Susunan Tulang-Tulang Daun (Nervatio atau Venatio) Terlengkap

Diposting pada
Susunan Tulang-Tulang Daun (Nervatio atau Venatio) Terlengkap
Rate this post

Tulang – tulang daun adalah bagian daun yang berguna untuk :

  1. Memberi kekuatan pada daun, seperti pula halnya dengan tulang-tulang hewan dan manusia, oleh sebab itu seluruh tulang-tulang pada daun dinamakan rangka daun.
  2. Selain sebagai penguat, tulang-tulang daun sesungguhnya adalah berkas-berkas pembuluh yang berfungsi sebagai jalan untuk pengangkutan zat-zat yaitu :
  • Jalan pengangkutan zat-zat yang diambil tumbuhan dari tanah, ialah air beserta garam-garam yang terlarut di dalamnya
  • Jalan pengangkutan hasil-hasil asimilasi dari tempat pembuatannya, yaitu dari daun ke bagian-bagian lain yang memerlukan zat-zat itu

Tulang-tulang daun menurut besar kecilnya dibedakan dalam 3 macam, yaitu :

Tulang-tulang daun
Tulang-tulang daun
  1. Ibu Tulang (costa)

Adalah tulang yang biasanya terbesar, merupakan terusan tangkai daun dan terdapat ditengah-tengah membujur dan membelah daun. Oleh tulang ini helaian daun umumnya dibagi menjadi dua bagian yang setangkup atau simetris. Ada pula kalanya daun tumbuhan tidak mempunyai ibu tulang ditengah helaian sehingga kedua bagian daun dikanan atau kiri ibu tulang menjadi tidak setangkup atau asimetrik, misalnya daun Begonia

  1. Tulang-tulang cabang (nervus lateralis)

Yakni tulang-tulang yang lebih kecil daripada ibu tulang dan berpangkal pada ibu tulang atau cabang-cabang ibu tulang. Tulang cabang yang langsung berasal dari ibu tulang dinamakan ibu tulang tingkat 1. Cabang tulang cabang tingkat 1 dinamakan tulang cabang tingkat 2, demikian seterusnya.

  1. Urat-urat Daun (vena)

Adalah tulang-tulang cabang pula, tetapi yang kecil atau lembut dan satu sama lain beserta tulang-tulang yang lebih besar membentuk susunan seperti jala, kisi atau lainnya.

Baca Juga  4 Jenis Daun Majemuk serta Penjelasannya Lengkap

Melihat arah tulang-tulang cabang yang besar pada helaian daun, dapat dibedakan dalam beberapa golongan :

  1. Daun – daun bertulang menyirip
Contoh daun menyirip
Contoh daun menyirip

Daun mempunyai satu ibu tulang yang berjalan dari pangkal ke ujung dan merupakan terusan tangkai daun. Dari ibu tulang daun ini samping keluar tulang-tulang cabang sehingga susunan seperti sirip ikan.

 

 

 

 

  1. Daun-daun bertulang menjari
Contoh daun bertulang menjari
Contoh daun bertulang menjari

Yaitu jika dari ujung tangkai daun keluar beberapa tulang yang memencar, memperlihatkan susunan seperti jari-jari pada tangan. Jumlah tulang ini lazimnya gasal, yang ditengah paling besar sedang kesamping semakin pendek.

 

 

 

  • Daun-daun yang bertulang melengkung
Contoh daun bertulang melengkung
Contoh daun bertulang melengkung

Daun ini mempunyai beberapa tulang yang besar, satu ditengah yaitu yang paling besar, sedang lainnya mengikuti jalannya tepi daun. Jadi semula memencar kemudian kembali menuju satu arah yaitu ujung daun.

 

 

 

 

 

 

  1. Daun-daun yang bertulang sejajar atau lurus
Contoh daun bertulang sejajar
Contoh daun bertulang sejajar

Biasanya terdapat pada daun-daun bangun garis atau bangun pita yang mempunyai satu tulang ditengah yang besar membujur daun, sedang tulang-tulang daun laiinya jelas lebih kecil dan nampaknya semua mempunyai arah yang sejajar dengan ibu tulangnya.

 

 

Terimakasih, semoga artikel ini bermanfaat

Baca juga : Sel – Penjelasan Susunan, Bentuk dan Ukuran Sel Lengkap

http://dosenbiologi.co.id/sel-penjelasan-s…uran-sel-lengkap/ ‎