Sistem Organ pada Mammalia diwakili Oleh Kelinci (Oryctolagus cuniculus)

Diposting pada
Sistem Organ pada Mammalia diwakili Oleh Kelinci (Oryctolagus cuniculus)
4.5 (90%) 2 votes

Secara umum, Pengertian Mammalia adalah kelas Vertebrata (bertulang belakang) yang memiliki kelenjar susu yang digunakan untuk menyusui anaknya. Mammalia berasal dari bahasa latin yaitu mammae berarti susu. Mammalia meliputi hewan-hewan yang memiliki kelenjar susu pada betinanya, sedangkan jantan memiliki kelenjar susu tetapi mengalami reduksi (menyusut). Sel telur pada mammalia hanya memiliki kuning telur yang sedikit, sehingga perkembangan embrio itu berlangsung dalam rahim induknya. Dalam artikel ini akan membahas sistem organ khususnya pada kelinci.

Contoh Hewan Mammalia (Kelinci)
Contoh Hewan Mammalia (Kelinci)
  1. Sistem Gerak

Mempunyai dua pasang anggota gerak dengan bermacam-macam bentuk, untuk berjalan, memegang, memanjat, menggali, berenang, dan lain-lain. Pada kelinci, tungkai depan berjari 5, tungkai belakang berjari 4 (lebih kuat dan lebih panjang, sesuai untuk melompat). Sistem skeletal antara lain terdiri atas columna vertebralis (ruas tulang belakang), stertum (tulang dada), costae (tulang rusuk), scapula (tulang belikat), clavicula (tulang selangka).

 

  1. Sistem Pencernaan Makanan

Saluran Pencernaan pada Kelinci
Saluran Pencernaan pada Kelinci

Saluran pencernaan dari mulut → faring → kerongkongan →lambung → usus halus → usus besar →anus. Letak anus dibawah ekor dan disebelah anterior nya terdapat lubang urogenital. Didalam mulut terdapat langit-langit atas yang keras dan dibagian belakangnya lunak. Kelenjar pencernaannya berupa 4 pasang kelenjar ludah, hati dengan kandung empedunya dan pankreas yang bermuara pada duodenum. Usus buntu relatif besar, mempunyai sebuah umbai cacing (apendiks vermiformes). Usus buntu berada pada perbatasan antara usus halus dan usus besar.

 

  1. Sistem Pernapasan

Dengan dua lobus paru-paru yang masing-masing dalam ruang pleura yang terpisah. Terdapat laring yang beratap epiglotis sebagai alat suara.

  1. Sistem Peredaran Darah
Baca Juga  Ciri - Ciri serta Anggota Filum Nematoda Lengkap

Peredaran darah tertutup dan ganda. Terdapat dua buah vena cava anterior kiri dan kanan (pada manusia hanya ada disebelah kiri). Jantung beruang 4 dengan sekat sempurna. Sel darah merah tidak berinti. Terdapat peredaran darah besar ( darah dari jantung keseluruh tubuh, kembali kejantung).

 

  1. Sistem Ekskresi

Sepanjang ginjal bertipe metanefros, bentuk seperti kacang kapri. Ruang ginjal (pelvis renalis) dengan kandung kemih (vesika urinaria) dihubungkan oleh sepasang ureter. Pada kelinci tidak ada kloaka. Urin keluar lewat lubang urogenitalis.

 

  1. Sistem Alat Indera dan Sistem Saraf

Mempunyai lidah yang berlapis lendir dan memiliki papila-papila perasa. Indra penglihatan dengan sepasang mata berkelopak mata atas dan kelopak mata bawah yang dapat dipejamkan. Pada kelinci, daun telinga relatif panjang, mempunyai membran tipani dan tulang pendengar maleus, inkus dan stapes. Organ penciuman lebih efektif. Kulit juga berperan sebagai orga n ekskresi. Pankreas juga berfungsi sebagai kelenjar buntu yang menghasilkan hormon insulin. Sistem saraf pusat : sereblum dan serebelum (otak besar dan otak kecil) relatif besar, terdapat 12 pasang kranial.

 

  1. Sistem Reproduksi

Kelamin terpisah, fertilisasi internal. Lubang genital dan anus terpisah. Hewan jantan memiliki alat kopulasi berupa penis. Testis menghasilkan spermatozoid dan berada dalam saku skrotum. Ovum sangat kecil. Perkembangan embrio terjadi dalam uterus, menempel pada dinding rahim (uterus) dengan perantaraan tali pusat dan plasenta.

Terimakasih, semoga artikel ini bermanfat.

Baca juga : Mengenal Kelas Mammalia serta Klasifikasinya

http://dosenbiologi.co.id/mengenal-kelas-m…a-klasifikasinya/ ‎