Mengenal Struktur serta Reproduksi pada Zooflagellata

Diposting pada
Mengenal Struktur serta Reproduksi pada Zooflagellata
Rate this post

Flagellata dari filum Mastigophora dicirikan dengan adanya satu hingga beberapa flagella pada ujung anterior tubuh yang berfungsi sebagai alat gerak. Selain dipakai untuk berenang, flagella juga berguna untuk menimbulkan arus yang dapat membawa makanan masuk ke dalam mulutnya. Flagella juga berfungsi sebagai alat untuk mengetahui keadaan lingkungannya.

Sebagian besar flagellata hidup bebas, tetapi ada pula yang hidup parasit pada manusia dan hewan, atau saprofit pada organisme mati. Flagelata dibedakan menjadi dua, yaitu fitoflagellata dan zooflagellata. Artikel ini akan membahas rinci zooflagellata.

Zooflagellata
Zooflagellata

Zooflagellata

Zooflagellata adalah flagellata yang tidak berklorplas dan menyerupai hewan. Zooflagellata berhabitat di air laut dan air tawar. Sebagian besar zooflagellata bersifat parasit, walaupun ada juga yang hidup bebas.

  1. Struktur hidup

Bentuk tubuh Zooflagellata mirip dengan leher polifera. Zooflagellata mempunyai flagella yang berfungsi untuk menghasilkan aliran air dengan mengoyangkan flagella. Selain itu, flagella juga berfungsi sebagai alat gerak.

  1. Reproduksi

Reproduksi terjadi secara aseksual dengan pembelahan biner longitudinal, sedangkan reproduksi seksual belum banyak di ketahui.

Contoh yang terkenal adalah Trypanosoma dan Leishmania. Kedua nya bersifat parasit pada tubuh manusia atau hewan.

  1. Trypanosoma

Memiliki tubuh pipih panjang seperti daun dan tidak membentuk sista. Trypanosoma hidup di dalam sel darah merah, sel darah putih, dan sel hati tubuh vertebrata inangnya. Infeksi karena Trypanosoma disebut trypanosomiasis.

Dalam siklus hidupnya, Trypanosoma memiliki dua bentuk, yaitu berflagella pada fase ekstraseluler dan tidak berflagella pada fase intraseluler. Sebagian dari siklus hidupnya melekat di sel lambung atau mengisap darah manusia. Hospes prantara Trypanosoma adalah hewan-hewan pengisap darah. Jenis jenis Trypanosoma antara lain adalah Trypanosoma lewisi, Trypanosoma evansi, Trypanosoma brucei, Trypanosoma gambience, Trypanosoma cruzi.

  1. Leishmania

Leishmania  merupakan penyebab penyakit pada sel-sel endothelium pembuluh darah. Endothelium merupakan sel epitelium yang melapisi jantung, pembuluh darah, pembuluh limfa. Infeksi karena Leishmania disebut leishmaniasis.  Jenis jenis Leishmania antara lain adalah Leishmania donovani, Leishmania tropica, dan Leishmania braciliensis.

Terimakasih, semoga artikel ini bermanfaat.

Baca Juga  Jenis bakteri berdasarkan Jumlah dan Letak Flagela serta Cara Hidupnya

Baca juga : Mengenal Lebih dalam Tentang Flagellata serta Penjelasannya

http://dosenbiologi.co.id/mengenal-lebih-d…ntang-flagellata/