Terjemahan dan Tafsir Surah An-Nuur Ayat 27-29

Diposting pada

Menjelaskan Tafsir Surah An-Nuur ayat 27-29 – Pada kesempatan kali ini Dutadakwah akan menjelaskan Surah An-Nuur. Yang dalam pembahasannya menjelaskan Annur ayat 27, 28 dan 29 tentang tata krama bagi orang yang ingin masuk ke rumah orang lain. Dengan pembahasan yang singkat dan jelas. Silakan lihat ikhtisar berikut untuk detail lebih lanjut.

Penjelasan Tafsir Surat An-Nuur ayat 27-29

Sebagai komunitas Muslim, mengunjungi orang lain adalah sunnah Nabi Muhammad dan sangat dianjurkan. Namun ada cara dan tahapan yang berbeda di mana kita memasuki rumah seseorang yang terdapat di dalam Firman Allah QS. An-Nuur ayat 27-29.

 

Terjemahan-dan-Tafsir-Surah-An-Nuur-Ayat-27-29

 

Berikut Ini Telah Kami Kumpulkan Yang Bersumber Dari Laman https://www.dutadakwah.co.id/ Yang Akhirnya Saya Tuliskan Disini.

Surat An-Nuur Ayat 27
يايها الذين امنوا لا تدخلوا بيوتا غير بيوتكم حتى تستانسوا وتسلموا على اهلها ذ لكم ل لكم لعلوم ت

Artinya: “Hai kamu yang beriman, jangan masuk ke dalam rumah yang bukan milikmu sampai kamu sudah meminta izin dan menyapa penghuni. Ini lebih baik untukmu agar kamu (selalu) ingat.”

Penafsiran ayat ini

Sebab kalau tidak dimintai izin mafsadatnya banyak, di antaranya alat kelamin yang ada di dalam rumah bisa terlihat, karena rumah itu aurat bagi seseorang seperti pakaian yang menutupi auratnya. Selain itu, keraguan, tuduhan buruk terhadap dirinya sebagai pencuri, misalnya, dsb bisa muncul tanpa izin. Artinya, karena masuk secara diam-diam adalah keburukan. Allah memanggil dengan Istinas untuk meminta izin, karena saat meminta izin, penghuni rumah merasa nyaman setelah merasa tidak nyaman.

Baca Juga  Cara Download Aplikasi Bank Syariah Indonesia & Cara Menggunakan

Bolehkah saya berkata, Assalamu’alaikum, bolehkah saya masuk?

Alih-alih masuk tanpa izin, itu menunjukkan moralitas yang luhur.
Surat An-Nuur Ayat 28

فإن لم تجدوا فيها أحدا فلا تدخلوها حتى يؤذن لكم وإن قيل لكم ارجعوا فارجعوا هو لأزكى والله بلما عتعبوما عتعبوم

Artinya: “Jika Anda tidak menemukan siapa pun di dalamnya, jangan masuk sampai Anda mendapat izin. Dan ketika Anda diberitahu,” Kembalilah (baru) lalu biarkan diri Anda kembali. Ini lebih bersih untuk Anda dan Allah paling tahu apa yang Anda lakukan. ”
Ini memberi Anda izin untuk masuk.

Ini menunjukkan bahwa dilarang memasuki rumah yang ditempati tanpa izin.

Minta izin.

Meski begitu, jangan ragu untuk kembali dan jangan marah karena pemilik rumah tidak mengganggu hak Anda yang harus dipenuhi. Dia hanya sabar (memberi kemauan) saat dia mau. dia bisa mengizinkan dan jika tidak maka dia harus tidak mengizinkan. Karena itu, jangan merasa sombong jika Anda menolak untuk kembali. Bin Jubair berkata tentang ayat ini: Jangan berdiri di depan pintu orang-orang lagi.

Ini seharusnya lebih memurnikan Anda dari kejahatan dan membangun Anda di atas kebaikan.

Itulah mengapa dia akan memberimu hadiah.

Tafsir Surat An-Nuur ayat 29

لَّيْسَ عَلَيْكُمْ جُنَاحٌ أَن تَدْخُلُوا۟ بُيُوتًا غَيْرَ مَسْكُونَةٍ فِيهَا مَتَٰعٌ بُايُوستًتْيك

Artinya, “Tidak ada dosa bagi Anda untuk memasuki rumah yang tidak disiapkan untuk tempat tinggal di mana Anda memiliki kebutuhan, dan Allah tahu apa yang Anda jelaskan dan apa yang Anda sembunyikan.”

Seperti rumah jaga (pos), rumah sewa, wisma tamu dan rumah ibnussabil.

Seperti keinginan memasuki rumah tidak berpenghuni untuk niat baik atau perubahan. Allah mengetahui semua situasi kita yang terlihat dan tersembunyi, jadi Dia membutuhkan semua yang kita butuhkan dalam bentuk Hukum Syara.

Baca Juga  Download Aplikasi Tangerang Live Versi Terbaru

Demikian materi penyampaian tentang; Menjelaskan Tafsir Surat An-Nuur ayat 27-29 Semoga materi ini dapat bermanfaat dan memberikan tambahan ilmu bagi kita semua.

Lihat Juga : https://www.dutadakwah.co.id/bacaan-tawasul-arab-ringkas/