Mengenal Sistem Organ pada Kelas Aves

Diposting pada
Mengenal Sistem Organ pada Kelas Aves
Rate this post

Tubuh aves terdiri atas kepala, leher, badan dan ekor. Badan dilindungi oleh kulit yang berbulu. Menurut letaknya terdapat lima macam bulu, yaitu remiges (pada sayap), rektrises (pada ekor), tertrises (penutup badan), alula (pada jari-jari sayap), dan pada paraterum (disekitar bahu). Menurut bentuknya ada tiga macam bulu, yaitu pluma, plumula (lunak) dan filoplumula.

  1. Sistem Gerak

Sepasang anggota gerak depan berupa sayap, dapat untuk terbang dengan ekor sebagai kemudi. Anggota gerak belakang berupa kaki untuk berjalan, hinggap atau bertengger.  Alat gerak aktif, memiliki otot-otot gerak yang penting yaitu otot dada besar (muskulus pektrolis mayor) dan otot dada kecil (muskulus pektoralis minor) yang berguna untuk gerak terbang. Otot paha untuk berlari, berjalan, hinggap dan bertengger. Memiliki otot penggerak bulu ekor dan sayap, serta penggerak paruh dan penggerak mata.

 

  1. Sistem Pencernaan Makanan

Saluran Pencernaan Aves
Saluran Pencernaan Aves

Sistem pencernaan makanan sempurna dari mulut → kerongkongan (esophagus) → tembolok (pelebran esophagus untuk menyimpan makanan sementara) → lambung kelenjar (proventrikus) → lambung otot atau empedal (ventrikulus) berdinding tebal → usus halus terdiri atas duodenum, jejunum, dan ileum yang digantung oleh mesentrium → usus besar, terdapat sepasang usus buntu diantara usus halus dan usus besar → bermuara pada kloaka dibawah ekor. Mempunyai kelenjar ludah, kelenjar pankreas, dan hati yang menghasilkan empedu.

  1. Sistem Pernapasan
Sistem Pernapasan pada Aves
Sistem Pernapasan pada Aves

Bernapas dengan paru-paru yang berhubungan dengan kantong-kantong udara (sekus pneumatikus) yang berhubungan pula dengan tulang-tulang pipa.  Paru-paru dengan kantong udara dihubungkan oleh bronkus rekurens. Kantong udara juga berfungsi mencegah kedinginan, memperkeras suara dan mengatur masa jenis badan (saat burung berenang). Pada waktu terbang, inspirasi dan ekspirasi tidak dilakukan oleh paru-paru, melainkan oleh kantong udara. Pengambilan O2 berlangsung pada waktu inspirasi maupun waktu ekspirasi. Semakin tinggi burung terbang, makin cepat lah burung menggerakkan sayapnya untuk memperoleh O2.

Baca Juga  Mengenal Alga Hijau (Chlorophyta) serta Penjelasannya Lengkap

 

  1. Sistem Peredaran Darah

Peredaran darah tertutup dan berganda yaitu dua kali lewat jantung dalam satu kali beredar keseluruh tubuh. Jantung dibungkus oleh selaput pericardium, beruang 4 yaitu 2 atrium (serambi) dan 2 ventrikel (bilik) dengan sekat bilik sempurna. Lengkung aorta hanya satu disebelah kanan. Hanya memiliki satu sistem porta, yaitu sistem porta hepatica.

 

  1. Sistem Ekskresi

Ginjal bertipe metanefros. Tidak memiliki kandung kemih. Vena porta ginjal tidak terbagi-bagi mejadi kapiler-kapiler ginjal.

 

  1. Sistem Alat Indra dan Sistem Saraf

Lidah pada umumnya tak dapat dijulurkan. Mata mempunyai kelopak mata, membrane nikitans (selaput tidur) dan kelenjar air mata. Tak ada daun telinga, terdapat membrane timpani (selaput pendengar) di bagian dalam lubang telinga luar. Lubang hidung satu pasang dengan indra pencium yang kurang baik. Pemilihan makanan dengan organ perasa yang berada disisi lidah dan langit-langit. Sistem saraf pusat berupa otak dengan 12 pasang saraf kranial. Terdapat kelenjar teroid, adrenal dan endokrin pituitary yang terletak di dasar otak.

 

  1. Sistem Reproduksi
Sistem Reproduksi pada Aves
Sistem Reproduksi pada Aves

Kelamin terpisah, fertilisasi internal. Hewan jantan belum memiliki penis, hewan betina hanya mempunyai satu ovarium (kiri). Bersifat ovipar, telur bercangkang keras, dierami dan menetas dengan bantuan induk atau pecah sendiri dari dalam.

 

 

 

 

 

Terimakasih, semoga artikel ini bermanfaat.

Baca juga : Mengenal Kelas Aves (burung) serta Klasifikasinya Lengkap

http://dosenbiologi.co.id/mengenal-kelas-a…ikasinya-lengkap/ ‎