Otot Rangka serta Penjelasan Strukturnya Lengkap

Diposting pada
Otot Rangka serta Penjelasan Strukturnya Lengkap
Rate this post

Bila disadari maupun tidak, tubuh kita selalu melakukan gerak. Bahkan seseorang yang tidak memiliki kesempurnaan alat gerak pun tetap melakukan gerak. Saat kita tersenyum, mengedipkan mata atau bernapas sesungguhnya telah terjadi gerak yang disebabkan oleh kontraksi otot.

Otot rangka adalah otot yang melekat pada tulang dan dapat bergerak secara aktif untuk menggerakkan tulang sehingga disebut alat gerak aktif. berat otot rangka adalah 40% dari berat badan. Pada wajah, otot melekat pada kulit dan akan bergerak jika berkontraksi.

Fungsi otot rangka adalah sebagai berikut :

  • Otot menggerakkan tulang untuk melakukan gerakan.
  • Menopang dan mempertahankan postur tubuh. Otot menopang rangka dan mempertahankan tubuh dari gaya gravitasi bumi saat berada dalam posisi berdiri atau duduk.
  • Produksi panas. Metabolism kontraksi otot dapat menghasilkan panas untuk mempertahankan suhu normal tubuh.

Otot rangka memiliki sifat-sifat sebagai berikut :

  1. Kontraktilitas

Serabut otot dapat berkontraksi dan meregang. Dalam keadaan istirahat, keadaan otot tidak benar-benar kendur, tetapi mempunyai ketegangan sedikit yang disebut tonus. Tonus pada masing-masing orang berbeda, bergantung pada umur, jenis kelamin dan keadaan tubuh.

  1. Eksitabilitas

Serabut otot akan merespon dengan kuat jika distimulasi oleh impuls saraf.

  1. Ekstensibilitas

Serabut otot memiliki kemampuan meregang melebihi panjang otot saat relaksasi.

  1. Elastisitas

Serabut otot dapat kembali ke ukuran semula setelah berkontraksi atau meregang.

Otot rangka pada tubuh
Otot rangka pada tubuh

 

Struktur Otot Rangka

Area otot rangka terdiri atas kepala otot (muskulus kaput), empal otot (musculus venter) dan ekor otot (muskulus kaudal). Kepala otot dan ekor otot merupakan jaringan ikat padat kuat yang disebut tendon. Tendon adalah tempat melekatnya otot pada tulang. Tendon dibagi menjadi dua jenis, yaitu origo dan insersio. Origo adalah ujung otot (kepala otot) yang melekat pada tulang yang tidak bergerak ketika otot lain (ekor otot) yang melekat pada tulang yang tidak bergerak ketika otot berkontraksi. Insersio adalah bagian ujung otot lain (ekor otot) yang melekat pada tulang yang bergerak ketika otot berkontraksi. Empal otot merupakan area otot bagian tengah yang bentuknya menggembung. Terdiri atas berkas-berkas otot, dan aktif dalam berkontraksi.

Baca Juga  Berbagai Macam Gangguan pada Otot Terlengkap

Secara keseluruhan otot dibungkus oleh selapis jaringan ikat agak padat yang disebut epimisium. Didalam epimisium terdapat beberapa berkas seerat-serat otot yang disebut fasikulus. Setiap fasikulus dibungkus oleh selubung tipis perimisium. Sel serat otot secara individual dibungkus oleh jaringan ikat halus endomisium. Dibawah endomisium terdapat membrane sel otot yang disebut sarkolema.

Gambar Struktur otot rangka
Gambar Struktur otot rangka

Terimakasih, semoga artikel ini bermanfaat.

Baca juga : Tipe-Tipe Persendian pada Manusia Penting

http://dosenbiologi.co.id/tipe-tipe-persen…-manusia-penting/ ‎