Keamanan Internet: Membuat Kata Sandi (Password) Yang Kuat

Diposting pada

5 tips untuk kata sandi Facebook yang kuat tapi mudah diingat

kata-sandi-facebook

Kata sandi Facebook adalah hal penting yang harus dijaga dengan baik oleh setiap pengguna. Seperti yang kita ketahui bersama, insiden peretasan di media sosial marak terjadi. Apalagi saat teknologi berkembang pesat seperti sekarang ini. Untuk menjaga keamanan akun Anda, lihat kiat-kiat membuat kata sandi Facebook yang kuat namun mudah diingat di bawah ini.

Kita tidak hanya menghindari peretasan, tetapi kita sering lupa kata sandi Facebook kita karena sulit untuk diingat. Oleh karena itu perlu untuk menemukan password yang baik. Jadi Anda tidak perlu khawatir lupa kata sandi setiap kali ingin masuk.

Tanpa basa-basi lagi, berikut adalah beberapa tips tentang cara membuat kata sandi Facebook yang kuat namun mudah diingat.

Tips membuat kata sandi Facebook yang baik dan aman

Buat kata sandi yang panjang

Kekuatan kata sandi ditentukan oleh panjangnya. Semakin panjang kata sandi Anda, semakin rendah persentase bahwa itu akan diretas. 1 karakter yang Anda tambahkan ke kombinasi kata sandi terlindungi dengan sangat baik.

Jadi tip pertama untuk membuat kata sandi yang kuat adalah dengan meningkatkan kombinasi karakter dan panjangnya. Misalnya, Anda memasukkan kata sandi Facebook “anakkucatmerah”.

Cukup panjang, tetapi tidak ada kombinasi karakter. Ini adalah ide yang baik untuk melakukannya “@ n @ kkucingm3r @ h”. Rumusnya adalah mengganti vokal (a, i, u, e, o) dengan angka. Silakan bermain-main dengan diri Anda sendiri sampai Anda menemukan kombinasi yang terasa pas.

Baca Juga  Inilah Lagu Anak-Anak (Children's Song) Terpopuler

2. Tunjukkan identitas

Misalkan Anda sudah mengetahui pentingnya kata sandi yang panjang dan kombinasi karakter. Namun, Anda masih bingung mau menggunakan apa sebagai tema utama. Nah, rekomendasi yang paling umum adalah menetapkan identitas pribadi sebagai kata sandi.

Identitas pribadi seperti bulan lahir, tahun lahir, tanggal lahir, tempat lahir, sekolah, pekerjaan dan lain-lain. Misalnya, Anda dapat membuat kata sandi dari tempat lahir dan tahun lahir. Kata sandinya adalah “J4k4rt41997”.

Oh ya, agar password lebih kuat, Anda bisa menggunakan huruf besar dan kecil. Tips, gunakan awalan dengan huruf kapital.

3. Kebiasaan sehari-hari

Mungkin terlalu umum menggunakan informasi pribadi untuk membuat kata sandi fb yang aman. Oleh karena itu, Anda dapat menggunakan hal-hal lain yang juga mudah diingat. Seperti makanan favorit, hobi, teman terdekat, nama keluarga dan apapun yang sering Anda jumpai dalam kehidupan sehari-hari.

Misalnya, buat kata sandi “M134y4ml3z4t”. Komposisinya kira-kira sebagai berikut:

Huruf kapital di awal “M” mengubah vokal dengan angka Makanan favorit

4. Kombinasi bahasa

Jika membuat kombinasi karakter terlalu sulit dan mudah diingat, Anda dapat menggunakan kombinasi bahasa. Tentukan terlebih dahulu bahasa mana yang ingin Anda pilih. Seperti Indonesia-Korea, Indonesia-Jepang, Arab Indonesia dan lain-lain.

Tentu saja, gunakan kata-kata yang Anda kenal. Misalnya “tutikkawai”. “donoonichan” dan seterusnya.

5. Hindari nomor urut

Salah satu kesalahan dalam membuat password adalah menggunakan urutan angka. Ini jelas menguntungkan para peretas dan membuatnya lebih mudah untuk membobol akun Anda. Contoh yang sangat klise seperti “dono12345678”.

Jika Anda ingin menggunakan kombinasi angka, yang terbaik adalah menggunakan tahun sejarah. Misalnya admin sering menggunakan password yang digabung dengan tahun berdirinya organisasi pencak silat. Passwordnya menjadi “orangkalem1971”.

Baca Juga  WA GB Yang Asli Versi Terbaru

Itulah sedikit pembahasan tentang lima tips membuat password facebook yang baik dan aman. Semoga dengan membaca uraian di atas Anda bisa mendapatkan beberapa panduan tentang cara membuat kata sandi yang baik.

Sumber :