Struktur dan Bentuk Tulang serta Penjelasannya

Diposting pada
Struktur dan Bentuk Tulang serta Penjelasannya
Rate this post

Tulang terdiri atas lapisan-lapisan yang jika disebutkan dari arah luar ke dalam yaitu periosteum, tulang kompak, tulang spons, endosteum dan sumsum tulang.

  1. Periosteum

Adalah lapisan terluar tulang yang terdiri atas dua lembar jaringan ikat. Lembaran luar berupa jaringan ikat fibrosa rapat, sedangkan lembaran dalam berupa satu lapis osteoblas (sel pembentuk jaringan tulang) yang bersifat osteogenik (membentuk tulang). Periosteum mengandung pembuluh darah dan serat Sharpey (serat jaringan ikat untuk mengaitkan periosteum ke tulang). Periosteum berfungsi sebagai  tempat melekatnya otot-otot rangka, memberikan nutrisi untuk pertumbuhan tulang dan perbaikan jaringan tulang yang rusak.

  1. Tulang Kompak (compact bone)

Merupakan lapisan yang teksturnya halus, padat, sedikit berongga dan sangat kuat. Tulang kompak mengandung banyak zat kapur kalsium fosfat dan kalsium karbonat sehingga menjadi padat dan kuat. Namun, tulang kompak pada bayi dan anak-anak banyak mengandung serat sehingga bersifat lebih lentur. Tulang kompak banyak ditemukan pada tulang kaki dan tulang tangan.

Diagram bagian-bagian dari tulang
Diagram bagian-bagian dari tulang
  1. Tulang Spons ( spongy bone )

Merupakan lapisan yang teksturnya berongga dan berisi sumsum merah. Tulang spons tersusun oleh trabekula,-trabekula berupa kisi-kisi tipis tulang.

  1. Endosteum

Adalah jaringan ikat areolar vaskular yang melapisi rongga sumsum.

  1. Sumsum Tulang

Merupakan lapisan paling dalam yang berbentuk jeli, berfungsi untuk memproduksi sel-sel darah, darah putih dan keping darah.

 

 

 

Bentuk Tulang

Bentuk-bentuk tulang pada manusia
Bentuk-bentuk tulang pada manusia

Berdasarkan bentuk dan ukurannya, tulang penyusun rangka tubuh dapat dibedakan menjadi lima macam yaitu :

  1. Tulang Pipa (tulang panjang)

Berbentuk silindris panjang memiliki bagian epifisis, diafisis, metafisis dan cakra epifisis. Tulang pipi berfungsi untuk menahan berat tubuh dan membantu pergerakan. Contohnya tulang pangkal lengan dll.

  1. Tulang Pendek
Baca Juga  Mengenal Berbagai Macam Teknologi Sistem Gerak

Berukuran pendek dan berbentuk kubus, serta tersusun dari tulang spons dan lapisan tipis tulang kompak. Biasanya ditemukan berkelompok untuk memberikan kekuatan dan kekompakan pada area yang pergerakannya terbatas. Contohnya tulang pergelangan tangan.

  1. Tulang Pipih

Berbentuk lempengan dari tulang kompak dan tulang spons yang berisi sumsum. Tulang pipih berfungsi memperluas permukaan untuk perlekatan otot dan memberikan perlindungan. Contohnya tulang tengkorak dll.

  1. Tulang tidak Beraturan

Tulang yang bentuknya tidak beraturan, tersusun dari tulang spons dan lapisan tipis tulang kompak. Contohnya tulang belakang.

  1. Tulang Sesamoid

Tulang berukuran kecil bulat yang terdapat pada formasi persendian. Tulang sesamoid bersambungan dengan kartilago (tulang rawan), ligament atau tulang lainnya. Contohnya adalah tulang tempurung lutut.

Terimakasih, semoga artikel ini bermanfaat.

Baca juga : Penjelasan Rangka Apendikular (Rangka Pelengkap atau Anggota Gerak Tubuh)

http://dosenbiologi.co.id/penjelasan-rangk…gota-gerak-tubuh/ ‎