Mengenal Jenis-Jenis Batang Secara Lengkap

Diposting pada
Mengenal Jenis-Jenis Batang Secara Lengkap
Rate this post

Sebeum nya, kita telah mengetahui morfologi serta struktur pada batang nah selanjutnya ini akan membahas kelanjutan nya yaitu jenis-jenis batang secara lengkap. Secara umum, batang tumbuhan dapat dibedakan menjadi empat jenis. Perbedaan ini di dasarkan atas sel-sel penyusunnya dan keadaan ruas-ruasnya. Pada artikel sebelumnya kita sudah membahas tentang morfologi dan struktur batang, nahhh artikel selanjutnya ini akan menjelaskan jenis-jenis batang secara lengkap. Jenis batang yang akan kita bahas adalah batang basah, batang rumput, batang mending dan batang berkayu.

  1. Batang Basah (herbaceous)

Biasanya mempunyai struktur yang lunak dan banyak mengandung air. Pada beberapa jenis tumbuhan, kadang-kadang struktur batangterdiri dari rongga-rongga. Dengan struktur seperti ini, batang basah dapat dipatahkan dengan mudah. Selain itu batang basah tidak dapat tumbuh tinggi .

Batang basah dapat di temukan pada tumbuhan eceng gondok (Eichornia crassipe), bayam (Amaranthus spinosu), genjer (Limnocharis flava), krokot (Portulaca oleracea), keladi (Caladium sp) dan sebagainya.

  1. Batang Rumput (calmus)

Merupakan batang yang tidak keras. Batang rumput memiliki ruas-ruas yang jelas dan berukuran pendek. Kebanyakan batang rumput seringkali berongga. Batang rumput dapat ditemukan pada tumbuhan yang tergolong familia (Gramineae), misalnya rumput-rumputan, padi (Oryza sativa), jagung (Zea mays), dan sebagainya.

  1. Batang Mendong (calamus)

Memiliki struktur yang sama dengan batang rumput. Tidak keras, kebanyakan berongga. Yang membedakan dengan batang rumput terletak pada ruasnya. Jika ruas pada batang rumput berukuran pendek, ruas pada batang mendong berukuran panjang, dan biasanya hanya terdiri dari satu ruas saja. Batang mendong dapat ditemukan pada jenis-jenis teki (Cyperus sp), mendong (Fibristylis globulosa), wlingi (Scirpus grossus), dan sebagainya.

  1. Batang Berkayu (lignosus)

Adalah batang yang di susun oleh jaringan lignin. Oleh karena itulah batang bersifat keras dan kuat. Batang berkayu di miliki oleh tumbuh-tumbuhan yang termasuk kelas dikotil. Batang berkayu dapat ditemukan pada tumbuhan semak (frutices) dan pohon-pohon (arbores).

Baca Juga  Mengenal Daun Tunggal ( Folium Simplex )

Perbedaan semak dan pohon dapat di lihat dari tinggi, percabangan dan perkembangan kambiumnya. Semak adalah tumbuhan yang tidak begitu tinggi, dengan pertumbuhan cabang yang dekat dengan permukaan tanah. Diameter batang tidak dapat membesar.

Tingkat pertumbuhan tumbuhan semak di sebut tingkat tiang. Kadang-kadang semak dianggap sebagai perawakan (habitus) tumbuhan. Tumbuh-tumbuhan yang tergolong semak antara lain kaca piring (Gardenia augusta), alamanda (Allamanda cathartica), sidaguri (Sida rhombifolia), beluntas (Pluchea indica), putri malu (Mimosa pudica ) dan sebagainya.

Sedangkan pohon adalah tumbuhan yang tingginya bisa mencapai puluhan meter, diameter batang bisa membesar oleh perkembangan cambium, dan cabang-cabang yang tumbuh mempunyai jarak yang jauh dari permukaan tanah. Pohon tidak hanya tumbuh di darat, tetapi juga dapat tumbuh di daerah rawa atau pasang surut. Pohon-pohon semacam ini memiliki perkembangan akar khusus sebagai adaptasi di daerah yang berair.

 

Terimakasih, semoga artikel ini bermanfaat.

baca juga : Mengenal Morfologi dan Struktur Batang (caulis) Secara Lengkap

http://dosenbiologi.co.id/mengenal-morfolo…s-secara-lengkap/ ‎