Karakteristik Ilmu Biologi serta Penjelasannya

Diposting pada
Karakteristik Ilmu Biologi serta Penjelasannya
Rate this post

Biologi mempelajari tentang makhluk hidup, bagaimana interaksi nya satu sama lain dan bagaimana interaksinya dengan lingkungan. Karakteristik ilmu biologi ditentukan oleh objek yang dipelajari dan permasalahan yang dikaji.Objek yang dipelajari dalam ilmu biologi adalah makhluk hidup. Makhluk hidup memiliki karakteristik tersendiri jika disbanding dengan objek sains lainnya. Artikel ini akan membahas tentang karakteristik ilmu biologi secara lengkap.

Berikut ini adalah karakteristik dasar makhluk hidup.

  1. Makhluk hidup di susun oleh sel

Setiap makhluk hidup terdiri atas satu sel (uniseluler) atau banyak sel (multiseluler). Setiap sel itu di lindungi oleh membrane yang memisahkan dari lingkungan nya.

  1. Makhluk hidup mengalami pertumbuhan dan perkembangan

Yaitu perubahan ukuran sel menjadi semakin besar ataupun pertambahan jumlah sel. Pertambahan tinggi atau pertambahan berat suatu organisme merupakan tolak ukur pertumbuhan yang teramati. Sejalan nya dengan pertumbuhan itu, sel-sel makhluk hidup aakan mengalami perkembangan. Perkembangan itu meliputi perubahan sel menjadi bentuk yang berbeda dan menjalankan suatu fungsi tertentu. Contoh proses perkembangan adalah setiap manusia berasal dari sel telur yang dibuahi , yang kemudian berkembang menjadi berbagai sel yang memiliki bentuk dan fungsi tertentu.

  1. Makhluk hidup melakukan proses metabolisme

Didalam tubuh makhluk hidup terjadi berbagai reaksi penyusun dan pengurai senyawa-senyawa, yang di sebut metabolism. Metabolisme itu terjadi terus menerus, sehingga tubuh makhluk hidup selalu dalam keadaan homeostatis, yaitu keadaan lingkungan internal yang seimbang dan konstan.

  1. Makhluk hidup memberikan respon terhadap rangsang

Setiap makhluk hidup sensitive terhadap rangsang, baik yang berasal dari dalam maupun dari luar tubuh. Contoh rangsang yang diterima oleh makhluk hidup antara lain perubahan warna, arah dan intensitas cahaya, suhu, tekanan, kadar air, dan suara.

  1. Makhluk hidup melakukan reproduksi

Makhluk hidup dapat mempertahankan jenisnya karena kemampuan nya untuk melakukan reproduksi. Saat reproduksi, materi genetic dari induk diwariskan kepada keturunan nya.

  1. Makhluk hidup mampu beradaptasi dengan lingkungan

Setiap makhluk hidup mampu beradaptasi sehingga dapat bertahan meskipun keadaan lingkungan senantiasa berubah.

Baca Juga  Keterkaitan antara Metabolisme Karbohidrat, Lemak dan Protein

 

Terimakasih, semoga artikel ini bermanfaat.

Baca juga : Mengenal 3 Kelas pada Lumut serta Penjelasannya

http://dosenbiologi.co.id/mengenal-3-kelas-pada-lumut/