Mengenal Kelas Scyphozoa dan Anthozoa Lengkap

Diposting pada
Mengenal Kelas Scyphozoa dan Anthozoa Lengkap
Rate this post

Cnidaria merupakan spesies yang sebagian besar hidup di laut. Sebagian besar Cnidaria hidup soliter, sedangkan yang lain, misalnya hewan karang hidup berkoloni. Cnidaria memiliki dua bentuk tubuh, yaitu polip dan medusa. Berbagai bentuk polip memiliki fungsi yang berbeda-beda, disebut polimorfisme.

Cnidaria dibagi menjadi tiga kelas utama, yaitu Hydrozoa, Scyphozoa dan Anthozoa. Dalam artikel ini akan membahas secara rinci kelas Cnidaria yaitu  Scyphozoa dan Anthozoa.

  1. Scyphozoa

Berasal dari kata scyphos yang berarti tutup dan zoon yang berarti hewan. Contoh anggota Scyphozoa adalah Aurelia aurita (ubur-ubur).

Struktur tubuh Aurelia aurita
Struktur tubuh Aurelia aurita
  1. Ciri – ciri Umum

Bentuk tubuh Scyphozoa menyerupai mangkuk yang transaparan dan berukuran besar. Ukuran medusa nya lebih besar dari medusa Hydrozoa. Tiap tentakel nya ditutup dengan sel-sel penyengat yang mampu membunuh hewan lain. Beberapa Scyphozoa lain tidak memiliki tentakel sama sekali.

  1. Pergiliran Keturunan (Metagenesis)

Scyphozoa mengalami metagenesis, yaitu perkembangbiakan seksual yang di ikuti oleh perkembangbiakan aseksual dalam satu generasi, yaitu sebagai berikut.

Spermatozoid keluar dari lubang mulut medusa jantan dan masuk ke dalam usus medusa betina untuk membuahi telurnya. Hasil pembuahan nya adalah zigot. Zigot melekat pada sekeliling mulut, dan tumbuh menjadi larva yang di sebut planula. Planula memiliki rambut getar untuk melekat pada dasar laut, kemudian rambut getarnya dibuang. Planula lalu tumbuh menjadi polip yang bentuk nya seperti terompet, disebut skifistoma, yang memiliki lempeng basalis, mulut dan tentakel. Kemudian timbulah sekat-sekat yang disebut strobila.

  1. Anthozoa (Actinozoa)

Anthozoa berasal dari bahasa yunani, anthos berarti bunga dan zoon berarti hewan. Anthozoa berarti hewan yang bentuknya seperti bunga atau hewan bunga, yang meliputi anemone laut serta hewan-hewan karang .

  1. Struktur Tubuh
Baca Juga  Mengenal Alga Hijau (Chlorophyta) serta Penjelasannya Lengkap

Tubuh Anthozoa berbentuk silinder pendek. Pada salah satu ujungnya terdapat mulut berupa celah yang dikelilingi oleh tentakel yang mengandung nematosista. Di ujung lain berupa lempeng untuk melekat kan diri pada suatu dasar. Dibawah mulut terdapat kerongkongan yang disebut stomodaeum.

  1. Klasifikasi

Berdasarkan banyak nya sekat-sekat di dalam rongga tubuh, kelas anthozoa dibedakan menjadi dua subkelas yaitu :

  • Hexacorallia (bersekat enam)

Memiliki sedikit tentakel yang kadang-kadang bercabang. Selain memiliki tentakel, ada Hexacorallia yang memiliki satu sifonoglifa. Hexacoralia memiliki enam sekat yang masing-masing terdiri atas dua lembar.

Fungia sp
Fungia sp
  • Octocorellia (bersekat delapan)

Memiliki delapan tentakel yang bercabang-cabang seperti bulu dan memiliki delapan sekat. Selain itu, Octocorellia juga memiliki satu sifonoglifa ventralis. Rangka Ortocorellia terbuat dari kapur dan zat tanduk.

Terimakasih, semoga artikel ini bermanfaat.

Baca juga : Mengenal Kelas Hydrozoa serta Penjelasannya

http://dosenbiologi.co.id/kelas-hydrozoa/