Mengenal Lebih dalam Pertumbuhan Primer

Diposting pada
Mengenal Lebih dalam Pertumbuhan Primer
Rate this post

Umumnya, Pertumbuhan pada tumbuhan terjadi karena aktifitas sel-sel meristem. Sel meristem merupakan sel sel yang aktif membelah secara mitosis. Sel meristem banyak terdapat pada bagian ujung akar dan ujung batang (tunas). Meristem yang demikian disebut meristem apikal.

Sel-sel meristem apikal senantiasa melakukan pembelahan sepanjang kehidupan tumbuhan. Kegiatan meristem apikal mengakibatkan akar dan batang bertambah panjang. Proses pembelahan sel-sel meristem yang menyebabkan tumbuhan tumbuh memanjang disebut pertumbuhan primer. Pertumbuhan primer memungkinkan akar masuk menembus lapisan tanah dan pucuk (tunas) memperoleh lebih banyak cahaya dan CO2.

Pertumbuhan Primer
Pertumbuhan Primer

Aktivitas sel-sel meristem pada akar memungkinkan akar tumbuh masuk ke dalam lapisan tanah yang lebih dalam. Pada ujung akar terdapat tudung akar (kaliptra) yang berfungsi melindungi akar pada saat menembus lapisan tanah. Akar dapat dibedakan atas tiga zona (daerah), yaitu zona pembelahan, zona pemanjangan, dan zona pematangan.

  1. Zona pembelahan sel

Meliputi meristem apikal akar dan sel-sel derivatnya. Sel-sel baru tudung akar di hasilkan dari zona ini.

  1. Zona pemanjangan

Terjadi pemanjangan sel-sel, yang ukuran panjangnya dapat lebih dari sepuluh kali ukuran panjang sel biasa. Sel-sel tersebut bertanggung jawab menekan ujung sel masuk ke dalam lapisan tanah.

  1. Zona pematangan

Terdapat tiga sistem jaringan dari tumbuhan dewasa, yaitu jaringan dermal, jaringan dasar, dan jaringan vaskular. Jaringan dermal (epidermis) dibentuk oleh protoderm. Protoderm merupakan lapisan paling luar meristem.

Jaringan dasar merupakan lapisan paling dalam dari meristem apikal. Jaringan dasar akan berdiferensiasi menjadi korteks dan empelur. Korteks terletak antara silinder pusat dan epidermis. Lapisan paling dalam korteks dibatasi oleh selapis sel yang di sebut endodermis.

Baca Juga  Mengenal Bangun Daun (Circumscription) Lengkap

Jaringan vaskular (silinder pembuluh) merupakan jaringan pengangkut yang terdiri atas xylem primer dan floem primer. Jaringan ini dibentuk oleh prokambium yang terletak diantara protoderm dengan jaringan meristem dasar.

Ada dua macam tunas pada tumbuhan yaitu tunas terminal dan tunas aksilar. Tunas terminal di apit oleh bakal daun (primordial). Tunas terminal terletak di ujung batang yang memungkinkan tumbuhan tumbuh ke atas.  Tunas aksilar (tunas lateral) terletak pada bagian ketiak daun yang pertumbuhan nya akan membentuk cabang atau bunga.

Terimakasih, semoga artikel ini bermanfaat.

Baca juga : Faktor-Faktor Internal yang Mempengaruhi Pertumbuhan dan Perkembangan

http://dosenbiologi.co.id/faktor-faktor-in…mbangan-tumbuhan/