Keunggulan dan Kekurangan WA Web App untuk PC dan Smartphone

Diposting pada

Bagi para pengguna setia WhatsApp, ada salah satu fitur dari WhatsApp yang sangat berguna untuk dipahami, yaitu WA Web. Fitur ini akan lebih bermanfaat jika Anda menggunakan WhatsApp untuk berbisnis atau bekerja. Anda perlu mengetahui kelebihan serta kekurangan fitur ini sebelum memakainya,

wa-web

Dibandingkan dengan WhatsApp, Telegram menawarkan fitur yang lebih sederhana yaitu bisa menggunakan 1 akun di banyak perangkat sekaligus. Tetapi Telegram tidak mempunyai fitur-fitur penting yang bisa digunakan oleh para pelaku usaha untuk menjalankan usaha.

Kemudahan Berbisnis Berkat Berbagai Kelebihan WhatsApp Web

WhatsApp Web sudah sangat banyak digunakan karena sangat memudahkan para penggunanya dalam bekerja dan berbisnis. Para karyawan misalnya, yang menggunakan komputer untuk bekerja bisa menggunakan WhatsApp Web sehingga tidak perlu beralih ke smartphone untuk membalas pesan WA.

Apalagi kelebihan yang ditawarkan oleh WhatsApp Web untuk para pekerja dan pebisnis? Berikut beberapa contoh keunggulan yang dimiliki oleh WhatsApp Web:

  1. Meningkatkan produktivitas dalam bekerja

Bisnis apapun akan berjalan lebih lancar jika dipantau melalui komputer maupun laptop. Dengan bantuan WhatsApp Web, para pekerja bisa membalas seluruh pertanyaan yang masuk dengan lebih cepat. Mengetik pesan balasan untuk pelanggan menggunakan PC jauh lebih efisien daripada smartphone.

  1. Mempersingkat pekerjaan para pebisnis

Memberikan penjelasan tentang produk, menawarkan promosi, menjawab keluhan pelanggan dan berbagai pertanyaan calon pelanggan baru akan jauh lebih mudah dengan bantuan whatsapp web login. Anda tinggal mempersiapkan draft untuk berbagai keperluan pelanggan.

Baca Juga  5 Hal Penting Ketika Menggunakan Jasa Pembuatan Website eCommerce

Saat dibutuhkan, Anda hanya perlu mengambil dari draft yang sudah disiapkan di PC dan langsung dikirimkan ke pelanggan yang membutuhkan. Hal ini akan menyingkat waktu tanpa perlu mengetik berulang-ulang.

  1. Mempermudah pengiriman file dalam berbisnis

WhatsApp seringkali dibutuhkan oleh para penjual online untuk membagikan berbagai jenis file baik dokumen maupun foto produk. Pengiriman foto dan file apapun akan lebih mudah dan cepat dilakukan dengan download whatsapp web.

Mempermudah-pengiriman-file-dalam-berbisnis

Anda bisa membuat berbagai folder sesuai kebutuhan, yang berisi berbagai jenis file atau foto untuk keperluan bisnis. Saat pelanggan membutuhkan foto tertentu, Anda tinggal drag and drop dari file yang sudah dipersiapkan tanpa perlu mencari-cari di tumpukan foto dalam smartphone.

  1. Sangat ringan untuk digunakan di komputer

Ada 2 versi WhatsApp Web yang bisa Anda gunakan. Yang pertama adalah menggunakan aplikasi WhatsApp untuk PC yang memang dirancang oleh WhatsApp resmi untuk bisa digunakan di PC dengan sistem operasi Mac maupun Windows.

Versi kedua adalah versi web browser yang jauh lebih ringan karena Anda tidak perlu mengunduh software WhatsApp untuk menggunakannya. Anda hanya perlu membuka web browser dan membuka halaman web.whatsapp.com untuk menghubungkan WhatsApp web dengan WA smartphone.

  1. Tidak perlu login di PC berulang kali

Saat pertama kalinya menggunakan WhatsApp Web, pastikan Anda mengaktifkan pilihan keep me sign in. Fitur ini akan menjaga WhatsApp Web Anda dalam kondisi log in sehingga setelah PC dimatikan, WhatsApp Web tidak akan log out dan Anda tidak perlu mengulang proses log in WhatsApp Web lagi.

Hal yang sama juga berlaku pada smartphone Anda. Fitur keep me sign in pada WhatsApp Web akan menampilkan halaman utama berisi daftar pesan dari aplikasi WhatsApp smartphone meskipun Anda telah merestart smartphone Anda.

Baca Juga  Biografi Soekarno: Sang Proklamator & Pahlawan Bangsa

 

Kekurangan WA Web yang Perlu Anda Ketahui

Meskipun mempunyai berbagai kelebihan atau keunggulan, WhatsApp Web juga memiliki beberapa kekurangan. Dibandingkan dengan Telegram yang bisa menggunakan 1 akun di beberapa device berbeda, 1 akun WhatsApp hanya bisa digunakan di 1 WhatsApp Web saja.

Jika Anda membuka WhatsApp Web lain dengan akun yang sama, WhatsApp Web yang sebelumnya Anda buka akan otomatis logout atau keluar. Selain itu, ada beberapa kekurangan lain yang perlu Anda ketahui sebelum menggunakan fitur WhatsApp Web ini.

  1. WhatsApp Web sangat bergantung dengan smartphone

Meskipun smartphone Anda dalam kondisi mati, akun Telegram di PC tetap bisa digunakan untuk berkirim pesan dan file. Sayangnya, WhatsApp Web di PC tidak akan bisa beroperasi jika WhatsApp di smartphone Anda dalam kondisi mati atau tidak mendapatkan koneksi internet.

Anda harus memastikan bahwa smartphone iOS maupun Android selalu mendapatkan sinyal yang kuat dan selalu aktif agar WhatsApp yang Anda jalankan di PC bisa tetap digunakan.

  1. Tidak mampu meningkatkan kinerja smartphone

Aplikasi Telegram bisa digunakan langsung di PC tanpa mempengaruhi smartphone Anda karena Anda tidak perlu menjalankan app Telegram di smartphone. Sayangnya, WhatsApp Web seringkali tidak bisa digunakan jika aplikasi WhatsApp di smartphone tidak dibuka.

Tidak-mampu-meningkatkan-kinerja-smartphone

Hal ini tentu membuat kinerja smartphone terganggu. Aplikasi WhatsApp yang terus menerus terbuka akan menghabiskan baterai smartphone.

 

Mengakses WhatsApp Web di Smartphone Lain

Selama ini, WhatsApp Web hanya bisa digunakan di PC dengan bantuan aplikasi WhatsApp Web resmi buatan WhatsApp maupun situs web WhatsApp Web yang bisa Anda buka dari berbagai web browser kesukaan Anda. Sekarang, Anda bisa menjalankan WhatsApp dari smartphone lain.

Ada berbagai aplikasi WhatsApp yang bisa Anda gunakan untuk membuka 1 akun WhatsApp di 2 perangkat yang berbeda. Berikut ini adalah beberapa contoh aplikasi yang bisa Anda gunakan di smartphone kedua.

  1. Whats Web

Aplikasi android buatan ITamazons ini berukuran 8,9 MB saja, sehingga tidak akan membebani smartphone kedua yang akan Anda gunakan untuk menjalankan WhatsApp Web. Ada beberapa fitur menarik yang bisa Anda temukan dari aplikasi ini.

Baca Juga  Cara Melacak HP Hilang Yang WORK! Update

Misalnya, ada fitur Whats cleaner untuk membersihkan media yang terkirim maupun yang Anda terima dari pengguna WhatsApp lain. Ada pula fitur Status Saver yang bisa Anda gunakan untuk menyimpan status yang dibagikan oleh kontak Anda.

Untuk bisa menggunakan aplikasi ini, diperlukan Android dengan versi minimal 4.2. Jika smartphone Android Anda mempunyai versi yang lebih rendah, Anda perlu mencari aplikasi lain yang serupa.

  1. Whats Web Scanner

Aplikasi berukuran 14,9 MB ini bisa diunduh dari App Store dan digunakan di iPhone maupun iPod touch dengan sistem operasi minimal iOS 8.0 atau versi yang lebih tinggi. Dengan aplikasi ini, Anda bisa menjalankan 2 nomor WhatsApp di 1 perangkat iPhone atau Android yang Anda gunakan.

Atau Anda bisa menjalankan 1 akun WhatsApp yang sama di 2 perangkat iPhone maupun Android yang berbeda. Seperti halnya menjalankan WhatsApp Web di PC, Anda tinggal memindai kode QR yang ditampilkan oleh aplikasi  Whats Web Scanner pada aplikasi WhatsApp asli yang Anda miliki.

Masih ada banyak aplikasi lain yang memungkinkan Anda membuka WA Web di smartphone kedua. Sebagian besar aplikasi tersebut hadir dengan iklan yang tentunya akan mengganggu penggunaan WhatsApp Web. Dapatkan versi pro untuk menggunakan WhatsApp Web dengan nyaman tanpa iklan.

 

Lihat Juga :

 

Sumber :