Penjelasan Rangka Apendikular (Rangka Pelengkap atau Anggota Gerak Tubuh)

Diposting pada
Penjelasan Rangka Apendikular (Rangka Pelengkap atau Anggota Gerak Tubuh)
Rate this post

Umumnya, kerangka manusia di sokong oleh struktur seperti ligamen, tendon, otot dan organ manusia yang lain. sejumlah 206 tulang membentuk sistem kerangka manusia dewasa. Rangka tubuh manusia dibagi menjadi dua yaitu rangka aksial dan apendikular, kali ini akan membahas salah satu dari kedua rangka tersebut yaitu rangka apendikular. Rangka apendikular berjumlah 126 buah, meliputi gelang bahu, anggota gerak atas, gelang panggul dan anggota gerak bawah. Untuk lebih jelasnya akan di bahas di bawah ini.

  1. Gelang Bahu (Pektoral)

Gelang bahu merupakan persendian yang menghubungkan lengan dengan badan. Pergelangan bahu memiliki mangkuk yang tidak sempurna karena bagian belakangnya terbuka. Gelang bahu tersusun dari dua macam tulang, yaitu scapula (tulang belikat) dan klavikula (tulang selangka).

  • Skapula (tulang belikat), berbentuk pipih hampir segitiga dan memiliki tonjolan berbentuk seperti paruh gagak. Skapula terdapat dibagian punggung sebelah luar atas dan berfungsi sebagai tempat perlekatan sebagian otot dinding dada dan lengan.
  • Klavikula (tulang selangka), berbentuk panjang sedikit bengkok hampir menyerupai huruf S, berfungsi sebagai tempat melekatnya otot leher, toraks, punggung dan lengan.

 

  1. Anggota Gerak Atas

Tulang Anggota Gerak Atas
Tulang Anggota Gerak Atas

Anggota gerak atas tersusun dari tulang humerus, radius, ulna, karpal, metacarpal  dan falangus.

  • Humerus (tulang pangkal lengan), berbentuk panjang seperti tongkat, bagian ujung yang berhubungan dengan bahu membentuk kepala sendi yang bundar disebut kaput humeri.
  • Radius (tulang pengumpil), berbentuk panjang, terletak lateral (sebelah sisi) sejajar dengan ibu jari. Bagian dataran sendi yang menghubungkan radius dan humerus berbentuk bundar, sehingga lengan bawah dapat berputar atau telungkup.
  • Ulna (tulang hasta), berbentuk panjang dan merupakan tulang bawah yang lengkungnya sejajar dengan jari kelingking.
  • Karpal (tulang pergelangan tangan), terdiri atas 8 tulang yang tersusun dalam dua baris. Karpal merupakan tulang-tulang pendek dengan bentuk yang berbeda-beda yaitu berbentuk bulat, segitiga, bulan sabit, segi banyak, seperti kacang, berkepala dan berkait.
  • Metacarpal (tulang telapak tangan), terdiri atas tulang pipa pendek berjumlah 5 buah dan berhubungan dengan tulang pergelangan tangan dan tulang jari.
  • Falangus (tulang jari tangan), tersusun dari tulang pipa pendek, berjumlah 14 buah (3 ruas masing-masing jari dan 2 ruas pada ibu jari.
Baca Juga  Proses Pembentukan dan Perkembangan Tulang

 

  1. Gelang Panggul (Pelvis)
Tulang Gelang Panggul (Pelvis)
Tulang Gelang Panggul (Pelvis)

 

Gelang panggul terdiri atas tiga pasang tulang yang bersatu, yaitu tulang usus (tulang ilium), tulang kemaluan (pubis) dan tulang duduk (iskium). Gelang panggul berfungsi untuk menyangga berat tubuh, serta melindungi bagian dalam rongga pelvis yang berisi organ kandung kemih dan alat-alat kandungan pada wanita. Pada umumnya, diameter pelvis pada wanita lebih besar daripada pelvis pada laki-laki.

 

 

  1. Anggota Gerak Bawah
Tulang anggota gerak bawah
Tulang anggota gerak bawah

Anggota gerak bawah terdiri atas :

  • Femur (tulang paha) merupakan tulang pipa terpanjang dan terbesar. Pangkal tulang dekat gelang panggul membentuk kepala sendi yang disebut kaput femoris. Bagian ujungnya membentuk persendian lutut.
  • Tibia (tulang kering)merupakan tulang pipa terbesar setelah tulang paha, ikut menopang berat tubuh, bagian pangkal membentuk persendian lutut dengan femur dan pada bagian ujung bawah terdapat tonjolan yang disebut maleolus medial (mata kaki dalam)
  • Fibula (tulang betis) merupakan tulang pipa yang paling ramping. Tidak turut menopang berat tubuh, tetapi menambah area pelekatan otot tungkai.
  • Patella (tulang tempurung lutut) merupakan tulang pipih berbentuk segitiga yang sudutnya membulat.
  • Tarsal (tulang pergelangan kaki) terdiri atas 7 tulang kecil pada setiap kaki, yaitu 1 tulang loncat (talus), 1 tulang tumit (kalkaneus), 1 tulang berbentuk kapal (navikular), 1 tulang berbentuk dadu (kuboid) dan tulang kuneiformis berbentuk baji.
  • Metatarsal (tulang telapak kaki) terdiri atas 5 tulang pipa berbentuk bulat panjang. Metatarsal pertama merupakan metatarsal yang lebar pendek dan panjang.
  • Falangus (tulang jari kaki) terdiri atas tulang pendek berjumlah 14 buah pada setiap kaki. Setiap jari kaki terdiri atas 3 ruas tulang, kecuali ibu jari kaki yang hanya memiliki 2 ruas saja.

Terimakasih, semoga artikel ini bermanfaat.

Baca Juga  Otot Rangka serta Penjelasan Strukturnya Lengkap

Baca juga : Mengenal Rangka Aksial (Rangka Sumbu Tubuh) Terlengkap

http://dosenbiologi.co.id/mengenal-rangka-…tubuh-terlengkap/