Organ Reproduksi Bunga Lengkap

Diposting pada
Organ Reproduksi Bunga Lengkap
5 (100%) 1 vote

Seperti yang kita ketahui, sistem reproduksi pada tumbuhan terletak pada bunga bukan ?? pada bunga tidak semua menjadi organ reproduksi. Organ reproduktif pada bunga merupakan alat perkembangbiakan. Bunga memiliki dua organ reprodukti, yaitu organ reproduktif jantan berupa benang sari dan organ reprodukif betina yang berupa putik. Artikel ini akan menjelaskan secara lengkap alat reproduksi pada bunga.

  1. Benang sari (Stamen)

Benang sari terdiri dari kepala sari (antheri), tangkai sari (filamentum) dan penghubung antara ruang sari (connectivum). Kepala sari adalah bagian benang sari yang terdapat diujung tangkai sari. Pada kepala sari terdapat dua ruang sari (theca). Setiap theca terdiri dari ruang kecil (loculus), yang berisi tepung sari (pollen). Tangkai sari merupakan bagian benang sari yang berbentuk seperti pipa, yang mendukung kepala sari. Sedangkan penghubung ruang sari merupakan bagian tangkai sari yang berfungsi menghubungkan dua theca.

Benang sari dapat duduk pada bunga dalam tiga cara. Ada yang duduk di dasar bunga, duduk diatas kelopak bunga dan duduk di atas mahkota bunga.

Berdasarkan jumlahnya, benang sari digolongkan menjadi tiga jenis yaitu benang sari banyak, benang sari yang tersusun dalam dua lingkaran dan benang sari yang sama banyak atau kurang dari jumlah mahkota. Benang sari banyak adalah jika jumlah benang sari lebih dari 20 buah. Sedangkan benang sari yang tersusun dalam dua lingkaran, jika jumlah benang sari berjumlah dua kali lipat dari jumlah daun mahkota.

Alat Reproduksi Pada Bunga
Alat Reproduksi Pada Bunga
  1. Putik (Pistillum)

Putik tersusun dari tiga struktur, yaitu kepala putik (stigma), tangkai putik (stylus) dan bakal buah (ovarium). Kepala putik merupakan bagian putik paling atas. Tangkai putik merupakan saluran yang menghubungkan kepala putik dengan bakal buah. Bakal buah sendiri adalah bagian putik yang membesar dan duduk di dasar bunga.

Baca Juga  Mengenal Bagian-Bagian Daun Terlengkap

Bakal buah tersusun atas daun-daun buah. Di dalam bakal buah terdapat bakal biji. Daun-daun buah akan menjadi kulit buah. Kumpulan daun buah disebut gynaecium. Didalam ovarium juga terkandung sel telur, sehingga  dinamakan bakal biji. Biji akan berubah menjadi buah.

  1. Menurut jumlah daun buahnya, putik dibedakan menjadi putik tunggal dan putik majemuk.
  2. Menurut letaknya pada dasar bunga, bakal buah ada yang menumpang, ada yang setengah tenggelam, ada yang tenggelam.
  • Berdasarkan jumlah ruang yang terdapat pada bakal buah, bakal buah di bedakan menjadi bakal buah beruang satu dan ada juga bakal buah yang beruang dua.

Terimakasih, semoga artikel ini bermanfaat.

baca juga : Mengenal Struktur Bunga Majemuk Secara Lengkap

http://dosenbiologi.co.id/mengenal-struktu…k-secara-lengkap/