Mengenal Alga Keemasan (Chrysophyta) serta Penjelasannya Lengkap

Diposting pada
Mengenal Alga Keemasan (Chrysophyta) serta Penjelasannya Lengkap
Rate this post

Setelah sebelumnya membahas alga merah (Rhodophyta) dengan lengkap, kali ini akan membahas tentang alga keemasan. Chrysophyta diambil dari kata Yunani chrysos yang berarti emas. Kelompok alga keemasaan memiliki keragaman komposisi pigmen, dinding sel dan tipe flagela sel. Alga keemasan mengandung klorofil a dan c, karoten dan santofil.

Sel-sel alga keemasan memiliki inti sejati, dinding sel umumnya mengandung silika (SiO2) atau zat kersik. Alga ini ada yang hanya satu sel (uniseluler) dan ada yang terdiri atas banyak sel (multiseluler). Alga uniseluler dapat hidup sebagai komponen fitoplankton yang dominan. Alga yang multiseluler membentuk koloni atau berbentuk berkas pita (filamen).

Gambar Alga Keemasan
Gambar Alga Keemasan
  1. Ciri-Ciri Alga Keemasan

Ciri-ciri alga keemasan adalah sebagai berikut :

  1. Bentuk talus ada yang berupa batang dan telapak tangan
  2. Alga keemasan yang bersel satu ada yang memiliki dua flagela heterodinamik, yaitu sebagai berikut :
  • Satu flagela mempunyai tonjolan seperti rambut yang disebut mastigonema. Flagela seperti ini disebut pleuronematik. Flagela pleuronematik mengarah ke anterior.
  • Satu flagela lagi tidak mempunyai tonjolan seperti rambut disebut akronematik, mengarah ke posterior.

Kedua flagela heterodinamik ini ada yang hampir sama panjangnya (contohnya pada Synura) dan ada pula yang sedikit berbeda panjangnya (contohnya pada Ochromonas). Tidak semua alga keemasan memiliki flagela heterodinamik, ada pula yang hanya mempunyai satu flagela atau dua flagela yang sama bentuknya.

  1. Pada kloroplas alga keemasan jenis tertentu, ditemukan pirenoid yang merupakan tempat persediaan makanan. Persediaan makanan berupa Selain itu di dalam vakuola terdapat tetes-tetes minyak.
Baca Juga  Ciri - Ciri serta Struktur Tubuh Annelida

  1. Habitat

Habitat alga keemasan adalah di air tawar atau air laut, serta tempat-tempat yang basah.

 

  1. Cara Hidup

Alga keemasan hidup secara autotrof. Artinya dapat menyintesis makanan sendiri karena memiliki klorofil untuk berfotosintesis. Klorofil yang dimilikinya antara lain klorofil a, klorofil c dan karotenoid, termasuk juga fukosantin.

 

  1. Reproduksi
Gambar Perkembangbiakan secara aseksual pada Ulva lactuca
Gambar Perkembangbiakan secara aseksual pada Ulva lactuca

Reproduksi pada alga keemasan dapat terjadi secara seksual dan aseksual. Reproduksi aseksual dengan cara membelah diri menghasilkan spora motil berflagela, yang disebut zoospora. Reproduksi seksual dengan cara membentuk sel khusus yang disebut auksospora. Auksospora adalah zigot yang dilindungi oleh suatu dinding sel yang berbeda dengan dinding sel lainnya.

 

  1. Peranan alga keemasan

Alga keemasan merupakan penyusun utama plankton yang berperan penting sebagai produsen dilingkungan perairan laut.

Terimakasih, semoga artikel ini bermanfaat

Baca juga : Penjelasan Alga Merah (Rhodophyta) Lengkap

http://dosenbiologi.co.id/penjelasan-alga-…phyta-terlengkap/