Mengenal Kelas Asteroidea beserta Penjelasannya Lengkap

Diposting pada
Mengenal Kelas Asteroidea beserta Penjelasannya Lengkap
Rate this post

Jika kita membicarakan kelas Asteroidea, apa yang ada dibenak anda ? Contoh hewan apa dari kelas Asteroidea ? Sebelum nya apa sih Asteroidea itu ?? Disebut Asteroidea karena bentuk tubuhnya menyerupai bintang. Jadi contoh dari kelas Asteroidea adalah Bintang laut.

Selain karena tubuhnya yang menyerupai bintang laut, habitat yang dihuni bintang laut juga daerah pantai atau dasar laut yang tidak terlalu dalam. Dipermukaan kulit tubuh bintang laut terdapat duri-duri dengan berbagai ukuran. Organ- organ tubuhnya bercabang ke seluruh lengan.

Anatomi Bintang Laut
Anatomi Bintang Laut

Permukaan tubuh bagian dorsal berkulit duri tumpul dan tersusun dari zat kapur. Dibagian dasar, diantara duri-duri terdapat catut/jepit atau pediselaria yang merupakan modifikasi dari duri. Pediselaria berfungsi untuk menangkap mangsa, melindungi insang dermal, dan mencegah agar tubuh tidak terimbun kotoran , pasir atau lumpur.

Penyokong tubuh tersusun dari lembaran kapur (osikula). Dibagian dorsal tubuh ini terdapat anus, sedangkan dibagian ventralnya terdapat mulut (oral). Mulut dikelilingi oleh membran peristom dengan lima alur terdapat dua atau empat deret kaki, yang juga dilengkapi otot berserabut.

Sistem vaskular air (amburaklar) merupakan bagian dari selom yang fungsinya adalah untuk bergerak, melekat pada karang, menangkap  mangsa , pertukaran gas dan eksresi. Sistem vaskular air dimulai dari madreporit, yaitu keping atau lempeng saringan tempat masuknya air. (sistem vaskular air pada asteroidean)

  1. Sistem Organ

Sistem organ yang mendukung kehidupan Asteroidea adalah sebagai berikut :

  1. Sistem Pencernaan Makanan

Saluran pencernaan dimulai dari mulut yang berhubungan dengan kerongkongan yang sangat pendek dan selanjutnya bersambungan dengan kantong yang berperan sebagai lambung. Lambung terdiri dari dua bagian, bagian muka berukuran lebih besar daripada bagian belakang. Dalam proses pencernaan, lambung mengeluarkan sekresi mukosa. Makanan bintang laut berupa sampah, ikan kecil, siput dan kerang. Bahan-bahan makanan dicerna dengan bantuan mukosa dan enzim, sedangkan bahan yang tidak tercerna dikeluarkan melalui mulut.

  1. Sistem Eksresi
Baca Juga  Mengenal Fillum Molusca serta Penjelasan nya

Eksresi dilakukan oleh sel-sel amebosit yang terdapat dalam cairan selom. Zat sisa ini dibawa keluar melalui dinding derma brankhialis. Pada usus terdapat dua percabangan yang berwarna coklat yang menyekresikan cairan berwarna kecoklatan.

  1. Sistem Pernapasan

Respirasi terjadi dalam branchia dermalis, yaitu suatu kantong berbulu halus yang dilengkapi dengan silia. Organ ini terletak pada semua lengan bagian kulit. Silia sebelah luar bertugas mengalirkan air beroksigen ke permukaan brankhia secara tetap, sedangkan silia sebelah dalam mendorong cairan tubuh ke dalam brankhia.

  1. Sistem Saraf

Sistem saraf berupa batang saraf radial yang terdapat pada setiap lengan dengan letak memanjang diatas amburaklar yang akhirnya bertemu dengan cincin saraf oralis yang melingkari mulut. Diantara sel-sel epidermis juga terdapat jaringan saraf, sedangkan dibrankhia dermalis terdapat alat sensori.

  1. Sistem Reproduksi

Bintang laut bersifat diesis. Alat reproduksi nya bercabang-cabang dan terletak disetiap lengan. Alat reproduksi betina menghasilkan banyak telur, sedangkan yang jantan menghasilkan spermatozoa yang lebih banyak daripada ovum. Fertilisasi terjadi diair, selanjutnya akan dihasilkan larva bipinaria.

 

Baca juga : Mengenal Struktur serta Sistem Organ Insekta

http://dosenbiologi.co.id/mengenal-struktu…gan-pada-insecta/