Perhiasan Bunga Secara Lengkap

Diposting pada
Perhiasan Bunga Secara Lengkap
Rate this post

Umumnya perhiasan bunga terdiri dari kelopak (calyx) dan mahkota (corolla). Pada beberapa tumbuhan, kadang-kadang dijumpai adanya kelopak tambahan (epicalyx). Ada juga tumbuhan yang memiliki perhiasan bunga dimana struktur calyx dan corolla tidak dapat dibedakan. Struktur seperti ini dikenal dengan istilah tenda bunga (perigonium). Masing-masing struktur baik kelopak, mahkota maupun tenda bunga terdiri dari daun-daun kelopak (sepalae), daun-daun mahkota (petalae) dan daun-daun tenda bunga (tepalae), yang berkumpul membentuk kelopak, mahkota dan tenda bunga tersebut.

Mahkota biasanya berwarna-warni dan berbau harum. Mahkota terdiri dari daun-daun yang besar. Satu daun mahkota disebut petala. Jadi mahkota merupakan kumpulan daun-daun mahkota. Jumlah daun mahkota kadang-kadang lebih banyak daripada jumlah daun kelopak. Mahkota berfungsi untuk menarik serangga, yang akan membantu proses penyerbukan.

Perhiasan Bunga
Perhiasan Bunga
  1. Kelopak Bunga (Calyx)

Kelopak biasanya berwarna hijau, letaknya pada lingkaran sebelah luar bunga. Umumnya berwarna hijau, karena merupakan modifikasi dari daun, dan berfungsi untuk melindungi kuncup bunga yang masih muda. Kelopak terdiri dari daun-daun kecil, dengan jumlah yang beragam. Satu daun kelopak disebut sepala. Jika daun kelopak lebih dari satu, dinamakan sepalae. Jadi kelopak terdiri dari banyak daun kelopak yang disebut sepalae.

Pada beberapa bunga, ada sering kali kelopak yang ada tidak berwarna hijau, tetapi berwarna warni menarik perhatian. Kelopak seperti ini dinamakan kelopak pemikat (lokblad). Kelopak pemikat merupakan modifikasi daun pelindung. Kelopak pemikat dapat di temukan pada bunga nusa indah dan bugenvil.

Daun-daun kelopak ada yang berlekatan ada yang tidak berlekatan. Pasa sepalae yang berlekatan, hanya bagian bawah yang berlekatan, sedangkan bagian atasnya tetap bebas, tampak seperti lekukak-lekukan. Selain berlekatan, sepalae juga terpisah-pisah. Yang disebut sepala lepas (polysepalus).

  1. Mahkota Bunga (Corolla)

Mahkota bunga merupakan perhiasan bunga yang terletak disebelah dalam kelopak. Umumnya berukuran besar, berwarna-warni, berbau harum sehingga menarik perhatian serangga penyerbuk. Selain itu mahkota juga berfungsi untuk melindungi alat kelamin bunga sebelum terjadinya penyerbukan. Setelah terjadi penyerbukan, mahkota bunga akan gugur dengan sendirinya.

Baca Juga  Mengenal Pertumbuhan Sekunder serta Penjelasannya Lengkap

Mahkota terdiri dari daun-daun mahkota. Satu daun mahkota disebut petala. Jika daun kelopak lebih dari satu, dinamakan petalae. Jadi mahkota merupakan kumpulan dari terdiri daun-daun mahkota. Dengan kata lain dari banyak daun mahkota yang di sebut petalae.

Sama seperti daun-daun kelopak, daun-daun mahkota ada yang berlekatan atau tidak berlekatan. Bahkan beberapa bunga tidak memiliki daun-daun mahkota, sehingga disebut bunga telanjang.

  1. Tenda Bunga (Perigonium)

Beberapa bunga memiliki kelopak dan mahkota yang memiliki bentuk dan warna yang sama, sehingga sukar dibedakan. Struktur seperti ini dinamakan tenda bunga. Setiap tenda bunga terdiri dari daun-daun tenda bunga (tepala). Satu daun tenda bunga disebut tepala. Jika daun tenda bunga lebih dari satu, dinamakan tepalae. Jadi tenda bunga merupakan kumpulan dari daun-daun tenda bunga, dengan kata lain terdiri dari banyak daun tenda bunga yang di sebut tepalae.

Daun-daun tenda bunga ada yang berlekatan dan ada yang tidak berlekatan. Daun tenda bunga dibedakan menjadi dua, yaitu yang menyerupai kelopak, jika berwarna kehijauan dan yang menyerupai mahkota, jika berwarna-warni dengan bentuk yang menarik.

 

Terimakasih, semoga artikel ini bermanfaat.

baca juga : Organ Reproduksi Bunga Lengkap

http://dosenbiologi.co.id/organ-reproduksi-bunga-lengkap/