Penjelasan Diatom (Bacillariophyta) Terlengkap

Diposting pada
Penjelasan Diatom (Bacillariophyta) Terlengkap
Rate this post

Inti sel dan kloroplas diatom berwarna cokelat keemasan, tetapi ada juga yang berwarna hijau kekuningan atau cokelat tua. Sebagian besar diatom bersifat uniseluler, walaupun ada juga yang berkoloni.

a. Ciri-Ciri Umum Diatom

  1. Talus bersel satu. Struktur talus terdiri atas dua bagian, yaitu wadah (kotak) disebut hipoteka dan tutup nya disebut epiteka. Epiteka berukuran lebih besar daripad hipoteka. Diantara dua kotak dan tutup terdapat rafe atau celah, dindingnya mengandung zat kersik (silika).
  2. Inti sel berada dipusat sitoplasma.
  3. Kloroplasnya mempunyai bentuk yang bervariasi yaitu seperti cakram, seperti huruf H, periferal dan pipih.

 

  1. Habitat Diatom

Habitat diatom adalah di air tawar, laut dan daratan yang lembap sebagai plankton atau bentos.

 

  1. Cara Hidup Diatom

Diatom termasuk organisme autotrof karena memiliki pigmen-pigmen fotosintesis. Pigmen fotosintesisnnya adalah klorofil a, klorofil c, karoten, fukosantin, diatoksantin dan diadinoksantin.

 

  1. Reproduksi Diatom
Reproduksi Alga (protista mirip jamur)
Reproduksi Alga (protista mirip jamur)

Reproduksi diatom terjadi secara seksual dan aseksual. Pada saat diatom bereproduksi secara aseksual melalui mitosis, hipoteka dan epiteka memisah. Setiap bagian akan membentuk bagian baru didalam bagian yang lama. Artinya, hipoteka sel lam menjadi epiteka sel baru dan epiteka sel lama tetap menjadi epiteka sel baru. Jadi, salah satu sel anakan berukuran tetap, sedangkan satu sel anakan lain nya berukuran lebih kecil daripada sel induk nya. Pembelahan mitosis terus berlangsung sampai terbentuk sel anakan yang berukuran sekitar 30% dari besar sel aslinya. Setelah mencapai ukuran minimum tersebut, diatom kemudian bereproduksi secara seksual. Sel diatom menghasilkan sperma dan telur. Sperma kemudian bergabung dengan telur membentuk zigot. Zigot akan tumbuh dan berkembang menjadi ukuran normal seperti asli nya. Setelah diatom mencapai ukuran normal, diatom akan kembali melakukan reproduksi aseksual melalui pembelahan mitosis.

Baca Juga  Mengenal Kelas Hydrozoa serta Penjelasannya

 

  1. Peranan diatom dalam kehidupan

Diatom yang mati di lautan akan mengendap di dasar laut menjadi tanah diatom. Tanah diatom berguna sebagai bahan penggosok, bahan pembuat isolasi, penyekat, dinamit, pembuat saringan, bahan penyadap suara, bahan pembuat cat, pernis dan piringan hitam.

Terimakasih, semoga artikel ini bermanfaat.

Baca juga : Mengenal Alga Keemasan (Chrysophyta) serta Penjelasannya Lengkap

http://dosenbiologi.co.id/mengenal-alga-ke…lasannya-lengkap/ ‎