Pengertian Referensi : Tujuan, Sumber, Jenis dan Contoh

Diposting pada

Definisi referensi

pengertian-referensi

Yang dimaksud dengan referensi (referensi) adalah segala bentuk teori atau penalaran yang dapat digunakan untuk mendukung suatu gagasan, atau dapat juga berupa gagasan, teori atau argumen untuk mengungkapkan apa yang ingin kita sampaikan atau sampaikan dengan tulisan memperkuat atau digunakan secara lisan. Referensi ini juga merupakan tulisan suci yang berisi informasi dalam buku yang diulas di buku tersebut, dan yang juga dapat dinilai berdasarkan sumber penulisnya.

Tujuan referensi

Referensi ini sendiri memiliki tujuan sebagai berikut:

  • Perkuat argumen
    Dari referensi tersebut dapat digunakan sebagai bahan untuk memperkuat dan mendukung suatu argumen atau teori yang dikemukakan dalam tulisan.
  • Hindari plagiarisme
    Tujuan selanjutnya adalah bertindak sebagai penghalang terhadap plagiarisme dalam karya milik orang lain.
  • Hargai pekerjaan orang lain
    Tujuan mengambil referensi adalah untuk menghormati pekerjaan orang lain.
  • Memberikan informasi kepada pembaca
    Tujuannya adalah untuk memberikan informasi kepada pembaca tentang sumber asli dan terlengkap dari sebuah teori atau opini.

Sumber referensi

Sumber referensi ini dapat kita temukan dari;

Book

Buku ini adalah sumber yang paling sering kami gunakan dan sangat disarankan agar Anda bisa menulis tesis. Oleh karena itu, disarankan juga untuk menggunakan buku yang baru diterbitkan agar teori yang dikandungnya juga merupakan adaptasi dan juga perbaikan dari yang sebelumnya.

Koran atau majalah

Selain di buku, kita juga bisa mencarinya di koran atau majalah, walaupun jarang digunakan karena sangat sulit menemukan argumen yang relevan. Selain itu, koran atau majalah juga jarang dijaga dengan menyimpannya di perpustakaan.

Baca Juga  Cara Mudah Menghilangkan Permanen Watermark Filmora

buku harian

Jurnal dapat digunakan sebagai referensi baik online maupun cetak.

Internet

Sumber ini sangat perlu memperhatikan kredibilitas website yang digunakan, dan itu untuk referensi. Karena sumber internet ini pada dasarnya akan dibatasi ketika menulis makalah akademis tertentu, kitab suci dapat diakses baik melalui blogspot atau melalui situs web di internet. Biasanya, penulis bukanlah ahli di bidangnya sehingga tidak memiliki kualifikasi ilmiah apa pun.

Jenis referensi

Referensi ini memiliki beberapa jenis yaitu sebagai berikut:

Kutipan

Kutipan ini adalah jenis referensi yang dirujuk dari banyak sumber dengan menyalin kalimat, paragraf, teori, atau argumen dari seseorang yang ahli di bidang tertentu untuk ditambahkan pada tulisan. Kutipan tersebut terbagi menjadi dua bagian yaitu:

  • Kutipan langsung
    Kutipan ini adalah kutipan yang ditulis langsung dan sesuai persis dengan apa yang ada di sumbernya. Selain itu, data bibliografi disertakan sebagai tambahan informasi pada sumber sitasi.
  • Kutipan tidak langsung
    Kutipan ini ditulis dalam bahasanya sendiri, dimana makna sumber tidak diubah dengan penulisan data perpustakaan.

catatan kaki

Catatan kaki ini merupakan cara penulisan suatu sumber dengan mencantumkan lambang pada suatu kata yang memerlukan penjelasan tertentu yang mungkin berasal dari sumber lain. Pada footnote dapat ditulis di bagian bawah kertas dengan penjelasan lengkap dari kata yang dimaksud.

Contoh referensi

  • Smith, J. (2005a). Referensi Harvard. London: Penerbitan Jolly Good.
  • Smith, J. (2005b). Praktik kutipan bahasa Belanda. Den Haag: Holland Research Foundation.

Saat menulis kota tempat penerbitannya, kota yang dikenal secara internasional (seperti London atau New York) hanya diberikan sebagai kota. Jika kota tersebut kurang dikenal secara internasional, negaranya (atau provinsi untuk Indonesia) juga dimasukkan.

Baca Juga  Analisis Novel “Eiffel I’m In Love” beserta Unsur Intrinsiknya

Contoh referensi jurnal

Smith, John Maynard. (1998). Asal usul altruisme. Sifat 393: 639-40.

Artikel surat kabar biasanya dikutip dalam teks, tetapi dihapus dari bagian “Daftar Referensi”. Contoh kutipan untuk surat kabar formal adalah:

Bowcott, O. (2005– 18 Okt). “Protes Hentikan Lelang Online Untuk Tembak Rusa,” The Guardian. Diakses 7 February 2006.

Saat publikasi offline:

Bowcott, O. (18 Oktober 2005). Protes mengadakan lelang online untuk menembak rusa. Penjaga.

Demikian penjelasan tentang pengertian referensi, tujuan, sumber, jenis, dan contoh. Semoga apa yang telah dijelaskan diatas semoga bermanfaat untuk anda. Terimakasih banyak.

Sumber :