Ciri – Ciri serta Struktur Tubuh Annelida

Diposting pada
Ciri – Ciri serta Struktur Tubuh Annelida
Rate this post

Annelida berasal dari kata annullus yang artinya cincin dan oidos yang artinya bentuk. Bentuk tubuh cacing ini bersegmen-segmen seperti gelang sehingga disebut juga cacing gelang. Dalam artikel ini akan menjelaskan secara rinci tentang annelida.

  1. Ciri – Ciri Umum

  • Hidup diberbagai tempat yaitu air tawar, air laut, dan daratan.
  • Cacing ini lebih tinggi tingkatan taksonomi nya dibandingkan dengan Platyhelminthes dan Nematoda karena telah mempunyai rongga tubuh sejati.
  • Umumnya cacing ini bersifat bebas, tetapi ada pula yang parasit.
  1. Struktur Tubuh

  • Tubuhnya simetri bilateral dan dilapisi oleh kutikula.
  • Ruas tubuhnya tidak hanya berada dibagian luar, tetapi juga disebelah dalam.
  • Setiap ruas memiliki alat reproduksi, alat eksresi, otot dan pembuluh darah.
  • Lapisan penyusun tubuh terdiri atas tiga lapisan yaitu : endoderma, mesoderma dan ektoderma.
  1. Sistem Organ
  2. Sistem Pencernaan

Saluran pencernaan nya lengkap, yaitu terdiri atas mulut yang berhubungan dengan faring, esophagus, tembolok, empela, intestium dan anus.

  1. Sistem Eksresi

Alat eksresi Annelida berupa sepasang nefridia yang terdapat pada tiap-tiap segmen, disebut metanefridia. Hewan ini mempunyai sistem peredaran darah tertutup. Pembuluhnya membujur dengan cabang-cabang kapiler kecil yang terdapat pada setiap segmen.

  1. Sistem Pernapasan

Alat pernapasan nya berupa kulit dan insang.

  1. Sistem Reproduksi

Annelida dapat bereproduksi secara seksual dan aseksual. Meskipun annelida bersifat hermafrodit, untuk terjadi nya fertilisasi tetap diperlukan perkawinan antara dua individu cacing. Alat kopulasi nya disebut klitelum.

  1. Klasifikasi Annelida

Dibagi menjadi tiga kelas yaitu polychaeta, oligochaeta dan hirudinea.

  1. Polychaeta

Polychaeta berasal dari kata poly yang berarti banyak dan chaeta yang berarti rambut. Polychaeta adalah cacing berambut banyak. Semua anggota nya hidup dilaut dan dapat dibedakan antara jantan dan betina. Tubuhnya memiliki banyak rambut yang tumbuh pada parapodia. Pada setiap ruas tubuhnya terdapat sepasang parapodia. Polychaeta mempunyai metameri yang amat baik.

Baca Juga  Sistem Organ pada Mammalia diwakili Oleh Kelinci (Oryctolagus cuniculus)
Polychaeta
Polychaeta
  1. Oligochaeta

Cacing ini berasal dari kata oligos yang berarti sedikit dan chaeta yang arti nya rambut. Oligochaeta merupakan cacing yang memiliki sedikit rambut pada ruas-ruas tubuhnya. Diantara ruas-ruas tubuhnya tidak terdapat parapodia. Kepala cacing ini berukuran kecil, tanpa alat peraba/tentakel dan mata.

  1. Hirudinea

Habitat Hirudinea di air tawar, darat dan air laut. Tubuhnya tidak memiliki rambut dan parapodia. Bentuk tubuhnya pipih. Kedua ujung tubuhnya terdapat alat isap pada bagian posterior besar, sedangkan pada bagian anterior kecil. Alat ini digunakan untuk menempel pada korban dan mengisap darahnya. Makanan cacing ini ada yang berupa larva serangga, cacing atau organisme lain yang mati.

Perbedaan tiga kelas annelida
Perbedaan tiga kelas annelida

 

Terimakasih, semoga artikel ini bermanfaat.

Baca juga : Ciri-Ciri serta Anggota Fillum Nematoda Lengkap

http://dosenbiologi.co.id/ciri-ciri-serta-…nematoda-lengkap/