Daun – Penjelasan Upih Daun, Tangkai daun dan Helaian daun Terlengkap

Diposting pada
Daun – Penjelasan Upih Daun, Tangkai daun dan Helaian daun Terlengkap
Rate this post

Daun merupakan suatu bagian tumbuhan yang penting dan pada umumnya tiap tumbuhan mempunyai sejumlah daun. Alat ini hanya terdapat ada batang saja dan tidak pernah terdapat pada bagian lain tubuh tumbuhan. Lebih jelasnya mari simak penjelasan berikut ini.

Bagian-Bagian Daun
Bagian-Bagian Daun
  1. Upih Daun ( Vagina)

Daun yang berupih umumnya hanya di dapati pada tumbuhan yang tergolong dalam tumbuhan yang berbiji tunggal saja. Upih daun selain merupakan bagian daun yang melekat atau memeluk batang, juga mempunyai fungsi lain :

  • Sebagai pelindung kuncup yang masih muda. Seperti pada tanaman tebu
  • Memberi kekuatan pada batang tanaman. Dalam hal ini upih daun-daun semua nya membungkus batang, sehingga batang tidak tampak, bahkan yang tampak sebagai batang dari luar adalah upih-upihnya tadi. Hal ini mungkin terjadi apabila upih daun amat besar seperti misalnya pada pisang. Batang yang tampak pada pohon pisang sebenarnya bukan batang melainkan batang semu.

 

 

 

 

  1. Tangkai Daun (Petiolus)

Tangkai daun merupakan bagian daun yang mendukung helaiannya dan bertugas untuk menempatkan helaian daun tadi pada posisi sedemikian rupa, hingga  dapat memperoleh cahaya matahari yang sebanyak-banyaknya.

Bentuk dan ukuran tangkai daun amat berbeda-beda menurut jenisnya tumbuhan, bahkan pada satu tumbuhan ukuran dan bentuknya dapat berbeda. Umumnya tangkai daun berbentuk silinder dengan sisi atas agak pipih dan menebal pada pangkalnya. Jika dilihat pada penampang melintangnya, dapat dijumpai kemungkinan tangkai daun berbentuk bulat dan berongga seperti pada daun pepaya, pipih dan tepi nya melebar seperti pada jeruk, setengah lingkaran seperti pada tangkai daun pisang.

Baca Juga  Mengenal Lebih dalam Tumbuhan Paku Terlengkap

Jika ditinjau dari keadaaan permukaannya, tangkai daun dapat memperlihatkan ada nya kerutan-kerutan, sisik-sisik, rambut-rambut, lentisel dll. Tangkai daun dapat mengalami pergantian bentuk (metamorfosis) menjadi semacam helaian daun yang dinamakan filodia.

  1. Helaian Daun (Lamina)

Tumbuhan yang demikian banyak macam dan ragam nya mempunyai daun yang helaian nya berbeda-beda pula. Baik mengenai bentuk, ukuran maupun warna nya. Tidak mudah untuk menemukan dua jenis tumbuhan yang helaian daunnya persis bentuk dan warna nya. Oleh karena itu, walaupun tidak besar nilainnya, terutama dalam hal yang meragukan sering orang membandingkan bentuk helaian daun untuk memperoleh kepastian mengenai jenis tumbuhan yang dihadapi untuk dikenal. Karena helaian daun merupakan bagian daun yang terpenting dan lekas menarik perhatian, maka suatu sifat yang sesungguhnya hanya berlaku untuk helaiannya, disebut pula sebagai sifat daunnya.

Terimakasih, semoga artikel ini bermanfaat

Baca juga : Penjelasan Parenkim dan Kolenkim Terlengkap

http://dosenbiologi.co.id/penjelasan-paren…enkim-terlengkap/ ‎