Mengenal Kelas Aves (burung) serta Klasifikasinya Lengkap

Diposting pada
Mengenal Kelas Aves (burung) serta Klasifikasinya Lengkap
Rate this post

  1. Kelas Aves (burung)

Tubuh aves terdiri atas kepala, leher, badan dan ekor. Badan dilindungi oleh kulit yang berbulu. Menurut letaknya terdapat lima macam bulu, yaitu remiges (pada sayap), rektrises (pada ekor), tertrises (penutup badan), alula (pada jari-jari sayap), dan pada paraterum (disekitar bahu). Menurut bentuknya ada tiga macam bulu, yaitu pluma, plumula (lunak) dan filoplumula.

Macam-Macam Bulu pada Aves
Macam-Macam Bulu pada Aves

Pada sayap dan ekor, bulu berpasang-pasangan secara simetris. Bulu yang hanya tumbuh pada tempat tertentu dan teratur disebut apteria. Mulut burung tidak bergigi. Paruh dibentu oleh maksila (rahang atas) dan mandibula (rahang bawah). Pada pangkal paruh terdapat tonjolan keatas dari  kulit lunak, disebut sera. Leher diselubungi bulu-bulu jenis plumula dan memiliki kelenjar minyak.

Tulang burung relatif ringan karena memiliki banyak rongga. Tulang dada menjadi tempat melekatnya otot terbang. Gelang bahu terbentuk oleh sepasang korakoid, sepasang scapula dan sepasang klavikula. Ketiga tulang tersebut membentuk lubang (foramen trioseum) terdapat otot dada kecil (muskulus pektoralisminor) yang berfungsi mengangkat sayap. Tulung rusuk bagian depan melekat pada tulang dada, dibagian belakang melekat pada tulang leher atau tulang punggung. Vertebrata terdiri atas tulang leher, tulang punggung dan tulang ekor. (anatomi burung)

 

  1. Klasifikasi Aves

Aves meliputi banyak sekali ordo, beberapa ordo telah punah, antara lain :

  1. Aepyornithiformes
  2. Dinornithiformes
  • Hesperornis
  1. Archaeopteryx
  2. Diatrymiformes

Beberapa ordo yang masih ada, antara lain :

  1. Rosares (Galliformes)

Kaki berfungsi untuk mengais dan berlari. Rosares memiliki paruh pendek. Contoh Ayam buras (Gallus domestica), merak, kalkun, dan maleo.

  1. Ratites (Palaeognathae)
Baca Juga  Sistem Organ pada Mammalia diwakili Oleh Kelinci (Oryctolagus cuniculus)

Ratites meliputi beberapa ordo burung tak dapat terbang, yaitu sebagai berikut :

  • Struthioniformes contohnya burung unta (Struthio camelus)
  • Casuariiformes, contohnya kasuari (Casuarius casuarius)
  • Apterygiformes contohnya kiwi (Apteryx australis)
  • Rheiformes contohnya burung rea (Rhea Americana)
  • Anseriformes (burung perenang)

Burung ini berkaki pendek, memiliki selaput renang diantara jari-jari kaki. Ekor pendek paruh melebar berkista penyaring. Contohnya entok, itik dan lain sebagainya.

  1. Ciconiiformes

Burung ini berkepala botak, memiliki paruh, leher dan tungkai panjang. Hidup bergerombol, memakan hewan air. Contohnya blekok, bangau jawa dan lain sebagainya.

  1. Coraciiformes (burung raja)

Burung raja berparuh besar, kepala besar, tungkai pendek. Pemakan hewan seperti ikan, udang, katak, kupu-kupu. Contohnya raja udang, tetangket dan sebagainya.

  1. Columbiformes

Burung merpati atau dara merupakan pemakan biji-bijian. Paruh pendek dengan sora dipangkalnya. Tembolok besar, sel epitelnya udah mengelupas dan diberikan kepada anaknya semasa masih kecil lewat paruhnya. Contohnya merpati, perkutut.

  • Apodiformes (burung dengung)

Tubuh kecil, paruh lembek, lidah panjang dan dapat dijulurkan, membuat sarang dari ludahnya. Contohnya adalah wallet

  • Oscines (Passeriformes) atau burung penyanyi

Pita suara berfungsi bagus.tiga jari kaki menghadap kedepan, satu jari kaki menghadap kebelakang, sesuai untuk bertengger. Telur berwarna-warni, ketika menetas anaknya masih buta. Pemakan serangga dan berbagai biji-bijian. Contohnya burung gereja, burung kenari.

Terimakasih, semoga artikel ini bermanfaat

Baca juga : Sistem Organ pada Kelas Reptilia Lengkap

http://dosenbiologi.co.id/sistem-organ-pad…reptilia-lengkap/