Mengenal Kelas Mammalia beserta Klasifikasinya

Diposting pada
Mengenal Kelas Mammalia beserta Klasifikasinya
Rate this post

  1. Kelas Mammalia

Tubuh mammalia terbagi atas kepala (kaput), leher (serviks), badan (trunkus) dan ekor (kauda). Badan tertutup rambut. Antara rongga dada (cavum thorais) dan rongga perut (cavum abdominis) terdapat diafragma. Diafragma dilalui oleh aorta, pembuluh darah, saraf dan kerongkongan. Dinding rongga dada dilapisi oleh pleura, dinding rongga perut oleh peritoneum dan dinding rongga jantung oleh pericardium. Mempunyai kelenjar air susu dan puting susu. Kulit memiliki kelenjar minyak untuk meminyaki rambut dan kelenjar keringat. Memiliki gigi dengan tipe gigi seri, taring, geraham depan dan gigi geraham. Bentuk gigi sesuai dengan jenis makanan nya, ada yang berlapis email, ada yang tidak. Pada hewan pemakan tumbuhan misalnya marmot, tedapat diastema. Diastema adalah celah tanpa gizi antara gigi seri dengan geraham depan, karena tidak memiliki taring.

 

  1. Klasifikasi Mammalia

Contoh Hewan Mammalia
Contoh Hewan Mammalia

Mammalia meliputi banyak sekali ordo, antara lain sebagai berikut.

  1. Mototremata (Mammalia berparuh dan berkloaka)

Pemakan invertebrata yang hidup di air. Hewan ini berparuh, bertelur, mengeram, tubuh berambut, tidak mempunyai daun telinga. Gigi hanya ada sebelum dewasa. Contohnya adalah Tachyglossus aculeatus

  1. Insectivora (Mammalia pemakan insekta)

Insectivora memiliki ciri berjari lima dan memiliki gigi runcing. Contohnya Tikus pohon dan lain-lain.

  1. Carnivora (Mammalia pemakan daging)

Carnivora memiliki gigi taring besar dan panjang, gigi sering kecil. Uterus terbagi dua. Kaki memiliki cakar tajam. Contohnya singa, anjing dan sebagainya.

  1. Rodentia (Mammalia pengerat)

Rodentia berjari lima. Tidak memiliki gigi taring. Gigi seri berbentuk pahat dan dapat tumbuh terus. Contoh nya tikus, marmot dan sebagainya.

  1. Lagomorpha
Baca Juga  Sistem Organ pada Mammalia diwakili Oleh Kelinci (Oryctolagus cuniculus)

Lagomorpha memiliki ciri seperti Rodentia tetapi gigi serinya empat atau lebih, gigi molor dapat tumbuh terus. Ekor pendek, kuat dan dapat digerakkan. Contohnya kelinci dan sebagainya.

  1. Sirenia (sapi laut)

Sirenia tidak memiliki daun telinga dan tungkai belakang. Tungkai depan seperti dayung. Kulit tebal dengan sedikit rambut. Hidup dilaut atau air tawar. Contohnya sapi laut.

  1. Cetacea

Cetacea tidak memiliki daun telinga, rambut dan kelenjar dikulit. Tidak ada tungkai belakang, tungkai depan disebut flipper seperti dayung. Contohnya paus, pesut dan sebagainya.

  1. Chiroptera (Mammalia bersayap tangan)

Pemakan buah-buahan dimalam hari. Gigi runcing tajam. Kaki belakang lebih kecil. Terdapat selaput diantara jari-jari, dari tungkai depan hingga tungkai belakang yang berguna untuk terbang dengan gerakan seperti sayap burung.

  1. Dermoptera (Mammalia bersayap kulit)

Mirip kalelawar dengan lipatan kulit berbulu dari leher, antara jemari-jemari tungkai depan dengan tungkai belakang dan diantara jari-jari tungkai belakang hingga bagian ekor. Contohnya kubung dan sebagainya

  1. Marsupalia (Mammalia berkantung)

Adalah mammalian yang memiliki kantung pada dinding perut yang menutupi putting susu yang terdapat pada dinding perut). Memiliki sepasang uterus dan sepasang vagina. Tidak berplasenta. Contohnya : kuskus, kangguru dan sebagainya

  1. Proboscidea (Mammalia berprobosis)

Mempunyai modifikasi hidung menjadi belalai dengan dua lubang hidung. Proboscis dapat untuk memegang. Tubuh besar, kepala besar, leher pendek dan telinga lebar. Memiliki dua buah gigi seri. Contohnya : Gajah dan sebagainya.

  1. Pinnipedia

Termasuk carnivore yang tidak terdapat di Indonesia. Contohnya : anjing laut, gajah laut dan sebagainya.

  1. Pholidota

Umumnya tidak bergigi dan tidak memiliki klavikula. Tubuh dilindungi sisik dari zat tanduk yang merupakan modifikasi dari rambut. Contohnya : trenggiling

  1. Perissodactyla

Telapak kaki berjari ganjil, di kuku dari zat tanduk. Tidak bertanduk. Lambung sederhana tidak memiliki kandung empedu. Contohnya : kuda, zebra dan sebagainya.

  1. Artiodatyla
Baca Juga  Mengenal Alga Keemasan (Chrysophyta) serta Penjelasannya Lengkap

Digolongkan menjadi dua yaitu Ruminansia dan Nonruminansia. Contohnya : sapi, banteng, kerbau dan sebagainya.

  1. Primata

Pada umumnya setiap melahirkan hanya satu anak. Tangan dan kaki berjari lima, berkuku dan dapat untuk memegang.

Terimakasih, semoga artikel ini bermanfaat.

Baca juga : Mengenal Sistem Organ pada Kelas Aves

http://dosenbiologi.co.id/mengenal-sistem-…-pada-kelas-aves/