Mengenal Berbagai Jenis Gangguan pada Sendi Lengkap

Diposting pada
Mengenal Berbagai Jenis Gangguan pada Sendi Lengkap
Rate this post

  1. Gangguan pada sendi

Gangguan sistem gerak dapat terjadi pada tulang, persendian, maupun otot. Penyebabnya bermacam-macam, karena infeksi mikroorganisme, kerusakan fisik akibat kecelakaan, kekurangan garam mineral dan vitamin, gangguan fisiologis, beban aktifitas yang berlebihan atau kesalahan sikap tubuh.

  1. Terkilir atau keseleo ( sprain ) adalah gangguan sendi akibat gerakan yang tidak biasa, dipaksakan atau bergerak secara tiba – tiba. Terkilir dapat menyebabkan memar, bengkak daan rasa sakit.
  2. Dislokasi adalah pergeseran tulang penyusun sendi dari posisi normal.
  3. Osteoartritis adalah kerusakan dan keausan tulang rawan yang berfungsi sebagai bantalan pada sendi. Penyebab osteoarthritis adalah proses penuaan, cedera, kelemahan tulang atau gangguan sendi yang terlalu berat.
  4. Ankilosis adalah sendi yang tidak dapat digerakkan dan ujung – ujung antar tulang terasa bersatu.
  5. Urai sendi adalah robeknya selaput sendi yang di ikuti oleh terlepasnya ujung tulang sendi.
  6. Arthritis adalah peradangan pada sendi yang disertai bengkak, kaku, keterbatasan bergerak dan rasa sakit.

2. Bentuk – bentuk arthritis

antara lain sebagai berikut :

  • Artiritis rheumatoid, yaitu penyakit yang timbul karena sistem kekebalan tubuh secara keliru menyerang jaringan yang sehat, menyebabkan peradangan yang merusak sendi. Penyakit ini lebih sering di derita oleh wanita berusia 22 – 55 tahun.
  • Gaut arthritis adalah kelebihan asam urat di dalam tubuh ( hiperurikemia ) yang berlangsung bertahun – tahun sehingga terjadi penumpukan asam urat yang mengkristal pada sendi. Penyakit ini sering di derita oleh laki – laki berusia 40 – 50 tahun.
  • Arthritis psoriatic adalah radang sendi yang terjadi pada orang – orang yang menderita psoriasis pada kulit atau kuku. Psoriasis merupakan kelainan kulit menahun yang menyebabkan timbulnya bercak – bercak merah dikulit.
  • Arthritis sika adalah berkurangnya minyak sendi ( cairan sinovial ) yang menimbulkan bunyi dan rasa sakit ketika di gerakkan.
  • Arthritis eksudatif adalah timbulnya getah radang berupa cairan nanah pada organ sendi dan menimbulkan rasa sakit jika digerakkan.
  • Artritis septic adalah radang sendi yang disebabkan oleh infeksi bakteri.
Baca Juga  Mengenal Rangka Aksial (Rangka Sumbu Tubuh) Terlengkap
Artritis pada tangan
Artritis pada tangan

Terimakasih, semoga artikel ini bermanfaat.

Baca juga : Macam-Macam Gangguan pada Tulang

http://dosenbiologi.co.id/macam-macam-gangguan-pada-tulang/ ‎