Penyakit pada Manusia yang disebabkan Oleh Virus

Diposting pada
Penyakit pada Manusia yang disebabkan Oleh Virus
Rate this post

Pada umumnya, virus bersifat merugikan. Virus dapat menginfeksi tumbuhan, hewan dan manusia sehingga menimbulkan penyakit. Dan kali ini kita akan membahas macam-macam penyakit yang disebabkan oleh virus khususnya pada manusia.

  1. Influenza

Penyebab influenza adalah virus golongan orthomyxovirus yang berbentuk seperti bola. Virus influenza di tularkan lewat udara dan masuk ke tubuh manusia melalui alat pernapasan. Virus influenza pada umumnya hanya menyerang sistem pernapasan.

  1. Flu burung

Flu burung atau avian influenza adalah penyakit menular yang disebabkan oleh virus yang biasanya menjangkiti unggas dan mammalia. Sifat virus ini adalah dapat bertahan hidup di air hingga 4 hari pada suhu 22 derajat C dan lebih dari 30 hari pada suhu 0 derajat C. Virus dapat bertahan lebih lama didalam tubuh atau tinja unggas, tetapi mati pada pemanasan 60 derajat C selama 30 menit.

  1. Campak

Campak disebabkan oleh virus paramyxovirus. Gejala campak adalah demam tinggi, batuk dan rasa nyeri pada seluruh tubuh. Masa inkubasinya sekitar 10-12 hari. Diawal inkubasi, virus berlipat ganda disaluran pernapasan atas yang menyebabkan gejala batuk kering dan radang tenggorokan. Diakhir masa inkubasi, virus menuju darah dan beredar ke seluruh bagian tubuh, terutama kulit, sehingga terlihat bercak-bercak merah dikulit.

  1. Cacar air dan herpes zozter

Cacar air dan herpes zozter disebabkan oleh virus yang sama yaitu varicella zoster virus (VZV). Virus ini dapat langsung menyebabkan penyakit atau dapat menetap selama beberapa tahun, baru kemudian menimbulkan penyakit.

  1. Hepatitis

Hepatitis (pembengkakan hati) disebabkan oleh virus hepatitis. Beberapa hepatitis yang telah dikenali adalah virus hepatitis A, B, C, D dan E. Gejala umumnya adalah demam, mual dan muntah, serta perubahan warna kulit dan selaput lendir terlihat kuning.

  1. Polio

Polio (poliomyelitis ) disebabkan oleh virus polio. Serangan virus polio menyebabkan lumpuh jika virus menginfeksi selaput otak (meninges) dan sumsum tulang belakang. Penyakit ini mudah berjangkit dilingkungan dengan sanitasi yang buruk, melalui peralatan makan, bahkan melalui ludah.

  1. Gondong

Penyakit gondong disebabkan oleh golongan paramyxovirus. Virus ini hanya memiliki RNA. Paramyxovirus dapat tumbuh dijaringan otak, selaput otak, pankreas, testis, glandula parotid dan kadang hati.

  1. AIDS

AIDS (acquired immunodeficiency synddrome) adalah penurunan sistem kekebalan tubuh yang disebabkan oleh HIV (human immunodeficiency virus). HIV adalah golongan retrovirus yang mempunyai 2 molekul RNA. Virus tersebut diduga kuat berasal dari virus kera Afrika yang telah mengalami mutasi.

Struktur HIV
Struktur HIV
  1. Ebola

Virus ebola dapat hidup diatmosfer selama beberapa menit, kemudian akan mati oleh sinar ultraviolet. Saat ini, virus ebola merupakan virus yang paling mematikan. Virus ebola merusak jaringan dan sel tubuh dan menyebabkan kematian dalam jangka waktu kurang dari dua minggu.

  1. Herpes simpleks

Penyakit ini disebabkan oleh virus anggota famili Herpesviridae, yang menyerang kulit dan selaput lendir. Virus herpes simpleks dapat menyerang bayi, anak-anak dan orang dewasa. Penyakit ini biasanya mengenai mata, bibir, mulut, kulit, alat kelamin dan kadang-kadang otak.

  1. Rabies

Penyakit ini disebabkan oleh virus rabies. Rabies sebenarnya merupakan penyakit yang menyerang hewan, misalnya anjing, kucing dan kalelawar pengisap darah. Hewan yang terken a rabies menunjukkan prilaku agresif atau  kelumpuhan.

  1. SARS

(severe acute respiratory syndrome) disebabkan oleh coronavirus yang mengakibatkan penderita mengalami gejala seperti penderita pneumonia sehingga SARS disebut juga CVP (caronavirus pneumonia).

Terimakasih, semoga artikel ini bermanfaat.

Baca juga : Jenis Bakteri Berdasarkan Jumlah dan Letak Flagella serta Cara Hidupnya

http://dosenbiologi.co.id/jenis-bakteri-be…ta-cara-hidupnya/ ‎