Buah Sejati dan Buah Semu Pada Tumbuhan

Diposting pada
Buah Sejati dan Buah Semu Pada Tumbuhan
2.7 (53.33%) 3 votes

Umumnya, buah terbentuk dari bakal buah. Didalam bakal buah terdapat daun-daun buah, yang akan berkembang menjadi buah. Buah seperti ini disebut buah sejati, yaitu buah yang sesungguhnya, contohnya mangga, jeruk,apel, papaya, durian dan sebagainya.

Pada beberapa tumbuhan, buah yang terbentuk bukan berasal dari bakal buah, buah berasal dari bagian-bagian bunga lainnya yang membesar membentuk struktur seperti buah. Buah seperti ini dinamakan buah palsu atau buah semu, yang dikomsumsi sebagai buah-buahan. Contohnya adalah nangka, cempedak, jambu mede dan sebagainya.

Pada artikel sebelumnya telah menjelaskan tentang morfologi buah dan struktur buah, artikel ini akan menjelas kan lebih detail tentang jenis-jenis buah secara lengkap.

  1. Buah sejati

    Buah sejati

    Buah sejati

Berdasarkan jumlah bakal buah pembentukannya,  buah sejati di bedakan menjadi tiga golongan, yaitu buah sejati tunggal, buah sejati ganda, dan buah sejati majemuk. Buah sejati tunggal merupakan buah sejati yang berasal dari satu bunga dengan satu bakal buah saja. Dalam satu bakal buah tersebut terdapat satu daun buah atau lebih, dengan satu atau beberapa ruangan.

Buah sejati tunggal adalah buah mangga, yang terdiri dari satu ruang dan satu biji. Contoh lainnya adalah buah papaya, yang memiliki beberapa daun buah, dengan satu ruangan dan banyak biji. Selain mangga dan papaya, ada juga buah durian, dengan beberapa daun buah dan beberapa ruangan. Dalam setiap ruangan terdapat beberapa biji.

Buah sejati tunggal dapat dibedakan menjadi buah sejati tunggal yang kering dan buah sejati tunggal yang berdaging. Buah sejati tunggal yang kering adalah buah yang bagian luarnya keras dan mengayu. Sedangkan buah sejati tunggal yang berdaging adalah buah yang dinding buahnya menjadi tebal dan berdaging.

  1. Buah Semu

Buah semu
Buah semu

Jika buah sejati berasal dari daun buah pembentuk buah, maka buah semu tidak berasal hanya dari bakal buah tersebut saja, tetapi ada bagian-bagian bunga lainnya yang turut berkembang. Bunga semu dapat dibedakan menjadi buah semu tunggal, buah semu ganda dan buah semu majemuk.

Pada buah semu tunggal, buah berkembang dari satu bunga dengan satu bakal buah. Selain bakal buah, ada bagian lain yang membentuk buah tangkai bunga nya yang juga ikut berkembang. Buah semu tunggal dapat ditemukan pada buah jambu mede, dan sebagainya. Bagian yang membengkak yang menyerupai struktur buah adalah tangkai bunga tersebut adalah buah.

Pada buah semu ganda, pada satu bunga terdapat lebih dari satu bakal buah yang bebas yang masing-masing tumbuh menjadi buah. Sedangkan buah semu majemuk berasal dari bunga majemuk, tetapi terlihat hanya satu buah saja, seperti pada nangka dan beringin.

Terimakasih, semoga artikel ini bermanfaat.

Baca juga : Morfologi Buah (Fruktus) Lengkap

http://dosenbiologi.co.id/morfologi-buah-fruktus-lengkap/ ‎

Baca Juga  Mengenal Bagian-Bagian Daun Terlengkap