Ciri-Ciri Umum serta Klasifikasi Subfilum Vertebrata Terlengkap

Diposting pada
Ciri-Ciri Umum serta Klasifikasi Subfilum Vertebrata Terlengkap
Rate this post

Sebelum nya, subfilum ini termasuk dalam ke dalam kelompok Chordata. Karena, anggota nya memiliki notokord (korda dorsalis) memanjang sebagai kerangka sumbu tubuh. Jika mendengar subfillum Vertebrata, apa yang kamu pikirkan ? Menurut kamu apa sih vertebrata itu ? kemudian contoh hewan apa vertebrata itu ? Nah oleh karena itu untuk mendalami subfilum vertebrata, kali ini kita akan membahas nya secara lebih detail dari ciri-ciri hingga super kelas dari subfilum vertebrata itu sendiri. Yukk kita simak bareng-bareng…

Sesuai dengan namanya, kelompok hewan Vertebrata memiliki kolumna vertebralis (ruas-ruas tulang belakang). Jadi korda dorsalis (kerangka sumbu primer=notocorda) hanya terdapat pada masa tingkatan embrio. Vertebrata disebut juga craniata karena semua hewan vertebrata sudah memiliki otak, yang terlindung dalam cranium (tulang-tulang tengkorak).

Subfilum Vertebrata
Subfilum Vertebrata
  1. Ciri – Ciri Umum Vertebrata

  • Tubuh simetris bilateral, dengan pembagian tubuh terdiri atas kepala, leher, badan dan ekor, meskipun ada yang tidak berleher dan tidak berekor.
  • Memiliki susunan ruas tulang belakang (kolumna vertebralis) dan memiliki otak didalam cranium (tulang tengkorak)
  • Mempunyai endoskeleton dengan ruas tulang belakang sebagai kerangka penguat tubuh.
  • Otak terletak dikepala dan terlindung oleh tulang tengkorak.
  • Mempunyai selom yang dinding nya dilapisi selaput peritoneum.
  • Semua anggota vertebrata mempunyai rahang dan pasang, kecuali kelas Agnatha.

 

  1. Sistem Organ Vertebrata

Sistem organ yang mendukung kehidupan Vertebrata adalah sebagai berikut :

  1. Sistem Gerak

Mempunyai alat gerak berupa otot dan memiliki anggota gerak berpasangan.

  1. Sistem Peredaran Darah

Jantung tumbuh baik, dengan ventrikel (ruang bilik) dan atrium (serambi), ada yang beruang dua, tiga atau empat.

  1. Sistem Pencernaan Makanan
Baca Juga  Sistem Organ pada Mammalia diwakili Oleh Kelinci (Oryctolagus cuniculus)

Sistem pencernaan sempurna, memanjang dari mulut hingga anus dibawah tulang belakang. Pada umumnya mempunyai gigi, lidah dan dua pasang rahang, kecuali pada Agnatha. Terdapat hati dan pankreas.

  1. Sistem Pernapasan

Insang pada vertebrata yang hidup di air, dan paru-paru pada vertebrata yang hidup di darat.

  1. Sistem Ekskresi

Mempunyai sepasang ginjal. Ada yang mempunyai kandung kemih.

  1. Sistem Alat Indra dan Saraf

Mempunyai Sistem saraf pusat berupa otak dan sumsum tulang belakang. Pada Umumnya mempunyai sepasang mata, sepasang telinga dan mempunyai kelenjar hormone.

  1. Sistem Reproduksi

Alat reproduksi berpasangan, kecuali pada Aves betina hanya mempunyai satu ovarium kiri. Kelamin terpisah atau hermafrodit di stadium larva dan setelah dewasa sebagai hewan diesis (berumah dua). Fertilisasi eksternal atau internal. Ada yang ovipar, vivipar atau ovovivipar.

 

  1. Klasifikasi Vertebrata
  2. Kelas Pisces (Ikan)

Pisces (ikan) hidup di air. Pisces disebut hewan poikiloterm karena suhu tubuh tidak tetap (berdarah dingin), yaitu terpengaruh suhu di sekelilingnya. Tubuh terbagi atas kepala dan badan, atau kepala, badan dan ekor.

  1. Kelas Amphibia

Amphibia hidup di dua habitat, yaitu darat dan air. Termasuk hewan poikiloterm (berdarah dingin). Pembagian tubuh terdiri atas kepala dan badan, atau kepala, badan dan ekor.

  1. Kelas Reptilia

Tubuh reptilian terdiri atas kepala, leher, badan dan ekor. Kepala relative kecil. Ruas tulang ekor tidak mengalami pemulangan, sering dapat diputuskan sendiri (autotomi) untuk menipu musuh dan dapat tumbuh kembali (regenerasi).

  1. Kelas Aves

Tubuh aves terdiri atas kepala, leher, badan dan ekor. Badan dilindungi oleh kulit yang berbulu. Pada sayap dan ekor, bulu berpasang-pasangan secara simetris. Bulu yang hanya tumbuh pada tempat tertentu dan teratur disebut alperia.

  1. Kelas Mamalia
Baca Juga  Mengenal Alga Keemasan (Chrysophyta) serta Penjelasannya Lengkap

Tubuh Mammalia terbagi atas kepala (kaput), leher (serviks), badan (trunkus), dan ekor (kauda). Badan tertutup rambut. Mamalia ada yang hidup didarat, diair, dan dipohon-pohon. Pada umumnya vivipar.

Terimakasih, semoga artikel ini bermanfaat

Baca juga : Mengenal Chordata serta Klasifikasinya Lengkap

http://dosenbiologi.co.id/mengenal-chordat…ikasinya-lengkap/