Pengertian Otak Kanan, Struktur, Fungsi dan Cara Kerjanya

Diposting pada

Pada kesempatan kali ini kita akan membahas pengertian belahan kanan. Untuk beberapa poin penting seperti struktur, fungsi, dan fungsi otak kanan, penjelasan lengkapnya diberikan sebagai berikut:

otak-kanan

Definisi belahan kanan

Di dalam otak manusia terdapat bagian otak manusia yang bahkan lebih kompleks lagi yaitu otak besar dan otak kecil. Otak besar terbagi menjadi dua belahan, yaitu belahan kanan dan belahan kiri. Belahan otak kanan dalam dunia kesehatan disebut helisfer kanan. Seperti namanya, belahan kanan merupakan bagian yang terletak secara anatomis dari belahan kanan yang mengatur segala aktivitas, serta kesehatan belahan kanan, dan juga bertanggung jawab atas tubuh bagian kanan.

Itulah mengapa terkadang ada penyakit lumpuh atau stroke di beberapa bagian tubuh. Ini terjadi karena setiap bagian diatur oleh bagian otak yang berbeda. Namun, ini bukan hanya tugas otak kanan, tetapi juga berbagai aktivitas dan ekspresi yang berkaitan dengan emosi.

Struktur belahan kanan

Selanjutnya adalah strukturnya, tentu Anda bertanya, bukan? Bagaimana bentuk dan gambaran jaringan di dalamnya? Struktur otak kanan ini terdiri dari jutaan jaringan dan jutaan saraf yang berbentuk seperti setengah lingkaran yang agak pipih serta memiliki dua jenis sel yaitu glia dan neuron.

Glia ini memiliki fungsi mendukung dan melindungi neuron, sedangkan neuron ini bertanggung jawab untuk membawa informasi, berkomunikasi satu sama lain, dan mengirimkan berbagai bahan kimia yang disebut neurotransmiter ke seluruh tubuh. Di dalam strukturnya terdapat bagian putih yang disebut inti basal, berguna untuk perencanaan dan pembelajaran, yang tugasnya mampu memberi perintah kepada sel lain di dalam tubuh.

Baca Juga  Antibodi: definisi, fungsi, jenis, struktur, cara kerjanya

Fungsi otak kanan

Setiap ciptaan Tuhan memiliki fungsi yang luar biasa dan mempengaruhi seluruh tubuh. Itu sama dengan belahan kanan. Fungsi otak kanan dalam tubuh kita adalah sebagai berikut:

  • Bekerja dalam mengembangkan Kecerdasan Emosional atau EQ (Emotional Quotient) seperti pengendalian emosi dan sosialisasi.
  • Kemampuan untuk berinteraksi dengan orang lain, intuisi, kemampuan untuk merasakan dan berintegrasi.
  • Ekspresi tubuh seperti menyanyi, menari, dan melukis.
  • Lakukan tugas matematika yang berkaitan dengan perbandingan dan perkiraan.
  • Membantu dalam memvisualisasikan keseluruhan visual dan ekspresi dari apa yang dilihat.
  • Keterampilan berbahasa berperan karena mereka memiliki kemampuan ingatan jangka panjang.
  • Juga mengacu pada segala sesuatu yang membutuhkan kreativitas dalam implementasinya.

Bagaimana belahan kanan bekerja

Otak kanan ini memiliki fungsi sebagaimana dijelaskan karena memiliki cara kerja yang mengarah pada fungsi tersebut. Sel yang terletak di belahan kanan cenderung menggunakan kreativitas dalam memecahkan suatu masalah. Sel dapat berpikir dengan sangat cepat, otak bagian kanan berhenti bekerja hanya dalam 1 detik, hal ini tentunya akan merusak seluruh bagian tubuh.

Belahan otak kanan ini menggunakan fungsi memori jangka panjang sehingga ketika Anda melihat gambar itu terekam dalam memori untuk waktu yang lama. Misal, ketika Anda melihat sebuah lukisan, tentunya Anda tidak langsung melupakannya, bukan? Anda dapat memikirkan tekstur, bentuk, warna, kecerahan, serta perkiraan ukuran dan artinya. Ini terjadi karena sistem kerja otak kanan dapat memproses memori dalam jangka panjang.

Ribuan sel di otak kanan sebenarnya dibentuk di dalam rahim untuk dapat bekerja dengan kreativitas dan daya ingat, yang mendukung dan juga mengarah pada berbagai fungsi otak kanan yang berdampak besar pada kecerdasan emosi seseorang.

Baca Juga  Kumpulan Soal Speaking Untuk SMA Kelas 1

Demikian penjelasan tentang pengertian, struktur, fungsi, dan fungsi belahan kanan. Semoga apa yang dijelaskan semoga bermanfaat untuk anda. Terimakasih banyak.

Sumber :