2 Macam Umbi serta Penjelasannya Terlengkap

Diposting pada
2 Macam Umbi serta Penjelasannya Terlengkap
Rate this post

  1. Umbi (Tuber)

Macam macam umbi
Macam macam umbi

Umbi merupakan modifikasi batang maupun akar, umbi biasanya berbentuk bulat, karena merupakan suatu struktur yang membengkak, seperti kerucut atau tidak beraturan. Umbi juga berfungsi sebagai tempat penimbunan makanan. Karena itu umbi dibedakan menjadi umbi batang (tuber cauogenum). Umbi batang adalah modifikasi batang dan umbi akar (tuber rhizogenum), jika merupakan modifikasi akar.

Berbeda dengan rimpang, walapun sama-sama merupakan modifikasi dari batang, umbi batang tidak memiliki ruas-ruas dan sisik seperti pada rimpang, karena strukturnya yang mengembung besar, sehingga permukaan nya tampak licin. Karena itu umbi batang adalah penjelmaan batang masih terlihat dari terlihatnya kunccup-kuncup pada umbi ini, yang jika waktunya telah tiba dapat pula bertunas dan menghasilkan tumbuhan baru.

Umbi akar merupakan modifikasi dari akar, baik akar tunggang maupun akar serabut. Pada modifikasi akar tunggang, struktur yang membesar adalah batang akarnya. Umbi akar yang merupakan modifikasi dari akar tunggang dapat ditemukan pada wortel, lobak, bengkuang dan sebagainya.

Umbi akar yang merupakan modifikasi akar serabut, struktur yang membesar adalah cabang-cabang akar. Contohnya pada singkong, karena singkong ditanam melalui stek batang yang mengakibatkan struktur akar yang berkembang adalah akar serabut.

  1. Umbi Lapis (bulbus)

Umbi lapis
Umbi lapis

Umbi lapis merupakan modifikasi batang dan daun. Karena memperlihatkan susunan yang berlapis-lapis, struktur ini disebut sebagai umbi lapis. Umbi lapis terdiri dari daun-daun yang telah menjadi tebal, lunak dan berdaging.

Umbi lapis dimiliki oleh tumbuh-tumbuhan dari familia Liliaceae dan Amaryllidaceae, seperti bawang dan sebagainya.

Baca Juga  Mengenal Morfologi dan Struktur Batang (Caulis) Secara Lengkap

Cakram merupakan batang yang sesungguhnya. Cakram berukuran kecil dengan ruas-ruas yang sangat pendek. Biasanya berbentuk tipis. Seperti halnya daun yang duduk pada batang, pada cakram terdapat kuncup-kuncup.

Sisik merupakan struktur yang berlapis dan berdaging. Sisik berfungsi untuk menyimpan cadangan makanan. Sisik merupakan modifikasi daun yang menjadi tebal, lunak dan berdaging.

Kuncup merupakan calon tunas-tunas daun. Dalam hal ini, kuncup dibedakan lagi menjadi kuncup pokok (gemma bulbi) dan kuncup samping (gemma lateralis). Organ yang sesungguhnya pada kuncup pokok pada umbi adalah kuncup ujung, terdapat pada bagian atas cakram yang tumbuh ke atas mendukung daun serta bunga. Sedangkan kuncup samping biasanya tumbuh berupa umbi lapis kecil-kecil, berkelompok di sekitar umbi induknya.

Akar serabut merupakan akar sejati pada umbi lapis. Akar serabut tumbuh langsung dari batang. Akar serabut yang tumbuh sama fungsi dan strukturnya dengan akar serabut pada tumbuhan lainnya. Berdasarkan sifat dan bentuk, sisik-sisik pada umbi lapis dibedakan menjadi sisik yang berlapis dan sisik yang bersisik. Sisik yan berlapis (bulbus) berbentuk bagian yang lebar, dan yang lebih luar menyelubungi bagian yang dalam, hingga jika umbi diiris membujur akan tampak jelas susunannya yang berlapis-lapis, misalnya pada bawang merah.

Jenis sisik yang kedua adalah sisik yang bersisik (bulbus squamosus), jika metamorphosis daun-daunnya tidak melebar dan membungkus umbi secara berlapis, melainkan lebih tebal dan tersusun seperti genting, misalnya umbi lapis pada lili (Lilium candidum L) dan bawang putih (Allium sativum)

 

Terimakasih, semoga artikel ini bermanfaat.

Baca juga : Mengenal Kuncup (Gemma) serta Macam-Macam Kuncup

http://dosenbiologi.co.id/kuncup-gemma-ser…cam-macam-kuncup/