Klasifikasi Tumbuhan Paku Lengkap

Diposting pada
Klasifikasi Tumbuhan Paku Lengkap
Rate this post

Setelah sebelumnya menjelaskan ciri ciri serta morfologi tumbuhan paku, sekarang sudah mengerti bukan tumbuhan paku itu tumbuhan yang seperti apa?? nah selanjutnya kita akan membahas klasifikasinnya. Klasifikasi paku dibagi menjadi empat divisi, yaitu Psilotophyta, Lycophyta, Sphenophyta, dan Pterophyta. Berikut ini akan kita bahas secara ringkas ke empat divisi tersebut.

  1. Psilotophyta

Psilotophyta merupakan tumbuhan paku sederhana dan hanya mempunyai dua generasi. Contoh yang sudah dikenal adalah Psilotum sp. Yang tersebar luas di daerah tropis dan subtropis.

Paku psilotum
Paku psilotum

Pada generasi sporofit, Psilotum sp mempunyai ranting dikotom dan tidak memiliki akar dan daun. Sebagai pengganti akar, Psilotum sp mempunyai rizoma yang di selubungi rambut – rambut kecil yang disebut rizoid. Jaringan pengangkut tidak ditemukan pada Psilotophyta.

 

 

 

  1. Lycophyta

Pada umumnya, spesies Lycopodium adalah tumbuhan tropis dan hidup senagai epifit. Spesies lain tumbuh di lantai hutan di daerah sub tropis. Spora Lycopodium terdapat dalam sporofit yang merupakan daun khusus untuk bereproduksi. Spora dapat hidup di dalam tanah selama lebih dari Sembilan tahun.  Lycophyta muda yang haploid tidak melakukan fotosintesis, tetapi bersimbiosis dengan jamur. Setiap gametofit memiliki arkegonium dan anteridium.

Lycopodium sp termasuk paku homospora karena menghasilkan spora tunggal yang akan berkembang menjadi gametofit biseksual yang memiliki organ jantan maupun betina. Selaginella sp merupakan paku heterospora, karena dapat menghasilkan dua jenis spora.

  1. Sphenophyta

Sering disebut juga paku ekor kuda. Kebanyakan paku Sphenophyta hidup ditempat basah, seperti rawa. Paku ekor kuda memiliki daun kecil, batang dan akar sejati.

Baca Juga  Pertumbuhan dan Perkembangan Awal Pada Tumbuhan

Generasi sporofit paku ekor kuda cukup mencolok. Peristiwa meiosis terjadi dalam sporangium dan akan menghasilkan spora haploid. Gametofit yang berkembang dari spora berukuran sangat kecil, tetapi dapat melakukan fotosintesis dan hidup secara bebas. Contohnya adalah Equisetum sp.

Paku Equisetum sp
# Paku Equisetum sp
  1. Pterophyta

Banyak terdapat di hutan subtropics maupun di daerah tropis.  Paku pterophyta mempunyai daun – daun yang lebih besar di bandingkan divisi lain nya. Ada dua jenis daun, yaitu megafil dan mikrofil. Megafil mempunyai sistem percabangan pembuluh. Mikrofil adalah daun yang muncul dari batang yang mengandung untaian tunggal jaringan pengangkut. Contohnya adalah Marsilea crenata dan Asplenium nidus.

Terimakasih, semoga artikel ini bermanfaat.

Baca juga : Mengenal Lebih dalam Tumbuhan Paku