Mengenal Lebih dalam Tentang Flagellata serta Penjelasannya

Diposting pada
Mengenal Lebih dalam Tentang Flagellata serta Penjelasannya
Rate this post

Flagellata dari filum Mastigophora dicirikan dengan adanya satu hingga beberapa flagella pada ujung anterior tubuh yang berfungsi sebagai alat gerak. Selain dipakai untuk berenang, flagella juga berguna untuk menimbulkan arus yang dapat membawa makanan masuk ke dalam mulutnya. Flagella juga berfungsi sebagai alat untuk mengetahui keadaan lingkungannya.

Sebagian besar flagellata hidup bebas, tetapi ada pula yang hidup parasit pada manusia dan hewan, atau saprofit pada organisme mati. Flagelata dibedakan menjadi dua, yaitu fitoflagellata dan zooflagellata. Artikel ini akan membahas rinci fitoflagellata.

 

Flagellata
Flagellata

 

Fitoflagellata

Fitoflagellata adalah flagellate yang dapat berfotosintesis karena memiliki klorofil. Fitofllagelata mencernakan makanan nya dengan berbagai cara, seperti menelan lalu mencernakan di dalam tubuhnya, membuat sendiri makanan nya, atau mencerna organisme yang sudah mati (saprofitik). Habitat flagellata adalah perairan kotor.

 

 

 

  1. Struktur tubuh

Ada filoflagellata yang tubuhnya di selubungi oleh membrane selulosa, misalnya Volvox. Ada pula fitoflagellata yang memiliki lapisan pelikel, misalnya Euglena. Pelikel adalah lapisan luar yang terbentuk dari selaput plasma yang mengandung protein.

  1. Reproduksi

Filoflagellata bereproduksi melalui dua cara yaitu secara seksual dengan konjugasi dan aseksual dengan membelah diri.

  1. Klasifikasi

Dibagi menjadi tiga kelas yaitu :

  1. Eugleonida

Bentuk tubuh anggota Eugleonida menyerupai gelondong dan di selimuti oleh pelikel. Eugleonida mempunyai satu atau dua flagella dibagian ujung anterior. Dibagian ujung anterior juga terdapat bintik mata berwarna merah yang mengandung pigmen karoten. Bintik mata berfungsi untuk melindungi daerah peka cahaya di pangkal flagella. Anggota kelompok ini yang dikenal adalah Euglena viridis .

  1. Dinoflagellata
Baca Juga  Mengenal Lebih dalam Mikroorganisme serta Penjelasannya

Bentuk tubuh Dinoflagellata bervaariasi tetapi kebanyakan lonjong dengan warna kecoklatan dan kekuningan. Dinoflagellata merupakan penyusun plankton laut. Walaupun sebagian besar berhabitat di laut, ada juga Dinoflagellata yang hidup di air tawar.

Dinoflagellata ada yang bersimbiosis dengan terumbu karang, anemone, ubur ubur dan invertebrata lainnya. Flagella nya terletak di cekungan transversal yang mengelilingi tubuh. Banyak spesies Dinoflagellata kehilangan flagel nya dan tumbuh sebagai fase vegetative yang nonmortil.

  1. Volvocida

Volvocida umumnya berbentuk bulat, hidup secara soliter atau berkoloni. Volvocida mempunyai dua flagella. Dinding sel volvocida tersusun atas selulosa.

Terimakasih, semoga artikel ini bermanfaat.

Baca juga : Mengenal Anatomi Rhizopoda Terlengkap