4 Jenis Daun Majemuk serta Penjelasannya Lengkap

Diposting pada
4 Jenis Daun Majemuk serta Penjelasannya Lengkap
5 (100%) 1 vote

  1. Daun majemuk menyirip ( pinnatus )

Daun majemuk menyirip
Daun majemuk menyirip

Daun mejemuk menyirip memiliki anak-anak daun yang tersusun di kiri dan kanan ibu tangkai ( petiolus communis ). Biasanya daun-daun majemuk menyirip memiliki ukuran anak daun yang kecil. Berdasarkan kedudukan anak daun pada tangkainya, daun majemuk menyirip dibedakan menjadi beberapa kategori, yaitu daun majemuk menyirip beranak daun satu ( unifoliolatus ), daun majemuk menyirip genap ( abrupte pinnatus ) dan daun majemuk menyirip ganjil ( imparipinnatus ).

Pada daun majemuk menyirip beranak daun satu, anak-anak daun tersusun dalam satu barisan yang di batasi oleh suatu persendian ( articulation ). Pada daun majemuk menyirip genap, anak-anak daun tersusun dalam jumlah genap di kiri kanan ibu tangkai daun, sehingga tersusun secara berpasangan. Cirri lain untuk daun majemuk yang memiliki jumlah daun sangat banyak dapat di lihat pada ujung ibu tangkai daun. Bila pada ujung ibu tangkai daun terputus, maka dapat dipastikan bahwa daun tersebut merupakan daun majemuk menyirip genap. Sedangkan daun majemuk menyirip ganjil, anak-anak daun tersusun dalam jumlah ganjil dikanan-kiri ibu tangkai daun, sehingga tersusun tidak berpasangan. Cirri lain untuk jumlah anak-anak daun sangat banyak dan tidak bisa di hitung dapat di lihat pada ujung anak daun, maka dapat dipastikan bahwa daun tersebut merupakan daun majemuk menyirip ganjil. Contohnya pada daun belimbing.

  1. Daun majemuk menjari ( palmatus atau digitatus )

Daun majemuk menjari
Daun majemuk menjari

Pada daun majemuk menjari, yang harus diperhatikan adalah susunan anak-anak daun yang terpencar dari ujung ibu tangkai daun, seperti pada jari-jari tangan.

Baca Juga  Penjelasan Parenkim dan Kolenkim Terlengkap

Daun majemuk menjari dapat di bedakan berdasarkan jumlah anak-anak daunnya. Jika anak daun berjumlah dua, maka daun majemuk ini disebut daun majemuk menjari beranak daun dua ( bifoliolatus ), dimana pada ujung ibu tangkai daun terdapat dua anak daun.

Jika anak daun berjumlah tiga, maka dinamakan daun majemuk menjari beranak daun tiga ( trifoliolotus ), dimana pada ujung ibu tangkai terdapat tiga anak daun. Jika anak daun berjumlah lima disebut ( quinquefoliolatus ), sedangkan jika anak daun berjumlah tujuh di sebut daun majemuk menjari beranak daun tujuh ( septemfoliolatus )

  1. Daun majemuk bangun kaki ( pedatus )

Susunan daun majemuk bangun kaki hampir sama dengan susunan daun majemuk menjari. Perbedaan dapat di lihat pada dua anak daun terakhir, yang biasanya terletak didekat ibu tangkai daun, tidak duduk pada ibu tangkai, melainkan pada tangkai anak daun yang di sampingnya, sehingga seolah-olah memiliki kaki yang menunjang daun disampingnya. Daun majemuk bangun kaki biasanya terdapat pada tumbuh-tumbuhan dari familia Araceae seperti daun rasberi.

  1. Daun majemuk campuran ( Digitatopinnatus )

Struktur daun majemuk ini merupakan perpaduan dari daun majemuk menjari dan dau majemuk menyirip. Pada ujung ibu tangkai daun tersusun cabang-cabang yang terpencar seperti jari. Pada cabang-cabang tersebut duduk anak-anak daun yang tersusun menyirip. Karena itu lah daun majemuk seperti ini disebut daun majemuk campuran. Contohnya pada daun putrid malu ( Mimosa pudica )

Daun majemuk bangun kaki dan campuran
Daun majemuk bangun kaki dan campuran

Terimakasih,, semoga artikel ini bermanfaat.

Baca juga : Bangun Daun (Circumscription) Lengkap

http://dosenbiologi.co.id/bangun-daun-circ…cription-lengkap/ ‎