6 Klasifikasi Makhluk Hidup serta Penjelasannya Terlengkap

Diposting pada
6 Klasifikasi Makhluk Hidup serta Penjelasannya Terlengkap
Rate this post

Sejak dahulu, manusia telah mengklasifikasikan makhluk hidup. Dasar dari klasifikasimakhluk hidup adalah persamaan dan perbedaan cirri-ciri pada berbagai jenis makhluk hidup. Klasifikasi makhluk hidup yang umum digunakan sekarang klasifikasi 6 kingdom. Klasifikasi ini pertama kali di publikasikan oleh Carl Woese pada tahun 1977. Kingdom-kingdom yang tercakup didalamnya adalah kingdom Archabacteria, Eubacteria (bakteri), protista, fungi (jamur), Plantae (tumbuhan) dan Animalia (hewan). Pada artikel ini akan membahas lengkap tentang klasifikasi makhluk hidup.

Cirri-ciri yang memisahkan setiap kingdom tersebut adalah sebagai berikut:

  1. Kingdom Archabacteria (Archae)

Ciri organisme Archabacteria bersifat prokariotik, yaitu tidak memiliki membrane inti sel kingdom Archabacteria memiliki metabolism yang mirip dengan makhluk Eukariotik. Archabacteria banyak hidup didaerah-daerah ekstrim.

Archabacteria
Archabacteria
  1. Kingdom Eubacteria (bakteri)

Bakteri bersifat prokariotik dan dibedakan dari Archabacteria dilihat dari metabolismenya serta dinding selnya. Dulu bakteri digabung dengan Archabacteria dalam kingdom monera. Akan tetapi, penelitian lebih lanjut menunjukkan bahwa kedua kelompok makhluk hidup ini berbeda jika dilihat dari komposisi dinding selnya.

Eubacteria
Eubacteria
  1. Kingdom Protista

Pada organisme yang termasuk kedalam kingdom protista, telah terlihat batas yang jelas antara inti dan organel sel (Eukariotik). Anggota kingdom ini diantaranya Protozoa, Alga, Jamur lendir, dan jamur air.

Protista
Protista
  1. Kingdom Fungi

Organisme kingdom fungi (jamur) dipisahkan dari kingdom lainnya. Karena memiliki struktur dinding sel, cara memperoleh makanan, dan cara reproduksi yang berbeda dengan kingdom lainnya. Kingdom ini terdiri atas jamur uniseluler dan jamur multiseluler. Organisme kingdom fungi memiliki dinding sel seperti tumbuhan, tetapi tidak melakukan fotosintesis. Jamur bersifat saprofit.

Baca Juga  Struktur Organisasi Kehidupan Terlengkap
Fungi
Fungi
  1. Kingdom Plantae (tumbuhan)

Organisme Plantae (tumbuhan) merupakan organisme multiseluler yang Eukariotik. Hampir semua tumbuhan bersifat Autotrof (dapat membuat makanan sendiri) karena memiliki klorofil. Lumut, tumbuhan paku, dan tumbuhan biji merupakan kingdom ini.

Plantae
Plantae
  1. Kingdom Animalia (hewan)

Kingdom Animalia (hewan) merupakan organisme multiseluler eukariotik yang memiliki sistem syaraf dan otot. Hewan tidak memiliki dinding sel dan bersifat heterotrof (tidak dapat membuat makanan sendiri).

Animalia
Animalia

Terimakasih, semoga artikel ini bermanfaat.

Baca juga : Struktur Organisasi Kehidupan Terlengkap

http://dosenbiologi.co.id/struktur-organis…ehidupan-lengkap/