.

 

 

 

  1. Ophiuroidea (Bintang Ular)

Anatomi bintang ular
Anatomi bintang ular

Ophiuroidea hidup di laut yang dangkal hingga laut yang dalam. Hewan ini aktif pada malam hari. Makanan Ophiuroidea berupa udang-udangan, Mollusca, sampah dan sisa organisme lain. Tubuh Ophiuroidea berbentuk bola cakram kecil dengan lima lengan bulat panjang. Dibagian lateral berduri, sedangkan dibagian dorsal dan ventral tidak berduri.

 

 

  1. Echinoidea ( Landak Laut/ Bulu Babi)
Anatomi bulu babi
Anatomi bulu babi

Landak laut biasanya hidup di daerah pantai, diatas batu karang, didasar laut, dalam lumpur, atau sumur-sumuran daerah pantai, bahkan ada juga yang hidup dimuara sungai dengan membenam kan diri ditanah liat atau di bawah karang. Hewan-hewan yang termasuk kelas ini berbentuk bundar tak berlengan, tetapi memiliki duri yang dapat digerakkan. Echinoidea memiliki daya regenerasi tinggi, yaitu jika bagian tubuh rusak akan segera diperbaiki.

Baca Juga  Mengenal Fillum Molusca serta Penjelasan nya

 

  1. Holothuroidea (Teripang/Timun Laut).
Anatomi Timun Laut
Anatomi Timun Laut

Holothuroidea hidup dilaut, yaitu di dasar laut dengan cara bersembunyi dilumpur atau pasir. Jika diganggu hewan ini akan mengerut karena gerakan kontraksi. Holothuroidea tidak berduri dan memiliki banyak endoskeleton yang tereduksi. Tubuh bulat memanjang tertutup oleh kulit yang berkutikula dan tidak bersilia.

 

 

  1. Crinoidea (Lili Laut)
Anatomi Lili Laut
Anatomi Lili Laut

Biasanya hidup dilaut yang dalam. Hidupnya dengan cara menempel di dasar laut, dibarisan koral, atau membentuk taman laut. Jenis yang sekarang masih ada misalnya Antedon sp. Warna hewan ini sangat bervariasi, misalnya putih seperti berlian, kuning, hijau dan cokelat.

Bentuk tubuhnya dapat menyerupai bunga lili, bunga bakung atau bulu burung. Tubuhnya tersusun dari lempeng kapur dan berbentuk cangkir (kaliks). Dari kaliks ini tersembul lima lengan lentur, misalnya pada lili air.

 

Terimakasih, semoga artikel ini bermanfaat.

Baca juga : Ciri-Ciri Umum Echinodermata serta Penjelasannya

http://dosenbiologi.co.id/ciri-ciri-umum-e…ta-penjelasannya/