Morfologi Buah (fruktus) Lengkap

Diposting pada
Morfologi Buah (fruktus) Lengkap
Rate this post

Pada dasarnya, Buah merupakan hasil penyerbukan antara putik dan benang sari yang terdapat pada bunga, sehingga pada buah sering ditemukan struktur bunga, yaitu tangkai bunga dan kelopak bunga. Buah dapat di bedakan menjadi buah sejati dan buah semu. Buah sejati adalah buah yang sesungguh nya, yang dapat di bagi-bagi lagi menjadi buah sejati tunggal, buah sejati ganda dan buah sejati majemuk. Sedangkan buah semu dibedakan lagi menjadi buah semu tunggal, buah semu ganda, dan buah semu majemuk. Nah untuk lebih jelasnya akan di bahas di dalam artikel ini.

Bagian Buah
Bagian Buah

1. Struktur Buah

Buah merupakan organ pada tumbuhan yang berbunga yang merupakan perkembangan lanjutan dari bakal buah (ovarium), hasil dari penyerbukan. Penyerbukan adalah peristiwa jatuhnya serbuk sari di kepala putik. Jika terjadi penyerbukan, maka pembuahan telah terjadi. Hal ini menyebabkan bakal buah berkembang menjadi buah.

Karena penyerbukan berasal dari bunga, maka pada pembentukan buah, ada bagian bunga yang turut tumbuh bersama pembentukan buah, ada pula bagian-bagian yang gugur. Bagian-bagian bunga yang turut berkembang adalah daun pelindung, daun kelopak, tangkai kepala putik, dan kepala putik. Buah yang semata-mata terbentuk dari bakal buah, dengan bagian-bagian bunga yang masih tersisa, merupakan buah yang tidak terbungkus atau buah telanjang.

Buah akan membungkus dan melindungi biji. Setiap bakal buah berisi satu atau lebih bakal biji (ovulum), yang masing-masing mengandung sel telur. Bakal biji itu di buahi melalui suatu proses yang di awali oleh peristiwa penyerbukan, yakni berpindahnya serbuk sari dari kepala sari ke kepala putik. Setelah serbuk sari melekat di kepala putik, serbuk sari berkecambah dan isinya tumbuh menjadi buluh serbuk sari yang berisi sperma.

Baca Juga  Penjelasan Parenkim dan Kolenkim Terlengkap

Buluh ini terus tumbuh menembus tangkai putik menuju bakal biji, dimana terjadi persatuan antara sperma yang berasal dari serbuk sari dengan sel telur yang berdiam dalam bakal biji, membentuk zigot yang bersifat diploid. Zigot yang terbentuk mulai bertumbuh menjadi embrio (lembaga), bakal biji tumbuh menjadi biji, dan dinding bakal buah, yang di sebut perikarp, tumbuh menjadi daging buah.

Dinding buah, yang berasal dari perkembangan dinding bakal buah pada bunga, yang dikenal sebagai perikarp (pericarpium). Lapisan dibagian luar disebut dinding luar, eksokarp (exocarpium). Lapisan di dalam di sebut dinding dalam atau endocarp(endocarpium). Lapisan tengah yang bisa tersusun sampai beberapa lapis disebut dinding tengah atau mesokarp (mesocarpium).

 

Terimakasih, Semoga artikel ini bermanfaat

Baca juga : 8 Fungsi Khusus Akar Terlengkap

http://dosenbiologi.co.id/morfologi-akar-radix-lengkap/