Jantung – Organ Penyusun Sistem Peredaran Darah Manusia

Diposting pada
Jantung – Organ Penyusun Sistem Peredaran Darah Manusia
Rate this post

Jantung merupakan organ berongga yang terdiri atas empat ruangan, berbentuk seperti kerucut tumpul dengan puncak (apeks) di bawah miring ke sebelah kiri, terletak di antara kedua paru-paru, dan berukuran sebesar kepalan tangan pemiliknya. Berat jantung orang dewasa 220 – 260 gram. Jantung dan pembuluh darah besar dibungkus oleh membrane perikardium. Perikardium merupakan kantong yang terdiri atas lapisan ganda yang dapat membesar dan mengecil, mengandung cairan pericardial, serta melekat pada diafragma, sternum dan pleura.

Dinding jantung terdiri atas tiga lapisan :

  1. Epikardium

Bagian luar yang menutup permukaan jantung, tersusun dari lapisan sel-sel mesotelium yang berada di atas jaringan ikat.

  1. Miokardium

Bagian tengah yang terdiri atas jaringan otot jantung, dan mampu berkontraksi untuk memompa darah. Ketebalan miokardium pada tiap ruangan jantung bervariasi.

  1. Endokardium

Bagian dalam yang tersusun dari lapisan endothelium. Endokardium melapisi jantung, katup dan berhubungan dengan lapisan endothelium pembuluh darah yang memasuki dan meninggalkan jantung.

Jantung memiliki empat ruangan, yaitu atrium (serambi) kanan dan kiri, serta ventrikel (bilik) kanan dan kiri :

  1. Atrium kanan dan kiri dipisahkan oleh septum interatrial. Namun, pada janin, antara atrium kanan dengan atrium kiri terdapat lubang yang disebut foramen ovale. Dinding atrium relative tipis. Atrium menerima darah dari vena yang membawa darah kembali ke jantung. Antrium kanan menerima darah dari seluruh tubuh, kecuali paru-paru. Sementara itu, atrium kiri menerima darah dari paru-paru.
  2. Ventrikel kanan dan kiri dipisahkan oleh septum interventrikuler. Ventrikel berdinding tebal, sehingga mampu mendorong darah keluar dari jantung menuju arteri yang membawa darah meninggalkan jantung. Ventrikel kanan memompa darah menuju ke paru-paru melalu batang pulmonary. Sementara itu, ventrikel kiri memompa darah ke seluruh tubuh melalui aorta. Dinding ventrikel kiri lebih tebal tiga kali lipat daripada dinding ventrikel kanan.
  3. Katup jantung, terdiri atas :
  • Katup trikuspid, terletak di antara atrium kanan dengan ventrikel kanan dan memiliki tiga daun katup (kupis). Jika tekanan darah pada atrium kanan lebih besar daripada atrium kiri, daun katup trikuspid akan membuka dan darah mengalir dari atrium kanan ke ventrikel kanan. Jika tekanan darah pada ventrikel kanan lebih besar daripada atrium kanan, daun katup trikuspid akan menutup, sehingga dapat mencegah aliran balik dan darah dari ventrikel kanan tidak kembali ke atrium kanan.
  • Katup bikuspid (katup mitral), terletak di antara atrium kiri dan ventrikel kiri. Katup ini berfungsi mencegah aliran balik, sehingga darah dari ventrikel kiri tidak kembali ke atrium kiri.
Baca Juga  Sistem Limfa - Fungsi dan Organ Sistem Limfa Terlengkap
Bagian-bagian jantung
Bagian-bagian jantung

Terimakasih, semoga artikel ini bermanfaat

Baca juga : Mekanisme Peredaran Darah pada Manusia

http://dosenbiologi.co.id/mekanisme-pereda…rah-pada-manusia/ ‎