Mengenal Rangka Aksial (Rangka Sumbu Tubuh) Terlengkap

Diposting pada
Mengenal Rangka Aksial (Rangka Sumbu Tubuh) Terlengkap
Rate this post

Umumnya, kerangka manusia di sokong oleh struktur seperti ligamen, tendon, otot dan organ manusia yang lain. sejumlah 206 tulang membentuk sistem kerangka manusia dewasa. Rangka tubuh manusia dibagi menjadi dua yaitu rangka aksial dan apendikular, kali ini akan membahas salah satu dari kedua rangka tersebut yaitu rangka aksial. Rangka aksial itu sendiri adalah rangka pada sumbu tubuh, memiliki 80 buah tulang yang meliputi tulang tengkorak, tulang telinga dalam dan hyoid, tulang belakang, tulang dada serta tulang rusuk(iga). Untuk lebih jelasnya akan dibahas selanjutnya.

  1. Tulang Tengkorak

Tulang Tengkorak
Tulang Tengkorak

Tulang tengkorak berjumlah 22 buah. Tulang tengkorak berfungsi melindungi otak, organ pendengaran dan organ penglihatan. Tulang tengkorak dibedakan menjadi dua bagian yaitu tulang kranial (tulang tempurung kepala) dan tulang fasial (tulang wajah). Tulang kranial membentuk tempurung kepala, sedangkan tulang fasial memberi bentuk mata, hidung, pipi dan rahang. Tulang-tulang tengkorak yang bersambungan dan tidak dapat digerakkan disebut sutura.

 

 

Terdapat tiga bentuk sutura, yaitu :

  • Sutura serrata, bagian tepi dari masing-masing tulang bergerigi seperti gergaji yang berimpitan
  • Sutura skuamosa, bagian tepi dari masing-masing tulang menipis dan saling menutupi
  • Sutura harmoniana (sutura plana), bagian tepi dari masing-masing tulang berbentuk lurus.

 

  1. Tulang Telinga Dalam dan Tulang Hioid

Tulang Telinga Dalam
Tulang Telinga Dalam

Didalam tengkorak, terdapat tulang telinga dalam, berukuran kecil dan berfungsi untuk menerima dan mentransmisikan impuls suara. Tulang telinga dalam berjumlah 3 pasang yaitu 1 pasang tulang maleus,1 pasang tulang inkus, dan 1 pasang tulang stapes. Selain itu, terdapat pula tulang hyoid, yaitu tulang berbentuk huruf U yang terletak diantara laring dan mandibula, berfungsi sebagai tempat melekatnya otot mulut dan otot lidah sehingga dapat membantu proses menelan.

Baca Juga  Tipe-Tipe Persendian pada Manusia Penting

 

  1. Tulang Belakang (Kolumna Vertebrata)
Tulang Belakang Vertebrata
Tulang Belakang Vertebrata

Tulang belakang tersusun dari 26 ruas yang masing-masing dihubungkan oleh cakram tulang rawan fibrosa, yang memungkinkan tulang untuk tegak dan membungkuk. Cakram tersebut juga berfungsi menahan guncangan ketika menggerakkan badan, misalnya saat berlari dan melompat. Dibagian sebelah depan dan belakang cakram, terdapat serabut-serabut kenyal yang menyokong posisi ruas tulang belakang. Dibagian tengah tulang sebelah dalam ruas-ruas, terdapat saluran sumsum tulang belakan yang berisi sumsum tulang belakang.

 

 

 

 

 

 

Tulang belakang mempunyai fungsi sebagai berikut :

  • Menopang kepala dan bagian tubuh lainnya
  • Melindungi organ dalam tubuh
  • Tempat melekat nya tulang rusuk
  • Menentukan sikap tubuh

 

  1. Tulang Dada (Sternum) dan Tulang Rusuk (Kosta)

Tulang dada dan rusuk berfungsi melindungi paru-paru dan jantung. Tulang dada berbentuk pipih dan melebar serta berhubungan dengan tulang rusuk melalui sambungan tulang rawan. Tulang rusuk bagian belakang berhubungan dengan ruas-ruas tulang belakang melalui persendian. Perhubungan tersebut memungkinkan tulang rusuk dapat bergerak kembang-kempis sesuai dengan irama pernapasan.

Tulang dada berjumlah 1 buah, terdiri atas tiga bagian yaitu :

  • Manubrium sterni (kepala tulang dada), membentuk persendian dengan tulang selangka, klavikula dan tulang rusuk pertama
  • Korpus sterni (badan tulang dada), membentuk persendian dengan sembilan tulang rusuk berikutnya
  • Prosesus xifoid (tulang taju pedang), tulang yang masih berbentuk tulang rawan pada bayi.

Tulang rusuk berjumlah 12 pasang disebelah kiri dan kanan. Tulang rusuk dibedakan menjadi tiga macam, yaitu :

  • Tulang rusuk sejati, bagian ujung depan melekat pada tulang dada, sedangkan bagian belakang melekat pada ruas tulang belakang dibagian punggung.
  • Tulang rusuk palsu, bagian ujung depan melekat pada tulang rusuk diatasnya, ssedangkan bagian belakang melekat pada ruas tulang dibelakang punggung.
  • Tulang rusuk melayang, bagian ujung depan tidak melekat pada tulang manapun, sedangkan bagian belakang melekat pada ruas tulang belakang di bagian punggung.
Baca Juga  Mengenal Berbagai Jenis Gangguan pada Sendi Lengkap

Terimakasih, semoga artikel ini bermanfaat.

Baca juga : Penyakit pada Manusia yang disebabkan Oleh Virus

http://dosenbiologi.co.id/penyakit-pada-ma…abkan-oleh-virus/