7 Faktor Eksternal yang Mempengaruhi Pertumbuhan dan Perkembangan

Diposting pada
7 Faktor Eksternal yang Mempengaruhi Pertumbuhan dan Perkembangan
Rate this post

Ada beberapa faktor yang mempengaruhi tumbuhan selama proses pertumbuhan dan perkembangan nya. Faktor tersebut dapat dikelompokkan menjadi dua yaitu faktor luar (eksternal) dan faktor dalam (internal). Dalam artikel ini akan membahas lebih rinci faktor luaar yang memperngaruhi pertumbuhan dan perkembangan.

  1. Faktor luar (eksternal)

Faktor luar meliputi pengaruh yang berasal dari lingkungan contohnya :

  1. Air

Air merupakan kebutuhan yang sangat vital bagi tumbuhan. Air diperlukan tumbuhan sebagai media berlangsung nya reaksi kimia di dalam sel, komponen dasar pembentukan zat makanan dan membantu mengedarkan zat makanan ke seluruh bagian tubuh. Tumbuhan yang kekurangan air akan menjadi layu, warna hijau berubah menjadi kuning, kering dan pada akhirnya mati.

  1. Oksigen

Oksigen dibutuhkan tumbuhan untuk menghasilkan energy. Dalam hal ini oksigen digunakan untuk memecah zat – zat makanan yang mereka buat sehingga menghasilkan senyawa sederhana dan sejumlah energi. Pemecahan zat makanan dengan menggunakan oksigen yang demikian disebut proses respirasi seluler. Selanjutnya, energy yang di hasilkan tumbuhan digunakan untuk berbagai kegiatan hidupnya, antara lain tumbuh.

  1. Karbon Dioksida

Seperti air, karbondioksida dibutuhkan untuk proses pembentukan zat makanan melalui proses fotosintesis. Kekurangan suplai karbon dioksida juga akan menyebabkan pembentukan makanan menjadi berkurang.

  1. Suhu

Suhu yang dibutuhkan tumbuhan selama pertumbuhan dan perkembanganya berbeda-beda, bergantung pada jenis tumbuhan dan tempat hidupnya. Namun, secara umum pertumbuhan dan perkembangan tumbuhan biasa berlangsung pada suhu 4-45 derajat C dan optimum kisaran 28 – 33 derajat C. suhu optimum dibutuhkan tumbuhan karena aktifitas pertumbuhan merupakan peristiwa enzimatis yang membutuhkan bantuan enzim. Enzim tidak dapat bekerja pada suhu yang terlalu rendah atau terlalu tinggi.

  1. Cahaya
Baca Juga  Mengenal Organ Pada Tumbuh-Tumbuhan

Cahaya dibutuhkan tumbuhan agar dapat melakukan fotosintesis. Tumbuhan yang dipelihara dalam ruangan gelap atau memperoleh cahay redup akan menghasilkan batang yang tumbuh panjang tetapi dalam kondisi lemah, daun berukuran kecil, dan tumbuhan tampak berwarna pucat.

  1. Unsur hara dalam tanah

Tumbuhan membutuhkan berbagai unsur hara yang tersimpan di dalam tanah. Semua unsur hara tersebut digunakan sebagai komponen penyusun zat organic di dalam sel.

  1. Polutan

Beragam jenis polutan dapat menghambat pertumbuhan. Polutan berupa gas-gas beracun (seperti karbon monoksida, belerang dioksida, hydrogen fluoride, hydrogen sulfida) dapat menghambat pertumbuhan, bahkan kematian tumbuhan.

Terimakasih, semoga artikel ini bermanfaat.

Baca juga : Proses Pertumbuhan dan Perkembangan serta Penjelasannya

http://dosenbiologi.co.id/proses-pertumbuh…dan-perkembangan/