Alat Pernapasan pada Manusia Lengkap

Diposting pada
Alat Pernapasan pada Manusia Lengkap
Rate this post

Sistem pernapasan terdiri atas saluran dan organ pernapasan, serta pompa ventilasi paru-paru. Saluran pernapasan adalah tabung atau pipa yang mengangkut udara dari atmosfer ke kantong udara (Alveolus) pada organ paru-paru. Pompa ventilasi paru-paru terdiri atas dinding dada, otot pernapasan yang memperbesar dan memperkecil ukuran rongga dada, pusat saraf pernapasan di otak yang mengendalikan otot pernapasan, serta saraf yang menghubungkan pusat pernapasan dengan otot pernapasan.

Saluran dan organ pernapasan pada manusia
Saluran dan organ pernapasan pada manusia

Saluran pernapasan meliputi :

  1. Hidung

Hidung merupakan saluran udara yang pertama dan memiliki dua lubang yang dipisahkan oleh sekat hidung. Hidung berbentuk piramida yang tersusun dari tulang, tulang rawan hialin, dan jaringan fibroareolar. Kulit eksternal hidung mengandung folikel rambut, kelenjar keringat, dan sebasea (lemak). Kulit bagian dalam rongga hidung memiliki rambut-rambut halus yang berguna untuk menyaring udara, debu atau kotoran yang masuk ke dalam rongga hidung. Di bagian rongga hidung yang lebih dalam sampai ke bronkus, dilapisi oleh epitel bersilia yang memiliki sel goblet.

  1. Laring (Pangkal Tenggorokan)

Laring adalah saluran udara yang terletak dari bagian depan faring hingga bagian bawah trakea. Laring terdiri atas kepingan tulang rawan, ligamen dan membran. Pada laring terdapat tonjolan jakun, epoglotis dan pita suara. Epiglotis berupa katup tulang rawan, membantu laring menutup sewaktu menelan. Pita suara merupakan jaringan elastik yang melintang dipintu masuk laring. Pita suara berjumlah dua buah, yaitu pita suara palsu (tidak menghasilkan suara karena tidak berotot) yang terletak di bagian atas, dan pita suara sejati (memiliki dua buah otot dan menghasilkan suara).

Baca Juga  Memahami Volume dan Kapasitas Paru-Paru Manusia
Epiglotis pada saluran pernapasan
Epiglotis pada saluran pernapasan
  1. Trakea (Batang Tenggorokan)

Trakea merupakan saluran lanjutan dari laring, memiliki panjang 9 – 11 cm dan dibentuk oleh 16 – 20 cincin tulang rawan berbentuk huruf C. Tulang rawan berfungsi mempertahankan agar trakea tetap terbuka. Di bagian dalam saluran dilapisi oleh selaput lendir dari sel-sel epitel bersilia dan sel goblet. Silia hanya bergerak menuju ke arah laring, sehingga dapat mengeluarkan debu dan butiran benda asing halus yang masuk bersama udara pernapasan.

  1. Bronkus (Cabang Batang Tenggorokan)

Bronkus merupakan cabang kanan dan kiri dari trakea, serta memiliki struktur yang sama dengan trakea. Bronkus sebelah kanan lebih pendek dan lebih besar daripada bronkus sebelah kiri. Di dalam paru-paru, bronkus terus bercabang-cabang menjadi saluran napas yang semakin sempit, pendek dan banyak seperti percabangan pohon. Cabang-cabang bronkus dinamakan bronkiolus. Pada bronkiolus tidak terdapat cincin kartilago, tetapi tetap mengandung sel-sel bersilia. Di ujung bronkiolus terminal terdapat alveolus.

  1. Pulmo (Paru-Paru)

Paru-paru adalah organ utama pernapasan yang berbentuk kerucut, terdiri atas jaringan elastik yang berpori-pori seperti spons dan berisi udara, serta terletak di rongga toraks (dada) sebelah kanan dan kiri yang dipisahkan oleh jantung, diatas diafragma. Paru-paru sebelah kanan terdiri atas tiga lobus, sedangkan sebelah kiri terdiri atas dua lobus.

Terimakasih, semoga artikel ini bermanfaat

Baca juga : Mengenal Sistem Pernapasan pada Manusia

http://dosenbiologi.co.id/mengamati-sistem…san-pada-manusia/ ‎