Sistem Organ pada Hewan Reptilia Lengkap

Diposting pada
Sistem Organ pada Hewan Reptilia Lengkap
Rate this post

Sebelumnya sudah paham tentang reptilia bukan ? serta klasifikasi yang ada pada Kelas reptilia, selanjutnya kita akan membahas lebih rinci tentang sistem organ pada hewan Reptilia.

Sistem organ yang mendukung kehidupan reptilia adalah sebagai berikut :

  1. Sistem Gerak

Sesuai dengan nama nya (Latin : reptialis berarti merangkak atau melata), untuk bergerak melata, reptilia mempunyai alat gerak aktif berupa susunan otot-otot dan alat gerak pasif berupa susunan kerangka. Reptilia mempunyai dua pasang kaki yang kuat untuk merayap, memanjat atau untuk menggali tanah. Ular tidak mempunyai kaki, ular bergerak dengan cara menggerakkan sisik perut bergantian atau gerakan otot yang bersegmen-segmen. Kaki pada buaya memiliki jari yang bercakar kuat dan berselaput renang karena hidup di air.

  1. Sistem Pencernaan Makanan

Dari mulut → faring → esophagus → lambung → usus halus → usus besar → anus (kloaka). Memiliki hati, pankreas, gigi dan lidah.

  1. Sistem Pernapasan
sistem pernapasan pada hewan reptilia
sistem pernapasan pada hewan reptilia

Alat pernapasan adalah paru-paru, dengan trakea yang panjang bercincin kartilago (tulang rawan). Pada kura-kura yang hidup diair, kloaka dapat digunakan untuk bernapas.

  1. Sistem Peredaran Darah

Peredaran darah tertutup, dengan dua aorta yang membelok ke kiri dan ke kanan. Jantung beruang 4 yaitu dua serambi (atrium) dan dua bilik (ventrikel), tetapi sekat diantara kedua bilik belum sempurna. Mempunyai eritrosit (sel darah merah) yang berinti. Pada buaya, sekat kedua bilik hampir sempurna, hanya terdapat suatu lubang pada sekat bilik yang disebut foramen panizzae.

  1. Sistem Ekskresi

Sepasang ginjal yang pipih, terdapat ureter yang bermuara pada kloaka, meskipun memiki juga kandung kemih.

  1. Sistem Alat Indra dan Sistem Saraf
Baca Juga  Klasifikasi Echinodermata beserta Contohnya Lengkap

Lidah kura-kura dan buaya tidak dapat dijulurkan. Mata terdiri atas kelopak mata bawah (dapat digerakkan) dan membrane niktitans (selaput tidur). Pada Chelonia (penyu), terdapat kelopak mata atas dan bawah. Telinga terdiri atas membran timpani dan saluran Eustachius, tidak ada telinga luar. Hidung dilengkapi organ olfaktori (pembau). Kulit yang keras dan bersisik sangat berguna untuk hidup dilingkungan yang kering dan kasar. Sistem saraf pusat adalah otak dengan 12 pasang saraf kranial.

  1. Sistem Reproduksi

Kelamin terpisah, fertilisasi terpisah dengan alat kopulasi (hemipenis) yang dapat di tonjolkan keluar. Telur bercangkang, dieramkan pada daun-daunan atau dipendam dalam pasir. Kebanyakan reptilian ovipar, meski ada pula yang ovovivipar.

Terimakasih, semoga artikel ini bermanfaat.

Baca juga : Kelas Reptilia serta Klasifikasinya Lengkap

http://dosenbiologi.co.id/kelas-reptilia-s…kasi-nya-lengkap/