8 Fungsi Khusus Akar Terlengkap

Diposting pada
8 Fungsi Khusus Akar Terlengkap
Rate this post

Pada umum nya akar tumbuh di dalam tanah dan menuju ke pusat bumi. Dalam kondisi tertentu sebagai bentuk adaptasinya terhadap lingkungan, beberapa jenis tumbuhan memiliki akar-akar yang memiliki sifat dan tugas khusus misalnya akar udara, akar penggerek, akar pelekat, akar pembelit, akar napas, akar tunjang, akar lutut, akar banir. Dalam artikel ini akan membahas 8 fungsi khusus akar secara lengkap.

  1. Akar Udara ( radix aereus )

Akar udara disebut juga akar gantung, yang keluar dari bagian-bagian di atas tanah. Biasanya menggantung ke udara dan tumbuh di atas tanah, bergantung pada tinggi nya tempat permukaan keluarnya akar gantung dapat mencapai panjang sampai 30 m. selama masih menggantung akar ini hanya dapat menolong menyerap air dan zat gas dari udara, dan seringkali mempunyai jaringan khusus untuk menimbun udara dan air setelah mencapai tanah.

Bila telah menembus tanah akar udara akan bersifat akar biasa, yang menyerap air dan zat makanan dari tanah. Bagian yang ada di atas tanah seringkali berubah menjadi batang. Akar gantung dapat ditemukan pada anggrek kalajengking dan beringin.

  1. Akar Penggerek ( Haustorium )

Akar penggerek di sebut juga akar pengisap. Akar ini merupakan akar-akar yang terdapat pada tumbuhan yang hidup sebagai parasit. Akar ini berfungsi untuk menyerap air atau makanan dari inangnya. Akar penggerek dapat ditemukan pada benalu ( Loranthus ), yang berupa akar penggerek yang menembus kulit batang inang sampai ke bagian kayu.

  1. Akar pelekat ( radix adligans )

Merupakan akar-akar yang keluar dari buku-buku batang tumbuhan memanjat. Akar pelekat berfungsi untuk menempel pada penunjangnya saja, misalnya pada lada ( piper ningrum ), sirih ( piper betle ) dan arisema ( arisema sp )

  1. Akar Pembelit ( Cirrhus Radicalis )
Baca Juga  Daun - Penjelasan Upih Daun, Tangkai daun dan Helaian daun Terlengkap

Akar pembelit berfungsi untuk memanjat, tetapi tanpa memeluk penunjangnya. Contoh akar pembelit dapat ditemukan pada vanili ( vanilla planifolia ).

  1. Akar napas ( Pneumathopora )

Struktur ini memiliki cabang-cabang akar yang tumbuh tegak lurus ke atas hingga muncul dari permukaan tanah atau air tempat tumbuhnya tumbuhan. Akar ini mempunyai banyak liang-liang atau celah-celah ( pneumatophora ) untuk masuknya udara yang diperlukan dalam pernapasan. Tumbuhan yang memiliki akar seperti biasanya hidup ditempat-tempat yang di dalam tanah nya sangat kekurangan oksigen, misalnya pada pohon-pohon perepat (sonneratia sp ) dan kayu api ( avicennia sp )

  1. Akar Tunjang

Akar tunjung tumbuh dari bagian bawah batang ke segala arah dan seakan-akan menunjang batang ini jangan sampai rebah. Tumbuhan yang mempunyai akar tunjang adalah tumbuhan yang hidup didaerah pasang surut. Batang beserta akar-akar tunjang ini memberikan kesan seperti orang naik di atas engrang, sehingga disebut juga akar engrang. Contoh akar tunjang dapat ditemukan pada pohon bakau.

  1. Akar Lutut

Akar ini lebih tepat jika dikatakan bagian akar yang tumbuh ke atas kemudian membengkok lagi masuk ke dalam tanah, sehingga membentuk gambaran seperti lutut yang dibengkokkan. Sama seperti akar napas, akar ini berguna pula untuk kepentingan pernapasan pada tumbuhan yang hidup di daerah pasang surut. Akar lutut yang berfungsi untuk membantu pernafasan tumbuhan dapat ditemukan pada pohon tanjang.

  1. Akar Banir

Struktur akar ini berbentuk seperti papan-papan yang diletakkan miring untuk memperkokoh berdirinya batang pohon yang tinggi besar, misalnya pada sukun, kenari dan sebagainya.

 

Terimakasih, semoga artikel ini bermanfaat.

 

http://dosenbiologi.co.id/morfologi-akar-radix-lengkap/