Mengenal Pertumbuhan Sekunder serta Penjelasannya Lengkap

Diposting pada
Mengenal Pertumbuhan Sekunder serta Penjelasannya Lengkap
Rate this post

  1. Pertumbuhan Sekunder

Tumbuhan, selain tumbuh memanjang juga dapat tumbuh membesar. Pertumbuhan yang memungkinkan bertambahnya ukuran diameter batang dan akar disebut pertumbuhan sekunder. Semua tumbuhan gimnosperma dan dikotil mengalami pertumbuhan sekunder. Sebaliknya, hanya beberapa monokotil tertentu yang mengalami pertumbuhan sekunder. Contohnya dari kelompok palmae. Pada artikel ini akan membahas lebih rinci tentang pertumbuhan sekunder pada tumbuhan.

Pertumbuhan sekunder terjadi akibat aktifitas sel-sel meristem lateral. Ada dua macam meristem lateral yaitu kambium vaskular dan kambium gabus. Kambium vaskular terletak di antara xylem dan floem. Aktifitas kambium vaskular menghasilkan sel – sel baru. Ke arah dalam membentuk xylem sekunder dan ke arah luar membentuk floem sekunder.

Pada batang, xylem yang dikenal sebagai kayu semakin lama lapisan nya menjadi semakin tebal dan berlignin. Hal tersebut membuat kayu menjadi keras. Jaringan xylem yang terbentuk pada musim kemarau biasanya mempunyai sel – sel yang lebih kecil dan berwarna lebih gelap. Hal tersebut di sebabkan keterbatasan persediaan air selama musim kemarau. Sebaliknya, jaringan xylem yang terbentuk selama musim penghujan mempunyai sel-sel berukuran relative besar dan berwarna lebih terang. Lapisan – lapisan yang terbentuk dari hasil pembentukan jaringan kayu tersebut dikenal dengan istilah lingkaran tahun.

Pertumbuhan Sekunder
Pertumbuhan Sekunder

Aktifitas kambium gabus menghasilkan jaringan gabus yang berfungsi sebagai pelindung. Lapisan gabus akan menggantikan jaringan epidermis yang telah kering dan mengelupas. Lapisan gabus, kambium gabus dan floem sekunder bersama sama membentuk kulit kayu. Floem yang masih berfungsi sebagai transfor hasil fotosintesis adalah floem sekunder yang berada dibelakang kambium gabus.

Baca Juga  Lumut (Bryophytes) serta Ciri - Ciri Lumut Lengkap

Pada akar juga terjadi pertumbuhan sekunder yang dilakukan oleh aktifitas kambium vaskular. Ke arah dalam membentuk xylem sekunder dan ke arah luar membentuk floem sekunder. Sementara itu, kambium gabus membentuk jaringan gabus.

Bagian akar yang berfungsi untuk menyerap air dan garam mineral adalah akar yang masih muda. Hal tersebut karena pada akar yang lebih tua jaringan korteks dan epidermis nya sudah diganti kan oleh jaringan gabus yang sulit untuk ditembus air.

Terimakasih, semoga artikel ini bermanfaat.

Baca juga : Mengenal Lebih Dalam Pertumbuhan Primer

http://dosenbiologi.co.id/mengenal-lebih-d…rtumbuhan-primer/