Mengenal 3 Kelas pada Lumut serta Penjelasannya

Diposting pada
Mengenal 3 Kelas pada Lumut serta Penjelasannya
Rate this post

Dulu, lumut termasuk divisi Bryophyta yang dibagi menjadi tiga kelas, yaitu lumut daun, lumut hati, dan lumut tanduk. Sekarang ketiga nya menjadi divisi yang terpisah yaitu Bryophyta, Hepaticophyta dan Anthocerotophyta.

  1. Lumut Daun ( Bryophyta)

Lumut daun merupakan lumut yang paling banyak dikenal. Hamparan lumut sering terdapat ditempat-tempat yang lembap. Bryophyta mempunyai struktur seperti akar yang disebut rizoid, struktur seperti batang dan struktur seperti daun.

Tubuh fase gametofit lumut daun memiliki gametangium di bagian atasnya. Kebanyakan spesies lumut menghasilkan gamet berbeda sehingga dapat dibedakan antara tumbuhan jantan dan betina. Akan tetapi, ada juga yang menghasilkan anteredium dan arkegonium pada satu tumbuhan.

Tubuh fase sporofit yang di hasilkan akan tumbuh di bagian atas tubuh gametofit betina. Sporofit akan terus menempel pada gametofit dan bergantung untuk memperoleh nutrisi. Setelah dewasa, sporofit akan berubah warna menjadi kecoklatan. Sporofit dewasa terdiri atas kaki yang melekat kan sporofit pada gametofit dan menyerap nutrisi dari gametofit, seta ata batang, serta kapsul yang mengandung sel-sel sporogenik. Pada beberapa spesies, kapsul dilapisi struktur seperti tudung, yang disebut kaliptra, yang di hasilkan oleh arkegonium. Jika spora lumut sampai ke lingkungan yang sesuai, spora itu akan berkecambah dan tumbuh menjadi filament yang disebut protonema.

Siklus hidup lumut daun
Siklus hidup lumut daun
  1. Lumut Hati ( Hepatycophyta )

Bentuk tubuh gametofit lumut hati berbeda dengan gametofit lumut daun. Pada lumut hati, tubuhnya tersusun atas struktur berbentuk hati pipih, disebut talus, yang tidak terdiferensiasi menjadi akar, batang, dan daun. Tubuhnya terbagi menjadi dua lobus sehingga tampak seperti lobus pada hati.

Baca Juga  Mengenal Daun Tunggal ( Folium Simplex )

Siklus hidup lumut hati mirip dengan lumut daun, walaupun bentuk tubuhnya agak berbeda. Di dalam sporangium terdapat sel yang berbentuk gulungan di sebut aletera. Aletera akan terlepas saat kapsul terbuka, sehingga membantu memancarkan spora.

  1. Lumut Tanduk ( Anthocerotophyta )

Lumut tanduk mempunyai gametofit mirip dengan gametofit mirip dengan gametofit lumut hati, perbedaan nya hanya terletak pada sporofitnya. Sporofit lumut tanduk mempunyai kapsul memanjang yang tumbuh seperti tanduk dari gametofit. Masing masing mempunyai kloroplas tunggal yang berukuran besar, lebih besar dari kebanyakan lumut. Ciri unik dari lumut tanduk adalah sporofit akan terus tumbuh selama masa gametofit.

Klasifikasi lumut
Klasifikasi lumut

Terimakasih, semoga artikel ini bermanfaat.

Baca juga : Lumut (Bryophytes) serta Ciri-Ciri Lumut Lengkap

http://dosenbiologi.co.id/lumut-bryophytes…ri-lumut-lengkap/