Toleransi adalah: definisi, fungsi, penggunaan, properti, contoh

Diposting pada

Secara bahasa, toleransi berasal dari bahasa latin yaitu tolerare yang memungkinkan terjadinya kesabaran, pengekangan atau sesuatu. Sedangkan toleransi menurut istilah adalah sikap saling menghargai antar sesama manusia sesuai dengan norma yang berlaku.

Toleransi-adalah-definisi-fungsi-penggunaan-properti-contoh

Selain itu, toleransi juga berkaitan dengan kemampuan seseorang untuk bersabar dan tidak berselisih dengan sesuatu.

Pengertian Toleransi Menurut para ahli

1. Friedrich Heiler

Friedrich Heiler mendefinisikan toleransi sebagai sikap terhadap pengakuan pluralitas agama. Dan hargai semua orang yang menganut agama ini. Healer mengatakan bahwa setiap agama berhak menerima perlakuan yang sama dari setiap orang.

2. Michael Wazler

Menurut Michael Wazler, toleransi merupakan sikap yang harus ada dalam kehidupan bermasyarakat.
3. Max Isaac Dimont

Toleransi menurut Max Isaac Dimont merupakan sikap yang mengakui perdamaian dan tidak menyimpang dari norma yang berlaku. Selain itu, toleransi juga diartikan sebagai sikap menghargai atau menghargai segala tindakan orang lain.

4. J. S. poerwadarminta

J. S. poerwadarminta mengartikan toleransi sebagai sikap mengijinkan pendapat lain. Karena toleransi sangat dihargai demi menghargai pendapat orang lain.
Lihat juga: puisi musikalisasi
5. Kamus Besar Bahasa Indonesia

Pengertian toleransi menurut KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia) adalah perilaku atau sikap toleran. Selain itu, toleransi juga dimaknai sebagai penyimpangan yang dapat diterima dalam pengukuran pekerjaan.
Tujuan dan manfaat toleransi

Sekarang setelah beberapa ahli mengetahui definisi toleransi, maka penting juga untuk mengetahui tujuan dari toleransi itu sendiri. Karena pada dasarnya tujuan dari toleransi adalah untuk menciptakan suasana yang harmonis dalam masyarakat yang majemuk.

Jika setiap orang memiliki sikap toleransi, kehidupan yang lebih baik akan dengan mudah tercipta. Meskipun ada perbedaan agama, ras, suku dan kelompok dalam masyarakat atau kelompok. Tujuan toleransi tidak lepas dari pengertian. Nah, mengacu pada definisi yang dibahas di atas

Baca Juga  Ukuran Foto 4×6 Dalam Pixel, CM dan MM

Berikut manfaat toleransi:
1. Meningkatkan rasa persaudaraan

Sikap toleransi dalam diri seseorang dapat meningkatkan rasa persaudaraan. Dengan toleransi ini, dia bisa mengembangkan kasih sayang. Sehingga rasa persaudaraan akan semakin besar diantara sesama manusia. Masyarakat pada umumnya akan terhindar dari perpecahan ketika seseorang memiliki karakter toleransi yang tertanam di dalamnya.
2. Memperkuat rasa nasionalisme

Rasa nasionalisme pada diri seseorang bersumber dari sikap positif dan toleransi yang diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Seseorang akan semakin mencintai tanah airnya ketika semua orang menyadari dan menerima bahwa Indonesia adalah negara yang majemuk.
3. Tingkatkan kekuatan iman

Ada banyak sekali bentuk kepercayaan, salah satunya adalah menghormati agama lain. Biasanya, orang yang memiliki keyakinan kuat pasti bisa berhubungan dengan orang lain yang berbeda budaya dan keyakinan
4. Mempermudah untuk mencapai kata konsensus

Manfaat lain dari bersikap toleran adalah lebih mudah mencapai konsensus selama musyawarah. Karena sikap toleransi ini menjunjung tinggi rasa hormat dan ketidaksetujuan orang lain. Tentunya jika tidak ada rasa toleransi sama sekali dalam konseling, akan sulit untuk mencapai mufakat.

 

 

 

LIHAT JUGA:

https://konveksipekanbaru.co.id/
https://cialis.id/
https://forbeslux.co.id/
https://furnituremebeljepara.co.id/
https://ppidkabbekasi.id/
https://obatpenyakitherpes.id/
https://obatsipilisampuh.id/
https://obatwasirambeien.id/
https://obatkuatpria.id/
https://obatpenggemukbadan.id/