Arah Tumbuh Batang Secara Lengkap

Diposting pada
Arah Tumbuh Batang Secara Lengkap
Rate this post

Arah Tumbuh Batang

Arah Tumbuh Batang Pada Tumbuhan
Arah Tumbuh Batang Pada Tumbuhan

Walaupun batang umumnya tumbuh ke arah cahaya, menjauhi tanah dan air, tetapi arahnya dapat memperlihatkan beberapa vairiasi, sehingga arah tumbuh batang dibedakan menjadi :

  1. Tegak lurus (erectus), yaitu jika arahnya lurus ke atas. Batang tegak lurus biasanya tidak bercabang, misalnya papaya  Carica papaya), kelapa (Cocus nucifera) dan beberapa jenis cemara.
  2. Menggantung (dependens, pendulus). Batang seperti ini hanya dimiliki oleh tumbuh-tumbuhan yang hidupnya di lereng-lereng atau tepi jurang, misalnya Zebrina pendula atau tumbuh-tumbuhan yang hidup di atas pohon sebagai epifit misalnya jenis anggrek (Orchidaceae)
  3. Berbaring (humifusus). Batang ini terletak pada permukaan tanah, hanya ujung nya saja yang sedikit membengkok ke atas misalnya pada semangka (Citrillus vulgaris). Kadang-kadang batang berbaring diberikan penunjang dari kayu, kawat, atau besi agar bisa tumbuh ke atas.
  4. Menjalar atau merayap (repens). Batang menjalar hampir sama dengan batang berbaring. Yang membedakan terletak dari buku-bukunya yang mengeluarkan akar, sehingga dapat tumbuh menjadi tunas. Batang menjalar dapat di temukan pada kangkung ( Ipomoea crassicaulis ), ubi jalar dan sebagainya.
  5. Serong keatas atau condong ( ascendens ), pangkal batang seperti hendak berbaring, tetapi bagian lainnya lalu membelok ke atas , misalnya kacang tanah ( Acharis hypogae )
  6. Mengangguk ( Nutans ), batang ini tumbuh tegak lurus ke atas, tetapi ujung nya lalu membengkok kembali ke bawah seperti mengangguk. Contoh batang mengangguk pada bunga matahari ( Helianthus annuus ).
  7. Memanjat ( Scandens ), yaitu jika batang tumbuh ke atas dengan menggunakan penunjang. Penunjang dapat berupa benda mati atapun tumbuhan lain, dan pada waktu naik ke atas batang menggunakan alat-alat khusus untuk “berpegangan” pada penunjang nya ini, misalnya dengan akar pelekat, contohnya pada sirih ( Piper betle ).
Baca Juga  Mengenal Daun Tunggal ( Folium Simplex )

Selain dengan akar pelekat, batang memanjat juga dapat melalui akar pembelit seperti pada vanili ( Vanilla sp ). Selain dengan akar pelekat dan pembelit, tumbuhan juga dapat memanjat dengan cabang pembelit ( sulur dahan ), misalnya anggur ( Vitis vinifera ) dan sebagainya.

  1. Membelit ( volubilis ). Berbeda dengan batang memanjat yang menggunakan alat bantu untuk naik ke atas, batang membelit tidak menggunakan alat bantu, tetapi batang tumbuhan itu lah yang membelit. Dengan kata lain batang nya sendiri naik dengan melilit penunjangnya. Arah melilit terbagi dua, yaitu ke kiri dan ke kanan. Membelit ke kiri ( sinistrorsum volubilis ), jika di lihat dari atas arah belitan berlawanan dengan arah putaran jarum jam. Contohnya pada kembang sungsang ( Gloriosa superba ). Batang membelit ke kanan ( dextrorsum volubilis ) jika arah belitan sama dengan arah gerakan jarum jam, sehingga penunjang akan selalu di sebelah kanan yang melihat. Batang tumbuhan yang membelit ke kanan tidak banyak ditemukan, contohnya pada gadung ( Dioscorea hispida ).

 

Terimakasih, semoga artikel ini bermanfaat.

baca juga : Mengenal Bentuk dan 10 Macam Bentuk Batang

http://dosenbiologi.co.id/mengenal-bentuk-…permukaan-batang/