Definisi penilaian: tujuan, fungsi, jenis dan tingkatan

Diposting pada

Definisi evaluasi
Buka baca cepat

Assessment atau evaluasi adalah proses identifikasi yang mengukur atau mengevaluasi apakah suatu kegiatan atau program telah dilaksanakan sesuai dengan rencana atau tujuan untuk mencapainya.

Di bidang individu, kelompok atau lingkungan kerja, sangat diperlukan pengkajian di berbagai bidang kehidupan manusia guna meningkatkan efektivitas dan produktivitas.

Definisi-penilaian-tujuan-fungsi-jenis-dan-tingkatan

Berikut beberapa informasi yang akan Anda peroleh dari proses evaluasi:

Tingkat kemajuan aktivitas.
Tingkat kinerja kegiatan sesuai dengan tujuannya.
Apa yang harus dilakukan di masa depan.

Definisi penilaian menurut para ahli

Untuk lebih memahami apa itu rating, Anda bisa merujuk pada pendapat para ahli di bawah ini.
1. Menurut Anne Anastasi

Asesmen atau asesmen adalah proses sistematis untuk menentukan sejauh mana seseorang mencapai tujuan pengajaran. Evaluasi ini juga merupakan kegiatan mengevaluasi sesuatu secara terencana, sistematis, dan terarah dengan tujuan yang jelas.

2. Menurut Sajekti Rusi

Scoring, atau scoring, adalah proses mengevaluasi sesuatu yang mencakup penjelasan tentang perilaku siswa, baik secara kuantitatif (pengukuran) maupun kualitatif (evaluasi).
Baca selengkapnya

3. Menurut Suharsimi Arikunto

Asesmen atau evaluasi merupakan rangkaian kegiatan yang digunakan untuk mengukur tingkat keberhasilan suatu program pendidikan.
4. Menurut A.D. Rooijakkers

Penilaian atau evaluasi merupakan upaya atau proses untuk menentukan suatu nilai. Secara khusus asesmen atau evaluasi juga dapat diartikan sebagai proses penentuan nilai yang didasarkan pada data kuantitatif hasil pengukuran untuk pengambilan keputusan.

5. Setelah Norman E. Gronlund

Asesmen atau asesmen adalah proses sistematis yang memungkinkan siswa untuk menentukan atau menentukan seberapa baik mereka telah mencapai tujuan pengajarannya
6. Menurut Abdul Basir

Asesmen atau asesmen mengumpulkan data deskriptif, informatif, dan prediktif yang dilakukan secara sistematis dan bertahap untuk menentukan strategi peningkatan pendidikan.
7. Setelah William A. Mehrens dan Irlin J. Lehmann

Penilaian, atau evaluasi, adalah proses perencanaan, memperoleh, dan memberikan informasi yang diperlukan untuk membuat keputusan alternatif.
Tujuan evaluasi

Asesmen tidak bisa dilakukan tanpa tujuan, namun ada beberapa hal yang bisa Anda capai melalui kegiatan ini. Tujuan evaluasi secara khusus adalah:

Seberapa baik Anda dapat mempelajari tingkat keterampilan dari suatu keterampilan tertentu?
Kemampuan untuk menemukan kesulitan yang dialami seseorang dalam suatu kegiatan sehingga mereka dapat membuat diagnosis dan mungkin memberikan instruksi perbaikan.
Dapat menentukan derajat efisiensi dan efektifitas metode, media dan sumber daya lain dalam melaksanakan suatu kegiatan.
Ini dapat digunakan sebagai referensi untuk keputusan penilai di masa mendatang sebagai umpan balik dan informasi penting untuk mengoreksi kesalahan.

Tujuan evaluasi dikemukakan oleh para ahli dari beberapa sumber. Berikut tujuan evaluasi dari berbagai sumber.

Suprihanto

Menurut Suprihanto, organisasi memiliki tiga tujuan evaluasi:

Sebagai alat untuk meningkatkan dan merencanakan kegiatan.
Meningkatkan penggunaan dan penyediaan berbagai sumber daya, sumber pendanaan, dan kendali di masa depan.
Perbaiki proses implementasi dan semua faktor yang mempengaruhi.
Mendesain ulang program dengan mengontrol hubungannya dengan perubahan yang dilakukan pada program sebelumnya.
Ukur kemajuan yang direncanakan.

Baca lebih lanjut: vena

Terry

Terry menjelaskan tujuan dari penilaian manajemen organisasi sebagai berikut:

Sebagai alat untuk memperbaiki pedoman kegiatan dan rencana yang ada.
Tingkatkan alokasi sumber daya.
Kelola dan tingkatkan aktivitas yang sedang berlangsung.
Penjadwalan ulang program yang lebih baik.

Arikunto

Menurut Alicunt, evaluasi memiliki dua tujuan. Tujuan umum fokus pada keseluruhan program. Fokus yang ditargetkan pada setiap komponen manajemen organisasi.

Ada empat pedoman yang dapat diterapkan berdasarkan hasil penilaian:

Penghentian program karena program tidak berjalan dengan baik atau tidak sesuai dengan rencana semula.
Jika ada yang tidak berjalan sesuai rencana, ubah program.
Jika program berjalan sesuai rencana dan menghasilkan keuntungan, lanjutkan.
Program sebelumnya dianggap berhasil, jadi saya menjalankan program di tempat yang berbeda dan mengulanginya pada waktu yang berbeda untuk menggandakan program.

Fungsi evaluasi

Penilaian

 

Lihat Juga :

https://laelitm.com/gb-whatsapp/
https://inibiodata.com/gb-whatsapp/
https://4winmobile.com/gb-whatsapp/
https://ekosistem.co.id/gb-whatsapp-pro-apk/
https://laelitm.com/video-bokeh-museum/
https://inibiodata.com/video-bokeh-museum/
https://ekosistem.co.id/video-bokeh-museum/
https://4winmobile.com/video-bokeh-museum/
https://bpm.uai.ac.id/gb-whatsapp/
http://pgpaud.fip.unp.ac.id/gb-whatsapp-pro-2021/