Kelas Pisces serta Klasifikasi nya dengan Lengkap

Diposting pada
Kelas Pisces serta Klasifikasi nya dengan Lengkap
Rate this post

Sebelum nya sudah tau tentang subfillum vertebrata bukan ? Jadi di subfilum Vertebrata itu sendiri mempunyai lima kelas yaitu Pisces, Amphibia, Reptilia, Aves dan Mammalia. Sebelum nya sudah di singguh sedikit tentang ke lima kelas tersebut, Nah sekarang kita akan membahas salah satu kelas tersebut dengan lebih rinci lagi. Kelas yang akan kita bahas adalah Kelas Pisces (ikan). Yukkk di simak…

  1. Kelas Pisces

Pisces (ikan) hidup di air. Pisces disebut hewan poikiloterm karena suhu tubuh tidak tetap (berdarah dingin), yaitu terpengaruh suhu di sekelilingnya. Tubuh terbagi atas kepala dan badan, atau kepala, badan dan ekor. Kulit terdiri atas dermis dan epidermis, pada umumnya bersisik dan berlendir. Ada empat macam sisik, yaitu sikloid, stenoid, plakoid dan ganoid.

Sisik Pada Ikan
Sisik Pada Ikan

Disepanjang sisi tubuh terdapat titik perasa yang disebut gurat sisi, berfungsi untuk mengetahui arus dan tekanan dalam air.  Endoskeleton terdiri atas tulang rawan atau tulang sejati. Mempunyai ruas tulang belakang. Mempunyai sepasang rahang, kecuali Agnatha.

  1. Sistem Organ Pisces

Sistem organ yang mendukung kehidupan ikan adalah :

  1. Sistem Gerak

Alat gerak aktif berupa otot bersegmen yang disebut miotom. Mempunyai sirip untuk berenang. Sirif ekor berfungsi sebagai kemudi. Ada tiga macam sirip ekor yaitu homoserkus, heterosirkus dan difiserkus. Pada sirip juga terdapat rangka dan tulang rawan atau tulang keras yang disebut radialia.

  1. Sistem Pencernaan Makanan

Pencernaan makanan sempurna : makanan dari mulut → faring → esophagus → usus → anus. Memiliki lidah, gigi dan rahang (kecuali pada Agnatha). Mempunyai hati tapi lambung hanya merupakan perbesaran dari usus. Pada usus terdapat katup-katup spiralis.

  1. Sistem Peredaran Darah
Baca Juga  Penjelasan Diatom (Bacillariophyta) Terlengkap

Disebut peredaran darah tertutup. Jantung beruang dua : sebuah serambi dan sebuah bilik. Darah mendapat O2 dalam filament-filamen insang.

  1. Sistem Ekskresi

Memiliki pronefron atau mesonefron atau ginjal. Pada Agnatha tidak ada sistem porta ginjal.

  1. Sistem Indra dan Saraf

Mempunyai lekuk hidung dengan saraf pembau, telinga dalam untuk keseimbangan, dan mata. Memiliki endokrin penghasil hormone.

  1. Sistem Reproduksi

Kelamin terpisah atau hermafrodit. Fertilisasi eksternal atau internal. Hewan betina memiliki sepasang ovarium dan sepasang oviduk, ovipar atau vivipar.

 

  1. Klasifikasi Pisces
  2. Kelas Agnatha (ikan tidak berahang)

Agnatha tidak mempunyai rahang. Mulut berbentuk lingkaran, gigi dari zat tanduk dan mempunyai lidah. Kulit tidak bersisik, rangka dari tulang rawan dan jantung beruang dua. Hidup dilaut, bernapas dengan insang dan parasit pada ikan besar, dapat memakan daging hospesnya hingga tinggal kulit dan tulangnya. Pencernaan makanan berupa pipa lurus, mempunyai anus, tanpa kloaka. Contohnya Ikan hantu (Myxine sp).

  1. Kelas Chondrichythyes (ikan bertulang rawan)

Endoskeleton terbuat dari tulang rawan. Mulut dan lubang hidung terletak dibagian ventral, mempunyai lidah dan rahang. Kulit bersisik plakoid dan berlendir. Jantung beruang dua. Hidup dilaut, bernapas dengan insang. Mempunyai dua pasang sirip dan sirip ekor yang pada umumnya heteroserkus. Terdapat kloaka, tidak ada pneumatosista. Contohnya : Ikan pari macan (Taeniura lymma).

  • Kelas Osteichthyes (ikan bertulang sejati)

Endoskeleton ikan ini terbuat dari tulang keras. Mulut berahang, bergigi dan berlidah. Kulit berlendir, bersisik ganoid, sikloid atau stenoid atau tidak bersisik. Jantung beruang dua, darah berwarna pucat mengandung eritrosit yang berinti dan leukosit. Ikan ini juga mempunyai sistem limfa dan sistem porta renalis. Hidup dilaut, rawa-rawa atau air tawar. Bernapas dengan insang yang memiliki tutup insang (operculum). Contohnya : ikan lele (Ameiurus melas).

Baca Juga  Mengenal Alga Hijau (Chlorophyta) serta Penjelasannya Lengkap

Terimakasih, semoga artikel ini bermanfaat.

Baca juga  : Ciri-Ciri Umum serta Klasifikasi Subfilum Vertebrata Lengkap

http://dosenbiologi.co.id/ciri-ciri-umum-s…brata-terlengkap/ ‎