Mengenal Kuncup (gemma) serta Macam-Macam Kuncup

Diposting pada
Mengenal Kuncup (gemma) serta Macam-Macam Kuncup
5 (100%) 1 vote

Pada dasarnya, Kuncup merupakan calon tunas, jadi terdiri atas calon daun, calon batang ataupun calon bunga. Biasanya kuncup di lindungi oleh rambut-rambut, sisik-sisik, daun penumpu dan sebagainya, agar tidak gugur atau mati sebelum tumbuh. Jika kuncup tumbuh, biasanya pelindung kuncup akan runtuh. Perkembangan kuncup pada semua jenis tumbuhan berbeda-beda. Ada yang cepat runtuh, ada yang tinggal agak lama.

Tidak semua kuncup dapat berkembang menjadi bagian tumbuhan yang baru. Diantara nya ada yang bertahun-tahun tetap berupa kuncup saja. Kuncup demikian dinamakan kuncup tidur. Kuncup tidur dapat ditemukan pada batang-batang pohon besar yang ditebang dalam waktu yang lama.

Menurut tempatnya kuncup dibedakan dalam tiga macam yaitu :

  1. Kuncup Ujung (Gemma terminalis)

 

Kuncup ujung merupakan modifikasi dari batang, daun, dan bunga. Kuncup ini terletak pada ujung-ujung batang, ujung cabang-cabang, ataupun ujung ranting.

  1. Kuncup Ketiak (Gemma axillaris)

Kuncup ketiak merupakan kuncup yang terdapat pada ketiak daun, karena itu dinamakan kuncup aksilar. Karena daun terletak disamping batang, maka kadang-kadang kuncup ini dinamakan kuncup samping atau kuncup lateral. Kuncup samping biasanya akan menghasil kan cabang baru. Perkembangan menjadi cabang dapat terjadi setelah daun di bawahnya gugur, baru kemudian berkembang atau menjadi kuncup tidur.

  1. Kuncup Liar (Gemma adventicus)

Kuncup liar tidak tumbuh pada ujung batang atau ketiak daun, melainkan disembarang tempat pada organ tumbuhan. Kuncup liar dapat tumbuh di sembarang tempatpada batang, dan jika tumbuh biasanya akan menghasilkan wiwilan atau tunas air, misalnya pada pohon coklat.

Baca Juga  Mengenal Percabangan Batang Secara Lengkap

Berdasarkan proses metamorphosis atau bentuk modifikasinya menjadi organ tumbuhan yang lain, maka kuncup dapat pula dibedakan menjadi tiga jenis, yaitu :

  1. Kuncup Daun (Gemma folifera) merupakan tunas yang akan berkembang menjadi daun. Kuncup daun dapat ditemukan hampir disemua tumbuhan.
  2. Kuncup Bunga (alabastrum) merupakan kuncup yang berkembang menjadi bunga (mengalami metamorphosis). Kuncup bunga dapat ditemukan pada ujung batang maupun ketiak daun.
  3. Kuncup campuran (gemma mixta) adalah kuncup yang jika berkembang akan menghasilkan tunas dengan daun-daun biasa dan bunga. Dengan kata lain kuncup campuran di awali dengan munculnya tunas daun pada ujung-ujung ranting, lalu di ikuti munculnya kuncup bunga.

Terimakasih, semoga artikel ini bermanfaat.

Baca juga : Mengenal Organ Pada Tumbuh-Tumbuhan

http://dosenbiologi.co.id/mengenal-organ-p…-tumbuh-tumbuhan/