Bagian-bagian Otak Terlengkap

Diposting pada
Bagian-bagian Otak Terlengkap
Rate this post

Otak berfungsi sebagai pusat koordinasi dalam tubuh. Otak berada di dalam tulang tengkorak dan diselubungi oleh jaringan yang disebut selaput meninges. Selaput ini tersusun atas tiga lapisan, yaitu lapisan terluar melekat pada tulang disebut durameter, lapisan tengah disebut arakhnoid dan lapisan dalam pada lapisan sumsum disebut piameter. Otak merupakan ujung anterior tabung saraf yang membesar. Pada manusia, pembesaran itu begitu besar sehingga persamaannya dengan sumsum tulang belakang tidak terlihat.

Sistem saraf manusia
Sistem saraf manusia
  1. Serebrum (otak besar)

Serebrum mengisi bagian depan dan atas rongga tengkorak. Bagian luarnya tersusun dari substansi abu-abu yang disebut korteks serebral, sedangkan bagian dalamnya tersusun dari substansi putih yang disebut nukleus basal (ganglia basal).

  • Korteks serebral, menempati 80% dari total massa otak, memiliki ketebalan sekitar 5 mm, serta memiliki pelekukan yang meningkatkan luas permukaannya (sekitar 0,5 m², sering dikaitkan dengan kecerdasan). Korteks serebral terbagi menjadi dua belahan (hemisfer serebral), yaitu sisi kanan dan kiri yang dihubungkan oleh serat pita terbal dari bahan putih serebrum yang disebut korpus kalosum. Setiap belahan terdiri atas empat lobus yang terpisah. Setiap hemisfer memiliki fisura (ceruk dalam) dan sulkus (ceruk dangkal). Permukaan jaringan otak membentuk bagian bulat menonjol yang disebut girus. Para peneliti telah mengidentifikasi sejumlah area fungsional pada lobus masing-masing.
Perkembangan otak dari embrio sampai dewasa
Perkembangan otak dari embrio sampai dewasa
  1. Diensefalon

Diensefalon terletak diantara serebrum dan otak tengah, tersembunyi dibalik hemisfer serebral. Bagian-bagian diensefalon meliputi :

  • Talamus, berfungsi menerima dan meneruskan impuls ke korteks otak besar, serta berperan dalam sistem kesadaran dan kontrol motor.
  • Hipotalamus, memiliki fungsi :
  • Mengendalikan aktivitas sistem saraf otonom atau tak sadar, seperti pengaturan frekuensi jantung, tekanan darah, suhu tubuh, homeostatis dan pencernaan makanan.
  • Sebagai pusat pengaturan emosi, seperti kesenangan, kegembiraan dan kemarahan.
  • Memengaruhi keseluruhan sistem endokrin (hormon).
  • Epitalamus, pita sempit jaringan saraf yang membentuk atap diensefalon dan berperan dalam dorongan emosi. Pada epitalamus terdapat badan pineal yang berperan dalam fungsi endokrin.
  1. Sistem limbik (rinensefalon)

Sisten limbik adalah cincin struktur-struktur otak depan yang mengelilingi otak dan saling berhubungan melalui jalur-jalur neuron yang rumit. Sistem limbik befungsi dalam pengaturan emosi (tertawa, marah, takut, menangis dan tersipu), mempertahankan kelangsungan hidup, pola prilaku sosioseksual, motivasi dan belajar.

  1. Mesensefalon

Otak tengah adalah bagian otak pendek yang menghubungkan pons dan serebelum (otak kecil) dengan serebrum (otak besar). Mesensefalon berfungsi sebagai jalur penghantar dan pusat refleks, serta meneruskan informasi penglihatan dan pendengaran. Otak tengah, pons dan medula oblongata disebut batang otak.

Sistem limbik penciuman dan respons emosional
Sistem limbik penciuman dan respons emosional

Terimakasih, semoga artikel ini bermanfaat

Baca juga : Penjelasan Sistem Saraf Pusat Terlengkap

https://sel.co.id/penjelasan-siste…pusat-terlengkap/ ‎

Baca Juga  Penjelasan Serebrum (Otak Besar) Paling Penting
Baca Juga  Mengenal Sistem Saraf Tepi (SST) lebih Lengkap
Baca Juga  Penjelasan Sistem Saraf Pusat Terlengkap
Baca Juga  Neuron (sel saraf) pada Manusia